Bus Indonesia

Persingkat waktu anda dengan informasi lengkap di satu laman pencarian. Tersedia jadwal, rute, harga tiket dan informasi menarik lainnya seputar bus yang beroperasi di Indonesia.

icon Bus

Tips saat Naik Bus di Indonesia

Melakukan perjalanan menggunakan bus memang menyenangkan. Dengan harga tiket yang terjangkau, anda sudah bisa berpergian antar kota, bahkan antar provinsi. Tak hanya itu, fasilitas bus yang cukup lengkap, seperti kursi empuk, selimut dan makan di resto saat transit, bisa anda dapatkan saat menaiki transportasi bus.

Bagi anda yang melakukan perjalanan bus untuk pertama kalinya, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan saat naik bus. Namun tips ini juga berguna bagi setiap calon penumpang yang akan naik moda bus. Berikut beberapa tips naik bus untuk anda.

Cari Armada Bus Terbaik untuk Anda

Setiap wisatawan punya tujuan, anggaran dan gaya traveling yang berbeda-beda. Maka anda perlu mencari Bus terbaik dengan rute, jadwal, harga tiket dan fasilitas yang paling sesuai dengan Anda.

Datang 15 Menit Sebelum Keberangkatan

Tidak ada yang mengasyikkan dari terburu-buru dan terlambat. Untuk itu, ada baiknya untuk Anda datang 15 menit lebih awal ke titik keberangkatan.

Manfaatkan Waktu Transit dengan Baik

Beberapa armada bus antar provinsi melakukan transit saat dalam perjalanan. Di saat transit itulah Anda bisa memanfaatkan untuk makan, beribadah di musala atau ke kamar mandi.

Sedia Obat Anti-mabuk

Bagi anda yang sering mengalami mabuk darat saat perjalanan, jangan lupa untuk menyiakan obat anti-mabuk ke dalam bawaan anda. Pastikan juga untuk membawa kresek sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Packing Terbaik untuk Perjalanan Bus

Ada dua tipe barang bawaan, yaitu barang yang diletakkan di bagasi dan barang yang perlu anda bawa (diletakkan di tas selempang).

Tas selempang dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang yang paling sering anda gunakan, seperti handphone, obat anti-mabuk, dompet, tisu dan permen.

Sedangkan barang lain seperti pakaian dan lainnya dapat anda masukkan ke dalam koper/backpack yang diletakkan di bagasi.

Daftar PO Bus di Indonesia

Cara Membeli Tiket Bus di Indonesia

Bagi anda yang tertarik untuk membeli tiket bus di Indonesia, ada beberapa cara yang dapat anda pilih. Berikut informasinya kami sajikan untuk anda:

Cara Beli Tiket Bus Online

  1. Situs beli tiket online di Online Tiicketing Agent (Traveloka com, Redbus id, Tiket .com)
  2. Website resmi dari PO Bus terkait
  3. Menghubungi agen resmi yang melayani pembelian tiket melalui sosial media

Jika telah berhasil, lakukan transaksi serta pembayaran. Proses pembayaran bisa dilakukan melalui Alfamart dan Indomaret.

Saat hari H keberangkatan, lakukan konfirmasi untuk kemudian mencetak tiket pada kantor agen PO Bus.

Cara Beli Tiket Bus Offline

1. Beli tiket Bus di Terminal keberangkatan

2. Beli tiket Bus di Kantor Agen PO Bus terdekat

  • Agen Pahala Kencana
  • Agen Sinar Jaya
  • Agen Lorena
  • Agen Gunung Harta
  • Agen Kramat Djati
  • Agen Safari Dharma Raya
  • Agen Rosalia Indah

3. Beli tiket Bus di Alfamart dan Indomaret

FAQ

Bagaimana cara membeli tiket bus online?

Sekarang anda bisa membeli tiket melalui online di OTA (Online Ticketing Agent) ternama yang menyajikan promo tertentu.

Tak hanya pada penyedia jasa pesan tiket online seperti Redbus id dan Traveloka, anda bisa membeli tiket melalui website resmi PO Bus. Namun sayangnya tak semua perusahaan bus menyediakan layanan beli tiket bus online.

Cari tahu lebih lengkapnya disini : Cara beli tiket online.

Apakah tiket resmi menjual tiket bus?

Tiket Resmi merupakan platform informasi seputar transportasi umum yang ada di Indonesia. Untuk saat ini kami belum melayani pembelian tiket apapun, baik tiket kapal, bus, tiket pesawat, kereta dan rental mobil. Jika anda menemukan pihak yang mengatasnamakan kami untuk menjual tiket, hubungi kontak kami pada link berikut ini.

PO bus apa saja yang ada di tiket resmi?

Tiket Resmi menyediakan informasi seputar bus yang melayani rute destinasi yang anda cari. Ada beberapa PO Bus yang tersedia pada artikel kami, diantaranya :

  1. Lorena
  2. Rosalia Indah
  3. Gunung Harta
  4. Restu Panda
  5. Tentrem
  6. Manggala Trans

dan puluhan PO Lainnya. Untuk dapat menemukan PO apa saja yang tertulis disini, anda bisa menentukan rute destinasi yang dituju terlebih dahulu.

Bisakah saya membeli tiket beberapa jam sebelum keberangkatan?

Bisa, selama kursi masih tersedia, anda bisa membeli tiket bus di kantor Agen PO Bus yang ada di terminal. Namun jika anda melakukan keberangkatan dari kantor bus di luar terminal, anda juga bisa membelinya di kantor tersebut.

Untuk bus jarak dekat, anda bisa naik tanpa membeli tiket terlebih dahulu. Karena anda akan dikenai biaya saat sedang dalam perjalanan.

Rute mana saja yang tersedia di tiket resmi ?

Tak hanya rute bus AKAP di Pulau Jawa, Tiket Resmi juga memberikan informasi bus antar pulau. Rute bus yang tersedia di Tiket Resmi diantaranya :

  1. Malang Bali
  2. Jakarta Jogja
  3. Pekanbaru Jakarta
  4. Bali Jakarta
  5. Madiun Jakarta
  6. Blitar Malang

Temukan rute bus yang anda cari ada disini : Daftar Rute Bus.

Kapan waktu dan jadwal keberangkatan bus?

Waktu keberangkatan bus berbeda-beda tergantung pada masing-masing PO dan rute perjalananan yang dituju. Untuk jarak dekat, ada beberapa bus yang tersedia setiap 1 jam sekali mulai pukul 3 dini hari hingga pukul 9 malam.

Informasi waktu jadwal keberangkatan bisa anda dapatkan saat melakukan transaksi pembelian tiket.

Berapa harga tiket bus di Indonesia?

Harga tiket bus bisa berbeda-beda pada tiap PO, rute perjalanan dan kelas dari bus yang anda pilih. Untuk mengetahui berapa harga tiket bus rute perjalanan yang anda butuhkan, anda bisa membuka artikel dengan rute yang sesuai.

Pada bagian tabel akan tertulis harga tiket beserta waktu tempuh dan nama PO Bus yang melayani.

Apakah perlu mencetak tiket yang telah saya beli secara online?

Ya, Jika anda melakukan pembelian tiket melalui online, anda wajib untuk mencetak tiket pada kantor agen PO Bus. Proses konfirmasi dan cetak tiket bisa dilakukan maksimal 1 jam sebelum keberangkatan. Namun ada kemungkinan ketentuan tersebut berbeda di tiap agen PO Bus dan OTA.

Apakah saya bisa melakukan refund tiket?

Untuk refund tiket, anda bisa melakukannya pada PO Bus yang telah anda beli dengan melampirkan :

  1. Bukti fisik tiket yang telah di beli
  2. Bukti pembayaran jika melakukan pembelian tiket secara online
  3. KTP

Cukup membawa dokumen tersebut, kemudian anda bisa mendatangi kantor PO Bus untuk melakukan refund tiket.

Dimana titik keberangkatan bus ?

Titik keberangkatan bus berbeda pada tiap PO Bus dan kota keberangkatan. Namun rata rata bus melakukan keberangkatan dari kantor agen PO Bus, di pusat kota, dan tentunya terminal bus yang berada di kota tersebut.

Rute Bus Lain