Pemutihan Pajak Kendaraan

1 min read

pemutihan pajak

Sebagai pemilik kendaraan bermotor di Indonesia sudah pasti kita harus melengkapi surat dan membayar pajak kendaraan bermotor baik tahunan maupun 5 tahunan. Pada masa pandemi ini, Pemerintah memberi keringanan bagi pemilik kendaraan yang belum atau terlambat membayar pajak dengan menerapkan kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor hingga 28 November 2020.

Apa itu Pemutihan Kendaraan?

Pemutihan pajak adalah tindakan dari pemerintah untuk menertibkan wajib pajak dengan cara menghilangkan denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan selama periode tertentu. Hal ini tentu sangat memudahkan masyarakat terlebih lagi pada kondisi seperti saat pandemi ini. Pada periode yang memasuki kuartal 4 tahun 2020 ini, pemerintah Jawa Timur melalui media menyampaikan bahwa pemutihan akan diperpanjang hingga tanggal 28 November 2020.

Kemudian apa sajakah keuntungan yang didapat oleh para wajib pajak selama periode pemutihan pajak ini selain terbebas dari denda? Para wajib pajak juga akan mendapat diskon sebesar 15 persen untuk kendaraan roda 2 dan roda 3 dan diskon 5 persen untuk kendaraan roda 4 dari nilai pokok pajak yang wajib dibayarkan ke Pemprov Jatim. Kemudian untuk biaya balik nama juga akan digratiskan, anda hanya diwajibkan membayar pajak kendaraan bermotor saja dan tidak dimintai uang sebagai biaya balik nama.

Kapan Pemutihan Pajak Dilakukan?

Untuk waktu pelaksanaan pemutihan pajak kendaraan tergantung dari keputusan gubernur/pemda selaku pemimpin daerah anda, karena hanya Pemda-lah yang dapat memberikan keringanan berupa pemutihan pajak serta pemberian keringanan denda administratif yang lainnya kepada wajib pajak.

Tujuan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemutihan pajak ini dilakukan Pemda setempat yang bertujuan untuk menertibkan semua administrasi perpajakan kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4 yang berasal dari luar daerah yang dimana kendaraan ini digunakan untuk kendaraan operasional di daerah setempat.

Syarat Pemutihan pajak kendaraan bermotor

Jika anda ingin mengikuti pemutihan kendaraan bermotor, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi diantaranya adalah membawa kelengkapan kendaraan seperti

  1. BPKB
  2. KTP
  3. STNK
  4. Kwitansi pembelian kendaraan ke samsat yang telah ditunjuk

Bagi anda yang berasal dari luar daerah, demi mempercepat proses pemutihan kendaraan yang berasal dari luar kota sebaiknya anda juga membawa surat bantuan pengecekan fisik kendaraan dari kota asal kendaraan anda.

Sebagai contohnya misal anda membawa kendaraan dari Malang ke Banyuwangi, maka agar proses pemutihan kendaraan cepat diproses silahkan anda meminta surat cek fisik dari samsat Malang untuk kemudian surat ini digunakan sebagai pelengkap dokumen ketika mengajukan pemutihan pajak di Banyuwangi.

Syarat Pemutihan Kendaraan Bebas BBN

  • STNK
  • BPKB
  • KTP
  • Kwitansi Pembelian Kendaraan

Cara Mengikuti

Untuk cara mengikuti pemutihan kendaraan cukup mudah, anda tinggal mengikuti tata cara pembayaran pajak kendaraan seperti biasa kemudian anda akan secara otomatis terbebas dari denda.

Jangan lewatkan informasi menarik seputar transportasi di Indonesia hanya di Tiket Resmi.

Last Updated on Oktober 24, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *