1. Blog

Apa itu Sunmori: Pengertian, Manfaat, Tips, & Rutenya 2024

Sunmori check! Akhir-akhir ini istilah sunmori sedang hype di kalangan remaja. Lantas, apa sih arti dari istilah tersebut? Bagi para riders, sunmori adalah sebuah salah satu acara wajib di komunitasnya. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam seputar pengertian, tujuan dan rekomendasi rute sunmori ala Tiket Resmi, yuk simak artikel berikut!

Sunmori Adalah Sunday Morning Riding, Apa Maksudnya?

Sunmori Adalah Istilah Lain untuk Sunday Morning Riding (Sumber: @fauzicepott on Instagram)
Sunmori Adalah Istilah Lain untuk Sunday Morning Riding (Sumber: @fauzicepott on Instagram)

Menurut Urban Dictionary, sunmori adalah singkatan dari Sunday Morning Riding. Dengan kata lain, bisa diartikan dengan kegiatan mengendarai sepeda motor di hari Minggu pagi, baik itu sendirian dan bersama-sama. Biasanya, kegiatan bersepeda motor ini membutuhkan koordinasi dari jauh-jauh hari, atau paling tidak Anda sudah merencanakan 4 hari sebelumnya. Nah,  para riders sejati, sunmori adalah kegiatan wajib tiap minggunya yang harus dilakukan.

Walaupun namanya terkesan kekinian, kegiatan ini tidak hanya diminati di kalangan remaja saja. Namun siapa sangka, sunmori adalah hobi yang juga bisa dilakukan untuk usia 30 tahun keatas, loh! Meskipun demikian, mereka tetap menggunakan gaya bermotor yang sama seperti riders lain, tetap “salam satu aspal”.

Manfaat Sunmori yang Perlu Diketahui

Manfaat Sunmori Apa Saja? (Sumber: @achmadmgrib_ on Instagram)
Manfaat Sunmori Apa Saja? (Sumber: @achmadmgrib_ on Instagram)

Siapa sangka Sunday Morning Riding ini punya banyak manfaat untuk pengendaranya. Yang pertama, adalah meningkatkan tingkat kefokusan seseorang. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menurunkan hormon penanda stress. Di sisi lain, cuaca di pagi hari juga dapat meningkatkan semangat serta baik untuk kesehatan tubuh. 

Artikel Terkait

  • 8 Tempat Sarapan di Jakarta, Ada yang Lagi Kekinian!
    by Amanda Rayta Putri (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on Juni 17, 2024 at 1:00 am

    Mencari sarapan di Jakarta, terbilang sangat mudah, karena disetiap sudut pasti terdapat tempat atau restoran yang buka pada pagi hari. Baik itu warteg, kafe hingga restoran. Bahkan, semua jenis makanan tersedia untuk sarapan. Buat warga Jakarta yang barangkali tidak sempat atau bosan dengan menu sarapan di rumah, nah kalian bisa coba sarapan di 8 tempat Artikel 8 Tempat Sarapan di Jakarta, Ada yang Lagi Kekinian! pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • 5 Tempat Dinner Romantis di Pekanbaru
    by Amanda Rayta Putri (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on Juni 10, 2024 at 12:15 am

    Bagi para pasangan yang ingin menikmati makan romantis bareng pasangan, di Pekanbaru pun menyediakan beragam pilihan tempat dinner yang sempurna untuk merayakan kencan romantis kalian. Dengan, artikel ini kalian akan mengetahui beberapa tempat dinner romantis di Pekanbaru. Berikut, 5 tempat dinner romantis di Pekanbaru! 1 . La Fusion La Fusion Pekanbaru adalah restoran yang menyajikan Artikel 5 Tempat Dinner Romantis di Pekanbaru pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • 6 Daftar Tempat Sarapan di Surabaya
    by Amanda Rayta Putri (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on Juni 3, 2024 at 6:20 am

    Setiap daerah, tentu memiliki tempat sarapannya masing-masing. Seperti, pada artikel ini, akan membahas mengenai tempat sarapan di Surabaya. Bagi kamu warga Surabaya atau luar yang penasaran. Berikut, 6 daftar tempat sarapan di Surabaya! 1 . Pecel Bu Kus Pecel Bu Kus adalah  menyajikan hidangan t pecel madiun. Pecel madiun adalah salad dari sayuran kukus dengan Artikel 6 Daftar Tempat Sarapan di Surabaya pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • 6 Tempat Dinner Romantis di Bekasi, Gak Perlu Jauh ke Jakarta!
    by Amanda Rayta Putri (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on Mei 4, 2024 at 4:42 am

      Biasanya, warga Bekasi kalau ingin berkencan rata-rata mencari tempat di sekitar Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan. Namun, sebenarnya banyak kafe atau restoran di Bekasi yang dapat dijadikan sebagai tempat dinner romantis, asal suasananya sesuai. Melalui, artikel ini akan membahas 6 tempat dinner romantis di Bekasi, siapa tahu ada yang cocok! 1 . Huk Garden Artikel 6 Tempat Dinner Romantis di Bekasi, Gak Perlu Jauh ke Jakarta! pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

Mengapa demikian? Karena kegiatan bermotor di pagi hari disebutkan dapat meningkatkan fungsi otak dan kognitif manusia. Dapat dipastikan, setidaknya para bikers ini mendapatkan kesenangan saat berkendara, apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan bersama teman-temannya.

Tak hanya itu saja, kegiatan Sunday Morning Riding juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan yang sangat tinggi, terlebih jika Anda ikut dalam suatu komunitas. Aktivitas positif ini tentunya dapat menjalin rasa persaudaraan yang lebih kuat lagi antar riders. Di sisi lain, kegiatan ini dimanfaatkan para riders untuk mencari teman baru dan networking.

Lalu, Bagaimana Suasana yang Didapat Jika Mengikuti Sunmori?

Vibes Sunmori (Sumber: @my.ssunshine_ on Instagram)
Vibes Sunmori (Sumber: @my.ssunshine_ on Instagram)

Nah, belakangan ini, sunmori check sedang trending di TikTok dan Instagram. Jika Anda mencari kata kunci tersebut di kolom pencarian, trend ini berisikan sekelompok atau individu yang melakukan perjalanan saat pagi hari.

Perjalanan yang dilalui bermacam-macam. Bisa berkeliling kota, menuju sebuah tempat dengan pemandangan alam yang cantik, membonceng pasangan, maupun rekaman video seruan saat melakukan sunmori bersama rekan. 

Selain itu, motor dan outfit yang dikenakan juga tak kalah kerennya dengan seorang pembalap! Jangan heran kalau orang yang melakukan sunmori menggunakan pakaian dan helm yang kece.  Kalau untuk motor sebenarnya bermacam-macam, sih. Ada yang menggunakan motor gede, matic, vespa, sampai motor jadul. Anda tidak perlu minder, karena banyak komunitas sunmori yang menerima tipe motor sesuai dengan yang dipunya.

Simak Beberapa Tips Sebelum Sunmori-an

Kelengkapan Kendaraan dan Keselamatan adalah Tips Utama Sunmori (Sumber: @_thefourthmedia on Instagram)
Kelengkapan Kendaraan dan Keselamatan adalah Tips Utama Sunmori (Sumber: @_thefourthmedia on Instagram)

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar perjalanan lebih aman dan menyenangkan. Salah satu tips sunmori adalah dengan tetap menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Selain itu, ada beberapa tips lain yang bisa anda lakukan saat melakukan Sunday Morning Riding ini. Berikut tipsnya untuk Anda!

1. Selalu kenakan helm SNI
2. Memakai jaket atau baju lengan panjang
3. Gunakan celana yang panjang dan nyaman
4. Pakailah sepatu
5. Memakai sarung tangan
6. Gunakan masker, balaclava, atau buff
7. Patuhi protokol kesehatan yang ditetapkan

Rekomendasi Rute Sunmori

Sebelum melakukan sunmori, tentunya banyak yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Mulai dari kelengkapan surat, perlengkapan, hingga tujuan tempatnyaNah, dibawah ini akan Tiket Resmi sajikan beberapa tempat yang recommended untuk Anda tuju.

1. Lembang

Salah satu tempat yang direkomendasikan di Bandung ialah Lembang, yang terletak di dataran tinggi. Daerah ini merupakan tujuan favorit bagi para riders saat melakukan riding. Kondisi jalan yang mulus dan berkelok-kelok, sangat cocok bagi Anda untuk melakukan cornering disini. Di sepanjang jalan juga tersedia beberapa warung yang bisa Anda singgahi.

2. Jakarta

Di Jakarta yang menjadi tujuan favorit saat sunmori adalah di Jl. Pati Unus. Pasalnya, selain menikmati suasana di perjalanan, mereka juga menjadikan tempat ini untuk sarapan. Karena disini terkenal akan bubur ayamnya yang enak.

3. Jogja

Salah satu rute favorit para riders dimulai dari Kebun Buah Mangunan. Lalu dilanjutkan menuju Tebing Breksi, Panggang Gunung Kidul, dan mereka mengakhiri tujuan di Babarsari untuk makan bersama.

4. Malang

Komunitas yang ada di Malang, seringkali berkumpul di Simpang Balap, Jl. Besar Ijen, dan Gor Ken Arok. Selanjutnya mereka bergeser ke arah selatan menuju kabupaten Malang. Tepatnya di Jalur Lintas Selatan, karena disana menyajikan view pantai yang indah.

5. Surabaya

Kota Surabaya cocok digunakan untuk berkeliling santai di hari Minggu. Kalian bisa berkumpul di Delta Plaza, lalu menyusuri jalan-jalan di Kota Surabaya dengan menikmati beberapa ikon yang ada, seperti Monumen Bambu Runcing, Tugu Pahlawan dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Arti Rambu Lalu Lintas Berserta Jenis dan Gambar Terbaru

Oke, sedikit informasi mengenai sunmori kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa perhatikan kesehatan dan keselamatan saat berkendara. Selamat bersenang-senang!

Temukan informasi lain seputar transportasi di Indonesia, hanya di Tiket Resmi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa itu Sunmori: Pengertian, Manfaat, Tips, & Rutenya 2024

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]

    Trending