10 Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia, Biaya, Syarat, Durasi

Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia
(sumber: VN News)
Daftar isi

Apakah Anda mempunyai impian menjadi seorang pilot ? Menjadi seorang pilot bukanlah profesi yang mudah. Sama seperti dokter, menjadi pilot harus sekolah terlebih dahulu, Anda juga harus memenuhi syarat masuk sekolah pilot sebelum menjadi pilot yang sesungguhnya. 

Sekolah pilot merupakan sekolah profesi penerbangan dengan jenjang pendidikan sarjana. Biaya sekolah pilot terbilang mahal, karena sistem pembelajaran yang menggunakan peralatan teknologi yang canggih. 

Jadi, masihkah Anda berminat dengan profesi ini? Jika iya, kami memiliki beberapa rekomendasi sekolah pilot terbaik di Indonesia serta biaya sekolah pilot, berapa lama sekolah pilot dan syarat menjadi seorang pilot untuk Anda. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Gaji Profesi Pilot di Indonesia dan Prospek Karirnya

Pertama – tama mari kita bahas tentang prospek karir seorang pilot. Seperti yang kita ketahui profesi pilot adalah jenjang karir yang menjanjikan. Jenjang karir pilot terbagi atas 3 kriteria yaitu second officer ( pilot pemula atau baru lulus sekolah pilot ), first officer ( sudah boleh mengemudikan pesawat dengan didampingi kapten), dan captain ( jenjang tertinggi karir seorang pilot ). 

Syarat Menjadi Seorang Pilot
(sumber: Jadi Berita)

Menurut badan PBB dibutuhkan sekitar 62 ribu pilot baru untuk menerbangkan pesawat komersial untuk jangka waktu 15 – 20 tahun ke depan. Tingginya kebutuhan profesi pilot didukung dengan pertumbuhan industri penerbanagan nasional mupun Internasional yang terus menerus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah pesawat setiap tahunnya. 

Artikel Terkait

Lalu, berapakah gaji profesi pilot ? Gaji pilot di Indonesia sekitar Rp 30 juta hingga Rp 60 juta per bulannya untuk jenjang first officer, sedangkan Captain Rp 100 juta hingga Rp 150 juta per bulan untuk maskapai Garuda Indonesia. Selain itu, terdapat pula tunjangan non tunai seperti asuransi pribadi, tunjangan kesehatan, lost of flying licence, dana pensiun, hingga penghargaan masa kerja selama menjadi pilot. 

Biaya Sekolah Pilot 2021 yang Harus Anda Tahu

Pembahasan selanjutnya adalah biaya yang harus Anda ketahui sebagai persiapan sebelum Anda mendaftar sekolah pilot. Berikut rincian biaya sekolah pilot dan berapa lama sekolah pilot.

Biaya LisensiKeterangan 
Rp 670.000.000 – Rp 700.000.000IR, CPL, PPLPelatihan 1,5 tahun 
Rp 65.150.000 – Rp 88.350.000D3 dan D4
Rp 845.000.000 – Rp 850.000.000ME, IR, CPL, PPLPelatihan 2 tahun 
Rp 913.000.000 – Rp 930.000.000ME,IR,CPL,PPLPelatihan 14 bulan
Rp 827.000.000 – Rp 830.000.000IR, CPL, PPLPelatihan 1,5 tahun
Rp 845.000.000 – Rp 850.000.000ME, IR, CPL, PPLPelatihan 12 bulan 
Rp 855.000.000 – Rp 1.000.000.000Me, IR, CPL, PPLPelatihan 1,5 tahun 

Biaya diatas berbeda-beda sesuai dengan sekolah dan tempat pelatihan serta lamanya waktu pelatihan atau sekolah. Biaya tersebut dapat berubah setiap tahunnya diperkirakan biaya saat ini sekitar Rp 900 juta rupiah. 

Syarat Masuk Sekolah Pilot dan Durasi Belajar

Durasi Belajar di Sekolah Pilot
(sumber: Youtube)

Seperti yang kita ketahui bahwa menjadi seorang pilot tidaklah mudah, perlu didukung dengan pendidikan formal seperti sekolah penerbangan untuk belajar cara menerbangkan pesawat dan mendapatkan lisensi agar dapat menerbangkan pesawat. Berikut adalah persyaratan yang harus Anda penuhi untuk masuk sekolah penerbangan. 

  1. Jenis kelamin Pria atau Wanita diperbolehkan melamar. Usia 17 tahun hingga 23 tahun, berpenampilan menarik. 
  2. Minimum lulusan SMK atau SMA atau sederajat lainnya. Kemudian sesuaikan terlebih dahulu kemampuan Anda mengambil PPL ( Private Pilot License ) dengan cost atau biaya yang telah Anda persiapkan dan kesehatan Anda. 
  3. Persiapkan fisik baik gigi harus rapi, tidak buta warna dan apabila berkacamata selama tidak lebih dari minus 3, dan berat badan harus proporsional dengan tinggi badan. Tidak boleh bertato dan tidak menggunakan Narkoba, serta belum menikah. 
  4. Perdalam cara cepat kalkulasi matematika dan fisika, serta Anda juga perlu memperdalam kemampuan bahasa asing baik lisan maupun tulisan, salah satunya adalah bahasa inggris. 
  5. Persiapkan berkas pendukung seperti KTP atau kartu identitas yang masih berlaku, pas photo, surat keterangan sehat, dan ijazah atau surat keterangan lulus dari sekolah Anda. 

Berapa lama sekolah pilot? Untuk durasi belajar sekolah pilot mulai dari 1,5 tahun hingga 4 tahun, hal tersebut disesuaikan dengan biaya dan lembaga pelatihan atau sekolah yang Anda pilih. 

10 Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Setelah membahas persyaratan masuk sekolah pilot di atas, berikut kami rekomendasikan 10 sekolah pilot terbaik di Indonesia di bawah ini, 

1. Royhle Flight Academy 

Sekolah Pilot Terbaik Royhle Flight Academy
Royhle Flight Academy (sumber: Youtube)

Royhle Flight Academy merupakan sekolah profesional penerbangan yang populer di Filipina. Sekolah ini menawarkan pelatihan pilot berkualitas dengan lisensi PPL, CPL, IR, FI, hingga ME. 

Memiliki infrastruktur yang profesional serta berpengalaman, sekolah ini berkomitmen untuk selalu mengutamakan keselamatan dan kualitasnya. Oleh sebab itu, sudah terbukti banyaknya lulusan dari sekolah ini yang sudah tersebar ke berbagai negara. 

2. All Asia Aviation Academy 

Sekolah Pilot All Asia Aviation Academy
All Asia Aviation Academy (sumber: AAA Central)

All Asia Aviation Academy atau disingkat menjadi AAA Academy  merupakan sekolah pilot di Indonesia yang memiliki tin instruktur penerbangan Internasional dan pengalaman yang mendalam mengenai industri penerbangan.  

AAA bekerjasama dengan Asia Aviation Training Center sehingga akan mempermudah Anda untuk bekerja setelah lulus dari sekolah penerbangan. Lulusan AAA Academy sudah terbesar di banyak maskapai penerbangan, seperti ANA, Jet Airway, Lion Group, Citilink, dan Garuda Indonesia. 

3. Bandung Pilot Academy

Sekolah Penerbangan Bandung Pilot Academy
Bandung Pilot Academy (sumber: Youtube)

BPA merupakan sekolah pilot di Indonesia yang berlokasi di Bandung yang didirikan pada tahun 2008. Sekolah penerbangan profesional ini  memiliki 3 metode pembelajaran, yaitu technical know-how, basic aeronautical (knowledge), dan attitude. Ketiganya harus diterapkan agar pilot dapat menjadi lulusan BPA  yang sesuai dengan kebutuhan maskapai.  

4. Perkasa Flight School

Sekolah Pilot Perkasa Flight School
Perkasa Flight School (sumber: Flyperkasa.com)

Perkasa Flight School merupakan sekolah pilot di Indonesia berbasis swasta yang berada di bawah naungan PT.Mitra Aviasi Perkasa, yang berpusat di daerah Jakarta Selatan. Sistem pembelajaran sekolah ini adalah siswa melaksanakan pelatihan penerbangan di bandara secara langsung. 

Dengan fasilitas pelatihan dengan pesawat latih Cessna 172 dan Piper Seminole dan memiliki simulator Redbird MCX dan FMX dengan durasi pelatihan 1,5 tahun dan biaya Rp 645 juta.  

5. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug (sumber: Cakrawala News)

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug merupakan salah sekolah terbaik di Indonesia, karena berada dibawah kedinasan Departemen Perhubungan Republik Indonesia yang didirikan pada tahun 1952 di Jakarta.

Namun saat ini, STPI Curug berlokasi di Kecamatan Legok Kewedanaan Curug, Kabupaten Tangerang di provinsi Tangerang Banten. Sekolah ini memiliki 3 jurusan yaitu program studi penerbangan sayap tetap, program studi penerbangan sayap putar, dan program studi flight operation office

6. Genesa Flight Academy Cilacap

Sekolah Pilot Genesa Flight Academy Cilacap
Genesa Flight Academy Cilacap (sumber: Youtube)

Genesa Flight Academy Cilacap adalah sekolah yang menggunakan bandara Tulung Wulung di Cilacap sebagai lokasi pelatihan bagi para siswanya. Visi dan Misi seolah ini adalah menjadi sekolah penerbangan yang mendidik siswanya dengan baik untuk generasi pilot yang akan mendatang. 

7. Nusa Flying International

Sekolah Pilot Nusa Flying International
Nusa Flying International (sumber: Nusa Flying International on Facebook)

Nusa Flying International berdiri pada tahun 2008 yang awalnya adalah Ground School di Bandara Halim Perdana Kusuma, yang kini sudah berpindah lokasi ke area Kalimalang Kota Bekasi. Sekolah ini juga bekerja sama dengan maskapai Lion Air sebagai sarana pembelajaran bagi para siswanya.  

Pelatihan penerbangan sekolah ini dilakukan di Bandara Radin Inten II Bandar Lampung dan Bandara Ahmad Yani Semarang, keduanya merupakan bandara komersial sehingga para siswanya akan mendapatkan pengalaman berkomunikasi secara langsung dengan para petugas ATC setiap kali pelatihan penerbangan. 

8. Deraya Flying School

Sekolah Pilot Deraya Flying School
Deraya Flying School (sumber: Twitter)

Deraya Flying School merupakan sekolah penerbangan tertua di Indonesia, didirikan pada tahun 1972. Sekolah ini berada di terminal building – Bandara Halim Perdana Kusuma. 

Visi sekolah ini adalah menjadi operator penerbangan terbaik dengan menjamin kualitas pelayanan kepada klien. Dengan durasi pelatihan 1,5 tahun dan biaya Rp 855 juta untuk program PPL, CPL, dan IR, sedangkan untuk program PPL, CPL, IR, dan MER adalah Rp 1 M dengan durasi pelatihan 2 tahun. 

9. Alfa Flying School

Sekolah Penerbangan Alfa Flying School
Alfa Flying School (sumber: Youtube)

Sekolah ini berdiri pada tahun 2007. Sekolah ini juga menggunakan Bandara Halim Perdana Kusuma sebagai tempat pelatihan bagi siswanya dan menyediakan fasilitas pendidikan yang lengkap seperti pesawat latihan dan simolator sebagai penunjang siswanya menjadi pilot yang terbaik. 

10. Bali International Flight Academy (BIFA)

Bali International Flight Academy atau Populer Sebagai BIFA
Bali International Flight Academy atau Populer Sebagai BIFA (sumber: baliflightacademy.com)

BIFA merupakan sekolah penerbangan yang paling banyak menghasilkan pilot-pilot terbaik dan telah bekerja sama dengan berbagai maskapai seperti Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan  Batik Air.

Tempat pelatihan sekolah ini menggunakan Bandara Buleleng Bali. Lokasi tersebut  dipilih karena lalu lintas yang tidak terlalu ramai. Biaya sekolah sekolah pilot ini sekitar Rp 700 juta untuk durasi pelatihan 1,5 tahun. 

Sudahkah Anda menentukan sekolah pilot mana yang akan Anda pilih untuk menggapai impian Anda menjadi seorang pilot ? Semoga referensi diatas dapat membantu Anda menemukan sekolah penerbangan terbaik di Indonesia yang akan menjadi penunjang karir Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *