Info Harga Tes PCR Terbaru 2021 – Cara Tes, Masa Berlaku, & Lokasi

Harga Tes PCR Terbaru 2021
(sumber: EMC)
Daftar isi

Berencana untuk melakukan perjalanan jauh dan butuh tes PCR? Anda berada di laman yang tepat. Di artikel terbaru dari Tiket Resmi ini, kami akan menjelaskan update terbaru tentang harga tes PCR, masa berlaku, tempat tes rekomendasi, dan berbagai informasi penting lainnya.

Sebagai informasi, per 31 Oktober 2021, pemerintah telah melakukan berbagai perubahan berkaitan dengan tes PCR. Jadi jika Anda sedang mencari informasi tentang PCR, pastikan Anda mengunjungi situs yang informasinya terbaru dan bisa dipercaya. Salah satunya adalah Tiket Resmi, rekan perjalanan terbaik Anda dan keluarga.

Apa Itu Tes PCR?

Sebelum kita membahas harga tes PCR terbaru berdasarkan keputusan pemerintah, sebaiknya Anda tahu lebih dulu apa itu tes PCR.

Menurut MedlinePlus, PCR Rapid Test atau tes PCR adalah tes akurat yang digunakan untuk mendeteksi jejak DNA/RNA virus. Berbeda dengan jenis tes lainnya, tes PCR bisa mendeteksi virus SARS COVID-19 secara langsung setelah infeksi terjadi, tanpa harus menunggu virus berkembang dalam tubuh.

Akurasi dan kecepatan deteksi inilah yang membuat harga tes PCR notabene lebih mahal dibanding tes-tes COVID-19 lainnya.

Artikel Terkait

Perbedaan Tes PCR dan Antigen

Info Harga Tes PCR terbaru 2021
(sumber: Detik)

Di Indonesia, ada tiga jenis tes COVID-19 yang pernah sah digunakan sebagai syarat bepergian, yaitu GeNose, Antigen, dan PCR. Per Juli 2021, tes GeNose sudah tidak berlaku, baik untuk perjalanan pribadi atau kendaraan umum.

Per Agustus 2021, hanya ada dua jenis tes COVID-19 yang dianggap sah oleh pemerintah, yaitu tes PCR dan Antigen.

Bagi Anda yang masih susah membedakan dua tes tersebut, berikut ini beberapa perbedaan tes PCR dan Antigen:

  • Tes PCR mendeteksi COVID-19 berdasarkan DNA virus, sedangkan tes Antigen berdasarkan ada tidaknya benda asing yang mengancam imunitas tubuh.
  • Tes Antigen baru efektif jika seseorang telah terinfeksi COVID-19 selama kurang lebih 5 hari, sedangkan tes PCR bisa mendeteksi virus dalam waktu lebih singkat (1 – 2 hari setelah infeksi).
  • Tes Antigen tidak dapat digunakan untuk Anda yang ingin bepergian menggunakan pesawat.
  • Masa berlaku tes PCR lebih lama daripada tes Antigen dan harganya juga lebih mahal.

Baca Juga: Rapid Test Antigen – Daftar Harga, Lokasi, Syarat

Tes PCR Berlaku Berapa Hari?

Di awal pandemi, masa berlaku tes PCR normalnya adalah 1X24 jam. Akan tetapi per 28 Oktober 2021, Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan kebijakan yang memperpanjang masa berlaku tes PCR jadi 3X24 jam.

Salah satu alasan perpanjangan masa berlaku tes PCR ini adalah karena turunnya jumlah konfirmasi kasus positif COVID-19. Oleh karena itu, jika di masa depan terjadi kenaikan kasus, ada kemungkinan masa berlaku tes PCR akan dikembalikan seperti semula.

Cara Tes PCR dan Berapa Lama Hasil Tes PCR Keluar

Secara garis besar, cara tes PCR sama dengan tes Antigen, yaitu dengan mengambil sampel lendir di hidung/tenggorokan. Lama hasil tes PCR keluar bervariasi tergantung antrian tes. Akan tetapi terhitung sejak Oktober 2021, hasil tes PCR idealnya harus keluar dalam waktu 1 – 4 jam.

Harga Tes PCR Terbaru (Update 31 Oktober 2021)

Saat pertamakali digunakan di Indonesia, harga tes PCR sangat mahal, yaitu mencapai Rp900 ribu untuk masa berlaku 1X24 jam. Karena dirasa terlalu tinggi, pemerintah pada bulan Agustus 2021 meminta biaya tes PCR diturunkan menjadi Rp495 ribu untuk Jawa dan Rp525 ribu untuk luar Jawa.

Akan tetapi per 27 Oktober 2021 kemarin, pemerintah kembali menurunkan biaya tes PCR. Untuk pulau Jawa, harga tes PCR adalah Rp275 ribu, sedangkan luar Jawa Rp300 ribu dengan masa berlaku 3X24 jam.

Rekomendasi Tempat Tes PCR untuk Anda

Biaya Tes PCR di Bandara
(sumber: Berita Satu)

Bagi Anda yang masih belum paham cara tes PCR dan lokasinya, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi tempat tes PCR yang bisa Anda kunjungi sebelum bepergian. Beberapa di antaranya bahkan menyediakan promo PCR murah lho!

1. Rumah Sakit

Rekomendasi tempat tes PCR yang pertama dan utama adalah rumah sakit. Saat ini, hampir seluruh rumah sakit di Indonesia menyediakan layanan PCR.

Umumnya, biaya tes PCR di rumah sakit akan mengikuti standar harga dari pemerintah, yaitu antara Rp275 ribu sampai Rp300 ribu. Hasil tes dari rumah sakit biasanya akan keluar dalam 1 – 3 jam setelahnya.

2. Laboratorium Medis

Jika tidak ingin antri panjang di rumah sakit, Anda bisa berkunjung ke laboratorium medis terdekat untuk tes PCR. Sebagian besar lab medis berdiri secara swasta, sehingga mungkin tidak mengikuti penurunan harga dari pemerintah.

Meski demikian, pemeriksaan di lab medis akan sangat menguntungkan bagi Anda yang butuh hasil PCR lebih cepat.

3. Puskesmas

Puskesmas juga menjadi salah satu tempat tes PCR yang Tiket Resmi rekomendasikan. Sama seperti di rumah sakit, biaya tes PCR di puskesmas biasanya mengikuti kebijakan pemerintah. Akan tetapi ingat, tidak semua puskesmas menyediakan tes ini ya! 

4. Bandara

Bagi Anda yang butuh tes PCR untuk naik pesawat, Tiket Resmi merekomendasikan Anda melakukan tes langsung di bandara saja, kenapa?

Selain menetapkan batas maksimum biaya tes PCR, pemerintah pada tanggal 27 Oktober kemarin juga membebaskan maskapai penerbangan menetapkan harga tes PCR sesuai kebijakan masing-masing.

Oleh karena itu, saat ini ada banyak maskapai menetapkan promo PCR murah sampai 31 Desember 2021, misalnya:

Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan nasional Garuda menetapkan harga tes PCR sebesar Rp260 ribu. Dalam program ini, maskapai Garuda bekerjasama dengan Kartika Pulomas Hospital (KPH) Lab. Jika Anda berniat memakai jasa penerbangan Garuda, Anda bisa ke KPH Lab terdekat untuk mendapat harga promo seperti di atas.

Lion Air

Per 29 Oktober sampai 31 Desember 2021, Lion Air menetapkan biaya tes PCR sebesar Rp225 ribu untuk semua penumpangnya. Promo PCR murah ini berlaku untuk daerah Jabodetabek, Batam, Surabaya, Semarang, Makassar, Manado, dan Denpasar.

Jika Anda berniat menggunakan jasa penerbangan Lion Air, Anda bisa mengunjungi klinik-klinik kerjasama berikut ini:

  • Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM)
  • Satu Laboratorika Utama (Swabaja)
  • Unicare Medical Clinic
  • RSUD ODSK

Super Air Jet

Superjet, salah satu maskapai penerbangan termuda di Indonesia, juga memberlakukan promo PCR murah sampai 31 Desember. Untuk penumpang area Jabodetabek, Superjet menetapkan biaya tes PCR sebesar Rp250 ribu.

Citilink

Maskapai penerbangan terakhir yang mengadakan promo PCR murah adalah Citilink. Per harinya, Citilink memberikan tes PCR gratis untuk 200 penumpang dari 19 kota. Info lengkap soal ini bisa Anda akses di situs utama Citilink.

Apakah Saya Membutuhkan Tes PCR?

Lebih Baik Tes PCR atau Antigen
(sumber: Kompas)

Meski harga tes PCR sudah turun drastis, tetap saja tarifnya jauh lebih tinggi dari tes Antigen. Oleh karena itu, jika Anda keberatan mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk PCR, Anda bisa menjadikan tes Antigen sebagai alternatif.

Tes Antigen menjadi pilihan paling tepat apabila Anda:

  • Bepergian menggunakan kendaraan pribadi atau kereta api, bukan pesawat.
  • Membutuhkan SK negatif COVID-19 dalam jangka pendek saja, misalnya 1 hari.

Demikian ulasan tentang harga tes PCR terbaru di November 2021, cara tes, masa berlaku, dan lokasi tesnya. Tiket Resmi akan memperbarui info di laman ini apabila terjadi perubahan di masa depan. Jadi jangan lupa untuk bookmark ini ya!

COVID-19 saat ini memang telah mereda. Akan tetapi tetaplah waspada dan patuhi protokol kesehatan di manapun Anda berada. Salam sehat untuk Anda dan keluarga!

Baca Juga: Syarat Naik Kereta Terbaru 2021 Lengkap untuk Penumpang [UPDATE NOVEMBER]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *