Apa itu Sunmori – Pengertian, Manfaat, Tips, Rute

3 min read

Sunmori Check! Akhir-akhir ini istilah sunmori sedang hype di kalangan remaja. Lantas, apa sih arti dari istilah tersebut? Bagi para riders, sunmori adalah sebuah salah satu acara wajib di komunitasnya. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam seputar pengertian, tujuan dan rekomendasi rute sunmori ala Tiket Resmi, yuk simak artikel berikut!

Sunmori adalah

Sunmori adalah singkatan dari Sunday Morning Riding. Dengan kata lain, sunmori adalah kegiatan mengendarai sepeda motor di hari Minggu pagi, baik itu sendirian ataupun tidak. Biasanya, kegiatan sunmori membutuhkan koordinasi dari jauh-jauh hari, atau paling tidak sudah direncanakan 4 hari sebelumnya. Bagi para riders, sunmori adalah kegiatan wajib tiap minggunya yang harus dilakukan.

Kegiatan ini banyak diminati dari kalangan remaja. Namun siapa sangka, peminat sunmori juga ada yang tengah berusia 30 tahun keatas. Meskipun demikian, mereka tetap menggunakan gaya bermotor yang sama, tetap salam satu aspal.

Manfaat Sunmori

Siapa sangka Sunday Morning Riding memiliki manfaat untuk pengendaranya. Yang pertama, manfaat sunmori adalah meningkatkan tingkat kefokusan seseorang. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menurunkan hormon penanda stress. Di sisi lain, cuaca di pagi hari juga dapat meningkatkan semangat serta baik untuk kesehatan tubuh. Kegiatan bermotor di pagi hari disebutkan dapat meningkatkan fungsi otak dan kognitif manusia. Dapat dipastikan, setidaknya para bikers ini mendapatkan kesenangan saat berkendara, apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan bersama teman-temannya.

Kegiatan Sunday Morning Riding juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan yang sangat tinggi, terlebih jika riders tersebut ikut dalam suatu komunitas. Tak hanya itu, kegiatan ini dapat menjalin rasa persaudaraan yang lebih kuat lagi antar riders. Di sisi lain, kegiatan ini dimanfaatkan para riders untuk mencari teman baru.

Arti Sunmori Check

Sunmori check adalah sebuah kalimat yang cukup trend di tik tok dan instagram. Trend ini berisikan video sekelompok atau individu yang melakukan perjalanan saat pagi. Perjalanan bisa berkeliling kota, menuju sebuah tempat dengan pemandangan alam yang cantik atau rekaman video keseruan saat melakukan sunmori. 

Selain trending di tik tok dan instagram, istilah “sunmori check” juga sempat trending di kalangan kaum twitter.

Tips Sunmori

Saat kita mengikuti kegiatan sunmori, tentunya banyak aspek-aspek yang perlu diperhatikan. Apalagi di era new normal ini, kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Berikut, akan kami bagikan beberapa tips saat melakukan Sunday Morning Riding.

1. Selalu kenakan helm SNI

Peralatan wajib saat sunmori adalah helm. Tak sembarang helm, sangat wajib bagi pengendara untuk menggunakan helm berlabel SNI. Karena, helm yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia, sudah terjamin kualitasnya.

Helm sendiri juga berfungsi untuk melindungi kepala dari teriknya matahari serta meminimalisir jika terjadinya benturan di kepala.

2. Memakai jaket atau baju lengan panjang

Ini berfungsi untuk melindungi badan dari terpaan angin secara langsung. Selain itu, jaket juga dapat meminimalisir luka apabila kita terjatuh.

3. Gunakan celana yang panjang

Karena, celana panjang ini akan melindungi secara maksimal kalau kita terjatuh di jalanan.

4. Pakailah sepatu

Sangat disarankan bagi kalian yang sedang Sunday Morning Riding untuk mengenakan sepatu.  Karena, mengenakan sepatu saat berkendara dapat melindungi kaki, juga mengurangi resiko cedera jika terjadi kecelakaan di jalan.

5. Memakai sarung tangan

Hal ini sangat penting, karena sarung tangan dapat melindungi jari-jari dari paparan sinar matahari secara langsung, juga meminimalisir resiko cedera.

6. Gunakan masker, balaclava, atau buff

Perlengkapan tersebut berfungsi sebagai penyaring debu di jalanan. Balaclava juga akan menjaga helm kalian agar tetap bersih.

7. Patuhi protokol kesehatan yang ditetapkan

Di kala pandemi ini, tidak ada salahnya untuk melakukan sunmori. Tetapi perlu diingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun anda berada.

Rekomendasi Rute Sunmori

Sebelum melakukan sunmori, tentunya banyak yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Mulai dari kelengkapan surat, perlengkapan yang dibutuhkan, hingga tempat yang akan dituju saat sunmori. Nah, dibawah ini akan kami sajikan beberapa tempat yang direkomendasikan untuk kalian tuju saat sunmori.

Rute Sunday Morning Riding Lembang

Salah satu tempat yang direkomendasikan di Bandung ialah Lembang, yang terletak di dataran tinggi. Daerah ini merupakan tujuan favorit bagi para riders saat melakukan riding. Kondisi jalan yang mulus dan berkelok-kelok, sangat cocok bagi kalian untuk melakukan cornering disini. Di sepanjang jalan juga tersedia beberapa warung yang bisa kalian singgahi.

Rute Sunday Morning Riding Jakarta

Di Jakarta yang menjadi tujuan favorit saat Sunday Morning Riding yaitu di Jl. Pati Unus. Pasalnya, selain menikmati suasana di perjalanan, mereka juga menjadikan tempat ini untuk sarapan. Karena disini terkenal akan bubur ayamnya yang enak.

Rute Sunmori di Jogja

Para pengendara yang gemar melakukan sunday morning riding, salah satu rute favoritnya yaitu dimulai dari Kebun Buah Mangunan. Lalu dilanjutkan menuju Tebing Breksi, Panggang Gunung Kidul, dan mereka mengakhiri tujuan di Babarsari untuk makan bersama.

Sunmori di Malang

Komunitas yang ada di Malang, seringkali berkumpul di Simpang Balap, Jl. Besar Ijen, dan Gor Ken Arok. Selanjutnya mereka bergeser ke arah selatan menuju kabupaten Malang. Tepatnya di Jalur Lintas Selatan, karena disana menyajikan view pantai yang indah.

Rute Sunmori Surabaya

Kota Surabaya cocok digunakan untuk berkeliling santai di hari Minggu. Kalian bisa berkumpul di Delta Plaza, lalu menyusuri jalan-jalan di Kota Surabaya dengan menikmati beberapa ikon yang ada, seperti Monumen Bambu Runcing, Tugu Pahlawan dan masih banyak lagi.

Oke, sedikit informasi mengenai sunmori kali ini. Semoga bermanfaat buat kita semua. Dan jangan lupa perhatikan kesehatan dan keselamatan saat berkendara. Jangan sampai membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Temukan informasi lain seputar transportasi di Indonesia, hanya di Tiket Resmi.

Last Updated on November 6, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *