8 Merek Mobil Listrik Indonesia serta Pajak Tahunannya

Mobil Listrik (sumber: @edmundscars on Instagram)
Mobil Listrik (sumber: @edmundscars on Instagram)
Daftar isi

Dunia otomotif di Indonesia pada beberapa tahun terakhir kedatangan oleh berbagai macam jenis kendaraan baru, salah satunya yaitu mobil listrik. Mobil listrik merupakan mobil yang digerakkan oleh motor listrik dan menggunakan energi listrik di dalam baterai. Apa saja merek mobil listrik Indonesia?

Tiket Resmi pada kesempatan kali ini akan membahas daftar serta harga mobil listrik di Indonesia pada tahun 2022. Selain itu, informasi yang akan dimuat pada artikel ini yaitu aturan pajak mobil listrik Indonesia. Anda dapat menyimak informasi mengenai mobil listrik Indonesia selengkapnya melalui pembahasan di bawah ini.

Daftar Mobil Listrik Indonesia Tahun 2022

1. Wuling EV

Sumber: Wuling
Sumber: Wuling

Wuling EV adalah mobil listrik murah yang mulai beredar di Indonesia. SGMW Motors Indonesia telah membuka pemesanan mobil listrik mungil satu ini pada tanggal 11 Juli 2022. Mobil listrik Wuling EV tersedia dua varian, yaitu long range dan standard range.

Long range memiliki kapasitas baterai sebesar 26 kWH yang dapat mencapai jarak tempuh 300 km. Sedangkan, standard range memiliki kapasitas baterai sebesar 17 kHW yang dapat mencapai jarak tempuh 200 km.

Harga yang ditawarkan juga relatif lebih murah dibandingkan dengan mobil listrik Indonesia lainnya, yaitu mulai dari Rp250 juta di wilayah DKI Jakarta.

Artikel Terkait

2. Hyundai Ioniq 5

Sumber: Hyundai
Sumber: Hyundai

Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik keluaran produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai. Mobil listrik ini sempat mencuri perhatian pada ajang Indonesia International Motor Show bulan Mei 2022 silam.

Mobil Hyundai Ioniq 5 ditenagai oleh baterai polimer lithium ion dengan kapasitas 72,6 kWH. Kapasitas baterai yang cukup besar ini mampu menjangkau jarak tempuh kurang lebih 430 sampai dengan 451 km. Jika tertarik dengan mobil listrik ini, Anda harus menyediakan dana sebesar Rp718 juta untuk satu unitnya.

3. Nissan Leaf

Sumber: Nissan
Sumber: Nissan

Nissan Leaf resmi beredar di pasar otomotif Indonesia pada tanggal 18 Juni 2022. PT Nissan Motor Distributor Indonesia menawarkan dua varian warna, yaitu One Toned dan Two Toned, dengan kisaran harga sebesar Rp728 sampai dengan Rp730 juta.

Mobil listrik Nissan Leaf memiliki baterai dengan kapasitas 40 kWH yang bisa menempuh jarak sepanjang 311 km. Selain itu, mobil ini juga memiliki konfigurasi kursi untuk 5-seater. 

4. MG 5 EV

Sumber: Otosia
Sumber: Otosia

MG 5 EV adalah mobil listrik bertenaga Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kisaran harga Rp339 juta rupiah. Mobil listrik ini memiliki kapasitas baterai sebesar 50,3 kWH yang dapat menempuh perjalanan dengan jarak sejauh 380 km.

5. Hyundai Kona Electric

Sumber: Hyundai
Sumber: Hyundai

Hyundai Kona Electric merupakan mobil listrik keluaran Hyundai selanjutnya selain Ioniq. Kona Electrik memiliki bodi dengan tipe Sport Utility Vehicle (SUV) kompak atau crossover dan dilengkapi oleh baterai berkapasitas 39,2 kWH dengan jarak tempuh 345 km. Harga Hyundai Kona Electric ini berada di kisaran Rp742 juta untuk satu unitnya.

6. Renault Twizy

Sumber: Kompas Otomotif
Sumber: Kompas Otomotif

Tertarik menggunakan mobil listrik dengan tampilan bodinya yang unik? Renault Twizy bisa menjadi pilihan Anda! Renault Twizy merupakan mobil listrik mungil yang memiliki desain open wheel dengan kapasitas baterai 6,1 kWH. Sebagai mobil listrik, Renault Twizy memiliki harga yang relatif murah, yaitu pada kisaran Rp550 juta.

7. Lexus UX300e

Sumber: Lexus
Sumber: Lexus

Lexus UX300e merupakan mobil listrik pertama keluaran Lexus yang beredar di Indonesia. Mobil listrik satu ini menggunakan Battery Electric Vehicle atau BEV dengan kapasitas baterai 54,3 kWh sehingga mampu menempuh jarak sejauh 300 km.

Mobil listrik Indonesia dengan tampilan yang modern ini ditawarkan dengan harga yang cukup fantastis. Anda perlu menyiapkan dana sebesar kurang lebih Rp1,245 miliar untuk satu unitnya.

8. DFSK Gelora Electric

Sumber: Oto
Sumber: Oto

Pada tanggal 16 April 2021, DFSK Gelora Electric telah resmi meluncurkan mobil listriknya pada ajang IIMS. DFSK Gelora Electric tersedia dua tipe mobil, yaitu minibus dan blind van. Baterai yang digunakan yaitu baterai lithium ion berkapasitas 42 kWH yang mampu menempuh jarak sepanjang 300 km.

Estimasi harga DFSK Gelora Electric yaitu antara Rp484 sampai dengan Rp582 juta. Apakah Anda tertarik dengan mobil listrik satu ini?

Aturan Pajak Mobil Listrik Indonesia

Aturan mengenai pajak mobil listrik Indonesia tertera dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 pasal 10 dan 11. Peraturan tersebut menyatakan bahwa kendaraan berupa mobil listrik hanya akan dikenakan pajak sebesar 10 persen dari tarif normal yang berlaku. Hal ini juga berlaku untuk Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB kendaraan listrik lain.

Apabila dilihat dari persentase tarif, pajak mobil listrik Indonesia memang lebih rendah dibandingkan dengan mobil biasa. Hal ini bermaksud agar masyarakat beralih untuk menggunakan mobil listrik sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi pemakaian bahan bakar fosil serta polusi kendaraan.

Demikian informasi mengenai daftar merek serta pajak tahunan mobil listrik Indonesia yang dapat Tiket Resmi bagikan kepada Anda. Apakah Anda tertarik untuk memiliki mobil bertenaga listrik ini? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari referensi mengenai mobil listrik di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *