1. Berita
  2. Blog
  3. Transportasi Lokal

Ini Jenis Jenis Truk di Indonesia, Kegunaan, & Kapasitasnya

Transportasi merupakan sarana yang diciptakan untuk membantu manusia mempermudah dalam beraktivitas dari satu tempat ke tempat lain. Tidak hanya digunakan sebagai kendaraan manusia tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengangkut atau memindahkan barang, salah satunya truk. 

Truk berfungsi sebagai alat transportasi pemindah barang, mulai dari kayu, batu, pasir, atau hasil tambang lainnya hingga hewan. Ada banyak jenis truk di Indonesia dan berbeda-beda fungsinya. Untuk lebih jelasnya yuk simak artikel dibawah ini!

Jenis Jenis Truk di Indonesia, Kapasitas, & Kegunaannya

Siapa sangka, jenis truk bisa berbeda tergantung kebutuhan pemakainya. Berikut ini 10 jenis truk di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan.

1. Mini Truck/Pick-up

Jenis Truk Pickup
(sumber: Autocar)

Pick-up adalah kendaraan angkutan roda 4 digunakan untuk muatan yang kecil dan kebutuhan personal. Kapasitasnya pun terbatas yaitu 2 ton, sedangkan untuk bagian box 1,5 ton atau volume maksimal 1 – 6 CMB. 

Artikel Terkait

  • 5 Tempat Dinner Romantis di Pekanbaru
    by Amanda Rayta Putri (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on Juni 10, 2024 at 12:15 am

    Bagi para pasangan yang ingin menikmati makan romantis bareng pasangan, di Pekanbaru pun menyediakan beragam pilihan tempat dinner yang sempurna untuk merayakan kencan romantis kalian. Dengan, artikel ini kalian akan mengetahui beberapa tempat dinner romantis di Pekanbaru. Berikut, 5 tempat dinner romantis di Pekanbaru! 1 . La Fusion La Fusion Pekanbaru adalah restoran yang menyajikan Artikel 5 Tempat Dinner Romantis di Pekanbaru pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • 6 Daftar Tempat Sarapan di Surabaya
    by Amanda Rayta Putri (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on Juni 3, 2024 at 6:20 am

    Setiap daerah, tentu memiliki tempat sarapannya masing-masing. Seperti, pada artikel ini, akan membahas mengenai tempat sarapan di Surabaya. Bagi kamu warga Surabaya atau luar yang penasaran. Berikut, 6 daftar tempat sarapan di Surabaya! 1 . Pecel Bu Kus Pecel Bu Kus adalah  menyajikan hidangan t pecel madiun. Pecel madiun adalah salad dari sayuran kukus dengan Artikel 6 Daftar Tempat Sarapan di Surabaya pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • 6 Tempat Dinner Romantis di Bekasi, Gak Perlu Jauh ke Jakarta!
    by Amanda Rayta Putri (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on Mei 4, 2024 at 4:42 am

      Biasanya, warga Bekasi kalau ingin berkencan rata-rata mencari tempat di sekitar Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan. Namun, sebenarnya banyak kafe atau restoran di Bekasi yang dapat dijadikan sebagai tempat dinner romantis, asal suasananya sesuai. Melalui, artikel ini akan membahas 6 tempat dinner romantis di Bekasi, siapa tahu ada yang cocok! 1 . Huk Garden Artikel 6 Tempat Dinner Romantis di Bekasi, Gak Perlu Jauh ke Jakarta! pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • 5 Tempat Dinner Romantis di Bogor, Cocok Buat Date!
    by Amanda Rayta Putri (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on Mei 3, 2024 at 3:17 pm

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa Artikel 5 Tempat Dinner Romantis di Bogor, Cocok Buat Date! pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

Terdapat 2 jenis truk pick-up yaitu kabin tunggal (single cabin) kapasitas mesin 1,3 – 2,0 cc menggunakan bahan bakar solar atau bensin digunakan untuk 2 penumpang dan sopir , sedangkan kabin ganda (double cabin) kapasitas mesin 2,5 cc ke atas untuk 3-4 penumpang dan bahan bakarnya solar digunakan untuk keperluan komersial. 

2. Colt Diesel/Truk Engkel

Gambar Truk Engkel
(sumber: Mobilku)

Truk engkel atau colt diesel adalah jenis truk roda 6, terdapat 2 di bagian depan dan 4 dibagian belakang. Dengan kapasitas muatan 2 ton yang digunakan untuk mengangkat barang yang panjang seperti kayu, besi, material, hewan, hingga sampah. 

3. Double Colt Diesel

Truk Double Colt Diesel
(sumber: DSBS Express)

DCD atau truk canter merupakan alat angkut dengan kapasitas 4 ton dengan 6 roda, 2 roda depan dan 4 roda di belakang hampir sama dengan jenis truk engkel. Truk canter dapat membawa muatan lebih banyak karena dapat dimodifikasi menjadi truk CDD long dengan kapasitas barang 30 kubikasi. 

Colt diesel biasanya digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan seperti sayuran dan hasil pertambangan. Dapat digunakan juga untuk medan yang berat dan jalan yang mulus hingga tidak mulus. 

4. Fuso

Mobil Truk Fuso
(sumber: Otomotif Kompas)

Truk Fuso merupakan kendaraan produksi mitsubishi berfokus pada niaga kelas light dan kelas medium truk. Fuso memiliki 6 roda sama seperti double colt diesel, hanya saja kapasitasnya lebih besar yaitu 25 CMB atau 7 ton.

5. Tronton

Truk Tronton
(sumber: Autocar)

Jenis Truk tronton adalah kendaraan angkutan dengan kapasitas 30 CMB atau 10 ton sesuai dengan ukurannya yang besar. Tronton merupakan jenis truk di indonesia yang sering diwaspadai di jalan raya karena suara klaksonnya yang kencang dan mengagetkan.

Truk ini sangat laris dipasaran karena fungsinya untuk mengangkut barang logistik maupun pertambangan karena memiliki dimensi yang luas dan tidak terlalu panjang. Selain itu ukurannya tidak terlalu besar memudahkan operasionalnya melalui kota-kota kecil yang sulit dijangkau. 

6. Trintin

Truk Trintin
(sumber: Youtube)

Trintin merupakan angkutan roda 10, 4 roda bagian tengah dan belakang yang berfungsi untuk membelokan dan 2 di bagian depan kepala.  dengan kapasitas 18 ton. Truk trintin adalah jenis truk yang biasanya digunakan di China atau Jepang. 

7. Trinton

Truk Trinton
(sumber: Youtube)

Jenis truk trinton merupakan perpaduan dari truk tronton dan trintin. Truk ini memiliki 12 roda a roda atau konfigurasi 4 gardan, 2 gardan di depan dan  gardan di belakang dengan mekanisme FWS sehingga semua rodanya dapat digerakan.

8. Trailer

Truk Trailer
(sumber: Otosia)

Trailer merupakan jenis truk di indonesia yang digunakan untuk mengangkut peti kemas atau kontainer. Memiliki tempat muatan yang terpisah dari kepala truk dan jenis truk dengan 3 gardan dengan kapasitas muatan 20-60 ton dan tinggi 40 kaki. 

Oleh sebab itu, trailer biasanya digunakan sebagai kargo untuk pengiriman dengan kapasitas yang besar dan kerap kali ditemukan di pelabuhan-pelabuhan. Selain untuk pengiriman antar daerah juga dapat digunakan pengiriman untuk ke luar negeri. 

9. Kontainer

Truk Kontainer
(sumber: Youtube)

Kontainer atau peti kemas merupakan jenis truk di indonesia yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Kontainer selalu berpasangan dengan truk trailer karena kontainer sendiri tidak memiliki roda hanya berupa tempat muatan.

Kontainer memiliki 3 ukuran yaitu high cube, 20 feet, dan 40 feet, dan 2 jenis kontainer yaitu reefer container dan dry container. Tergantung jenis dan fungsinya, biasanya truk ini digunakan untuk mengangkut logistik. 

10. Wingbox

Truk Wingbox
(sumber: CNT)

Truk wingbox merupakan truk dengan kapasitas 30 CMB atau 20-25 ton dan memiliki 10 roda dengan konfigurasi 2-4-4 . Truk ini biasanya digunakan untuk pengiriman dengan volume yang besar. 

Seringkali masyarakat kita salah menyebut wingbox sebagai truk tronton karena ukurannya yang besar dan rodanya, padahal fungsinya sangat berbeda dan keunggulannya adalah semua sisinya dapat dibuka. 

Truk merupakan kendaraan penting dalam sektor usaha pengiriman barang, hal itu karena fungsi truk itu sendiri yang dapat mengangkut muatan yang besar dan banyak.  Perbedaan truk tersebut dilihat dari kegunaan serta kapasitas muatan dan rodanya. 

Dengan mengetahui jenis jenis truk dan kapasitasnya, Anda tidak akan salah dalam penggunaan truk sesuai dengan fungsinya. Selain itu, menggunakan truk sesuai fungsinya akan mempermudah Anda dalam proses pengiriman barang. 

Jadi itulah perbedaan jenis jenis truk dan kapasitasnya, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda yang sedang mencari alat transportasi angkut muatan untuk perusahaan atau usaha Anda. 

Baca Juga: Cara Mengurus SIM Hilang Terbaru 2021

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ini Jenis Jenis Truk di Indonesia, Kegunaan, & Kapasitasnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]

    Trending