1. Bus

Yuk, Mengenal Bus Lintas Aceh yang Mewah dan Eksklusif!

Perusahaan Otobus (PO) tersebar di seluruh Indonesia. Seperti halnya, di ujung timur Indonesia terdapat armada bus lintas aceh yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh untuk bepergian. Ternyata, masyarakat di sana telah menggunakan armada ini sudah cukup lama. Hal ini membuat banyak PO semakin ingin berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para penumpang setia. Yuk, simak apa saja PO yang tersebar di Provinsi Aceh. 

Bus Lintas Aceh

Meskipun provinsi Aceh berada jauh dari Ibukota. Jangan salah lho, Pemerintah Daerah berhasil menciptakan ekosistem transportasi yang baik untuk masyarakat di sana. Hal ini terbukti dengan baiknya pelayanan yang diberikan PO bus lintas Aceh. Nah, kira-kira PO apa saja ya yang ada di Kota Serambi Mekkah ini? 

Putra Pelangi Perkasa

Bus lintas Aceh yang pertama adalah berasal dari PO Putra Pelangi Perkasa. Masyarakat Aceh pasti tidak asing lagi dengan armada ini. Didirikan oleh Mahyudin Effendi pada tahun 2012, bus ini memberikan pelayanan jasa angkutan berbasis AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi). Selanjutnya, trayek jarak jauh yang ditempuh meliputi Medan, Takengon, Bireuen, hingga Pekanbaru.  

Kelebihan menggunakan armada ini adalah mempunyai jadwal pemberangkatan paling banyak. Dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir untuk tertinggal. Beroperasi setiap harinya, tepatnya mulai pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB. 

Artikel Terkait

Yuk, jangan ragu untuk menikmati perjalanan kalian menggunakan bus lintas Aceh ini. Oh iya, jika kalian ingin memesannya, bisa secara online melalui email atau langsung menghubungi nomor (0651)-32986 Banda Aceh. Selamat berkendara ria!

Baca Juga: Bus Gumarang Jaya: Rute, Harga Tiket, Jadwal Keberangkatan

Sempati Star

Sesuai dengan namanya, Sempati Star melayani rute perjalanan antar daerah maupun provinsi. Bus lintas Aceh ini terbilang sukses melayani penumpang. Bagaimana tidak? bus ini memiliki fasilitas lengkap dan mewah. Kalian bisa menjumpai mini bar, lounge premium, toilet, dan fasilitas hiburan yang menyenangkan. 

Bus lintas Aceh ini juga melayani rute strategis, yaitu dari Medan menuju ke Aceh. Jarak tempuh yang cukup panjang, tak membuat pelayanan PO ini menjadi kurang memuaskan. Terbukti perjalanan yang biasanya ditempuh selama 11 jam, kini bisa dinikmati hanya 7 jam saja. 

Lagipula, kenyamanan maksimal menjadi lebih terasa, karena bus ini menggunakan double decker Jetbus 2+SDD Mercedes-Benz dengan spesifikasi OC 500 2542. Bus ini diimpor dari Eropa menggunakan jasa karoseri Adiputro. 

Bus Lintas Aceh ini menawarkan spesifikasi seat yang terbilang lengkap, mulai dari reguler, eksekutif, hingga first class. Kalian, bisa menikmati seat yang mana saja sesuai dengan kebutuhan. 

Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH)

Ingin tahu perusahaan transportasi swasta tertua? Yap, ada PMTOH. Bisa dibilang ia merupakan “suhu” dalam melayani pelanggan. Pasalnya, dia sudah beroperasi sejak tahun 1957. Wah, setelah Indonesia merdeka, bus ini telah berkecimpung melayani masyarakat dengan baik. Tak heran, ia menjadi primadona masyarakat Aceh. 

Bus lintas Aceh dengan sasis Mercedes-Benz premium ini melayani beberapa trayek dekat maupun jauh. Beberapa rute yang dilewati seperti Medan, Tangerang, Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta hingga Solo. Jadi, penumpang yang ingin bepergian ke Pulau Jawa, bisa sekali menggunakan armada ini. 

Selain itu, PO PMTOH mempunyai fasilitas Reclining seat, AC, TV sentral dan beberapa hiburan lainnya. Dijamin penumpang akan menikmati setiap jengkal perjalanan ini. Untuk menikmatinya, penumpang hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 170.000 untuk kelas Patas Executive dan Rp 250.000 untuk kelas Super Executive. 

Baca Juga: Mengenal Bus Dewi Sri: Perjalanan Nyaman & Aman di Indonesia

Kurnia

Bus lintas Aceh selanjutnya adalah PO Kurnia. Perusahaan swasta yang bergerak di sektor transportasi ini berdiri pada tahun 1974. Pendiri yang berjasa dalam pendirian perusahaan ini adalah Haji Usman, Buchari Usman, dan Abu Wahab.

Pada tahun pertama, bus lintas Aceh ini hanya melayani perjalanan dari Aceh menuju Medan saja. Namun, lambat laun ia mengembangkan bisnisnya untuk memiliki PO bus lainnya, seperti PO Pusaka dan PO Anugerah. Berbagai armada baru dihadirkan seperti Mercedes-Benz basis OF 813, OF 911 hingga sasis-sasis terbaru yaitu OH 1836, OH 1526, dan sebagainya. 

Jasa Rahayu Geumpeung (JRG)

Selanjutnya ada JRG. Usaha transportasi swasta ini terbilang muda namun memiliki jam terbang yang tidak kalah dengan lainnya. Memiliki sasis berkelas seperti Mercedes-Benz OC500RF 2542 dan OH 1626. Tak hanya itu, ia juga menyediakan Scania K410iB. Fasilitas ini terbilang lengkap,lho. 

Fasilitas yang dimaksud seperti Snack, peralatan tidur, kursi dengan konfigurasi seat 2-2. JRG menyediakan berbagai jenis kelas. Jadi, kalian bebas memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Ingin menikmati perjalanan yang menyenangkan? pilih JRG solusinya. 

Sanura 

Bus lintas Aceh ini terbilang baru, namun pelayanan dan fasilitas yang disediakan tidak jauh berbeda dengan PO kelas atas. Armada ini berlalu-lalang di jalan raya dengan karakteristik yang mencolok. Warnanya yang ngejreng membuatnya mudah terlihat dari kejauhan. 

PO ini mempercayakan ketangguhan armada dengan menggunakan body scorpion kings bus dengan karoseri tentrem ternama. Saat ini, PO Sanura melayani rute Medan-Takengon (pp), dan Medan-Pondok Baru (pp). Selanjutnya, ia akan membuka rute perjalanan baru yaitu trayek Medan- Banda Aceh (pp). 

Kesimpulan

Bus lintas Aceh memang terbaik ya. Terbukti dari sekian banyak armada yang beroperasi di sepanjang jalan. Mulai dari Putra Pelangi Perkasa, Sempati Star, PMTOH, Kurnia, JRG, dan Sanura. Yuk, tunggu apa lagi? Nikmati perjalanan kalian dengan menggunakan armada ini, kalian akan menemukan berbagai kesenangan di sana. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk, Mengenal Bus Lintas Aceh yang Mewah dan Eksklusif!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]

    Trending