Ini Jenis Jenis Truk di Indonesia, Kegunaan, & Kapasitasnya

Jenis Truk di Indonesia
(sumber: pexels)
Daftar isi

Transportasi merupakan sarana yang diciptakan untuk membantu manusia mempermudah dalam beraktivitas dari satu tempat ke tempat lain. Tidak hanya digunakan sebagai kendaraan manusia tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengangkut atau memindahkan barang, salah satunya truk. 

Truk berfungsi sebagai alat transportasi pemindah barang, mulai dari kayu, batu, pasir, atau hasil tambang lainnya hingga hewan. Ada banyak jenis truk di Indonesia dan berbeda-beda fungsinya. Untuk lebih jelasnya yuk simak artikel dibawah ini!

Jenis Jenis Truk di Indonesia, Kapasitas, & Kegunaannya

Siapa sangka, jenis truk bisa berbeda tergantung kebutuhan pemakainya. Berikut ini 10 jenis truk di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan.

1. Mini Truck/Pick-up

Jenis Truk Pickup
(sumber: Autocar)

Pick-up adalah kendaraan angkutan roda 4 digunakan untuk muatan yang kecil dan kebutuhan personal. Kapasitasnya pun terbatas yaitu 2 ton, sedangkan untuk bagian box 1,5 ton atau volume maksimal 1 – 6 CMB. 

Terdapat 2 jenis truk pick-up yaitu kabin tunggal (single cabin) kapasitas mesin 1,3 – 2,0 cc menggunakan bahan bakar solar atau bensin digunakan untuk 2 penumpang dan sopir , sedangkan kabin ganda (double cabin) kapasitas mesin 2,5 cc ke atas untuk 3-4 penumpang dan bahan bakarnya solar digunakan untuk keperluan komersial. 

Artikel Terkait

2. Colt Diesel/Truk Engkel

Gambar Truk Engkel
(sumber: Mobilku)

Truk engkel atau colt diesel adalah jenis truk roda 6, terdapat 2 di bagian depan dan 4 dibagian belakang. Dengan kapasitas muatan 2 ton yang digunakan untuk mengangkat barang yang panjang seperti kayu, besi, material, hewan, hingga sampah. 

3. Double Colt Diesel

Truk Double Colt Diesel
(sumber: DSBS Express)

DCD atau truk canter merupakan alat angkut dengan kapasitas 4 ton dengan 6 roda, 2 roda depan dan 4 roda di belakang hampir sama dengan jenis truk engkel. Truk canter dapat membawa muatan lebih banyak karena dapat dimodifikasi menjadi truk CDD long dengan kapasitas barang 30 kubikasi. 

Colt diesel biasanya digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan seperti sayuran dan hasil pertambangan. Dapat digunakan juga untuk medan yang berat dan jalan yang mulus hingga tidak mulus. 

4. Fuso

Mobil Truk Fuso
(sumber: Otomotif Kompas)

Truk Fuso merupakan kendaraan produksi mitsubishi berfokus pada niaga kelas light dan kelas medium truk. Fuso memiliki 6 roda sama seperti double colt diesel, hanya saja kapasitasnya lebih besar yaitu 25 CMB atau 7 ton.

5. Tronton

Truk Tronton
(sumber: Autocar)

Jenis Truk tronton adalah kendaraan angkutan dengan kapasitas 30 CMB atau 10 ton sesuai dengan ukurannya yang besar. Tronton merupakan jenis truk di indonesia yang sering diwaspadai di jalan raya karena suara klaksonnya yang kencang dan mengagetkan.

Truk ini sangat laris dipasaran karena fungsinya untuk mengangkut barang logistik maupun pertambangan karena memiliki dimensi yang luas dan tidak terlalu panjang. Selain itu ukurannya tidak terlalu besar memudahkan operasionalnya melalui kota-kota kecil yang sulit dijangkau. 

6. Trintin

Truk Trintin
(sumber: Youtube)

Trintin merupakan angkutan roda 10, 4 roda bagian tengah dan belakang yang berfungsi untuk membelokan dan 2 di bagian depan kepala.  dengan kapasitas 18 ton. Truk trintin adalah jenis truk yang biasanya digunakan di China atau Jepang. 

7. Trinton

Truk Trinton
(sumber: Youtube)

Jenis truk trinton merupakan perpaduan dari truk tronton dan trintin. Truk ini memiliki 12 roda a roda atau konfigurasi 4 gardan, 2 gardan di depan dan  gardan di belakang dengan mekanisme FWS sehingga semua rodanya dapat digerakan.

8. Trailer

Truk Trailer
(sumber: Otosia)

Trailer merupakan jenis truk di indonesia yang digunakan untuk mengangkut peti kemas atau kontainer. Memiliki tempat muatan yang terpisah dari kepala truk dan jenis truk dengan 3 gardan dengan kapasitas muatan 20-60 ton dan tinggi 40 kaki. 

Oleh sebab itu, trailer biasanya digunakan sebagai kargo untuk pengiriman dengan kapasitas yang besar dan kerap kali ditemukan di pelabuhan-pelabuhan. Selain untuk pengiriman antar daerah juga dapat digunakan pengiriman untuk ke luar negeri. 

9. Kontainer

Truk Kontainer
(sumber: Youtube)

Kontainer atau peti kemas merupakan jenis truk di indonesia yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Kontainer selalu berpasangan dengan truk trailer karena kontainer sendiri tidak memiliki roda hanya berupa tempat muatan.

Kontainer memiliki 3 ukuran yaitu high cube, 20 feet, dan 40 feet, dan 2 jenis kontainer yaitu reefer container dan dry container. Tergantung jenis dan fungsinya, biasanya truk ini digunakan untuk mengangkut logistik. 

10. Wingbox

Truk Wingbox
(sumber: CNT)

Truk wingbox merupakan truk dengan kapasitas 30 CMB atau 20-25 ton dan memiliki 10 roda dengan konfigurasi 2-4-4 . Truk ini biasanya digunakan untuk pengiriman dengan volume yang besar. 

Seringkali masyarakat kita salah menyebut wingbox sebagai truk tronton karena ukurannya yang besar dan rodanya, padahal fungsinya sangat berbeda dan keunggulannya adalah semua sisinya dapat dibuka. 

Truk merupakan kendaraan penting dalam sektor usaha pengiriman barang, hal itu karena fungsi truk itu sendiri yang dapat mengangkut muatan yang besar dan banyak.  Perbedaan truk tersebut dilihat dari kegunaan serta kapasitas muatan dan rodanya. 

Dengan mengetahui jenis jenis truk dan kapasitasnya, Anda tidak akan salah dalam penggunaan truk sesuai dengan fungsinya. Selain itu, menggunakan truk sesuai fungsinya akan mempermudah Anda dalam proses pengiriman barang. 

Jadi itulah perbedaan jenis jenis truk dan kapasitasnya, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda yang sedang mencari alat transportasi angkut muatan untuk perusahaan atau usaha Anda. 

Baca Juga: Cara Mengurus SIM Hilang Terbaru 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *