Syarat Naik Kereta 2022 Lengkap untuk Penumpang Terupdate

Syarat Naik Kereta Api Terbaru 2022
Syarat naik kereta terbaru lengkap dengan informasi Rapid Antigen dan Genose C19 disini. Cek syarat naik kereta api terbaru di Tiket Resmi!
Daftar isi

Travelling menggunakan kereta memang menyenangkan. Suasana dan biaya tiket yang cukup murah menjadi alasan banyak orang menyukai transportasi umum ini. Namun, sejak pandemi ini banyak hal terjadi dan terbarui, salah satunya adalah peraturan dan adanya syarat naik kereta.

Sejak ditetapkan pada bulan Februari 2021, PT KAI menerapkan syarat naik kereta terbaru bagi penumpang, salah satunya adalah wajib menunjukkan surat sehat atau surat keterangan negatif dari salah satu jenis tes. Anda bisa memilih dari tiga tes yaitu, GeNose C19, Rapid Test Antigen dan Rapid Test PCR.

Artikel Terkait

Namun per 5 Juli 2021, tes GeNose C19 tidak lagi berlaku untuk perjalanan jarak jauh. Berdasarkan update resmi KAI di bulan Oktober 2021, hanya ada dua tes berlaku, yaitu Antigen untuk 1X24 jam dan PCR 3X24 jam.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang menjadi syarat naik kereta terbaru 2021. Kali ini kami akan memberikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Informasi ini telah kami sesuaikan dengan data terbaru dan berita terupdate dari PT KAI.

1. Menunjukkan Surat Keterangan Negatif Covid

Syarat naik kereta terbaru 2021 pertama adalah menunjukkan surat keterangan negatif COVID-19. Berdasarkan adendum SE No. 92 tahun 2021 yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan 31 Oktober kemarin, ada dua jenis SK COVID-19 yang bisa berlaku, yaitu Rapid Test Antigen dan PCR. Selengkapnya tentang dua jenis tes tersebut adalah sebagai berikut:

Rapid Test Antigen adalah salah satu jenis tes cepat COVID-19 berdasarkan ada tidaknya benda asing yang mengancam imunitas. Tes rapid ini dilakukan dengan mengambil sampel lendir tubuh melalui hidung atau tenggorokan.

Berdasarkan keputusan Pemerintah 24 September 2021, harga Rapid Test Antigen saat ini mulai dari Rp45 ribu. Jika ingin mendapatkan harga tes terjangkau seperti ini, Anda bisa berkunjung ke 64 stasiun yang menyediakan jasa Rapid Test Antigen.

Hasil Rapid Test Antigen berlaku 1X24 jam saja setelah tes.

Jika ingin masa berlaku SK-nya lebih lama, Anda bisa memilih Rapid Test PCR sebagai pemenuhan syarat naik kereta terbaru 2021 secara administratif. PCR adalah singkatan dari polymerase chain reaction, yaitu pengujian infeksi virus COVID-19 berdasarkan pengecekan ada tidaknya jejak DNA virus dalam hidung atau tenggorokan.

Berdasarkan keputusan Pemerintah 31 Oktober 2021, harga Rapid Test PCR turun harga, yaitu dari Rp495 ribu menjadi Rp275 ribu untuk pulau Jawa. Sementara itu di luar Jawa, harga Rapid Test PCR turun dari Rp525 ribu menjadi Rp300 ribu saja.

Khusus bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi kereta, hasil Rapid Test PCR berlaku untuk 3X24 jam setelah tes.

2. Gunakan Masker yang Tepat

Saat melakukan perjalanan, penumpang wajib menggunakan masker yang menutup bagian hidung hingga mulut. Masker yang digunakan juga perlu sesuai dengan standar yang yaitu masker 3 lapis atau masker medis.

Agar semakin aman, pihak perkeretaapian juga menyediakan faceshield yang bisa Anda gunakan baik saat berada di stasiun keberangkatan, selama perjalanan hingga tiba di stasiun tujuan.

Bagi bayi berumur kurang dari 1 tahun sangat disarankan memakai face shield khusus yang nyaman untuk mengurangi potensi terkena virus.

3. Tidak diperkenankan makan, minum dan mengobrol

Pada peraturan yang tertulis, penumpang wajib memenuhi syarat untuk naik kereta yaitu dilarang untuk makan dan minum. Peraturan ini berlaku untuk penumpang kereta api yang akan melakukan perjalanan kurang dari 2 jam.

Namun terdapat pengecualian bagi penumpang yang diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan atau sedang dalam masa pemulihan.

Selain itu, penumpang disarankan untuk berbicara selama dalam perjalanan. Hal ini berlaku untuk komunikasi secara langsung maupun menggunakan telepon. Anda bisa menggunakan fitur chat sebagai alternatif untuk larangan tersebut.

4. Gunakan pakaian berlengan panjang

Penumpang kereta disarankan untuk menggunakan pakaian berlengan panjang atau outer dan jaket.

5. Siapkan persyaratan yang diperlukan dari jauh hari

Untuk bisa melakukan perjalanan, tentu banyak syarat naik kereta yang perlu Anda penuhi. Tidak ada salahnya untuk menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan jauh hari sebelum keberangkatan. Ini dapat meminimalisir ketertinggalan surat dan memudahkan Anda saat boarding.

Syarat Naik Kereta Terbaru 2021 untuk Anak Dibawah 12 Tahun

Pada tanggal 28 Oktober 2021, Kementerian Perhubungan juga telah mengeluarkan adendum No. 89 tahun 2021 tentang diperbolehkannya anak usia 12 tahun ke bawah naik kereta. Walau belum divaksin, anak-anak sudah bisa menjadi penumpang kereta. 

Meski demikian, terdapat beberapa syarat naik kereta untuk anak dibawah 12 tahun yang perlu Anda penuhi sebagai wali/orang tua, yaitu:

  • Memiliki surat keterangan negatif COVID-19 berdasarkan Rapid Test Antigen atau PCR (khusus perjalanan jarak jauh). KA lokal/aglomerasi tidak membutuhkan SK negatif COVID-19.
  • Wajib didampingi wali/orangtua dengan bukti Kartu Keluarga (KK).
  • Menggunakan protokol kesehatan lengkap seperti orang dewasa.

 

Demikian syarat naik kereta terbaru berdasarkan update resmi KAI 31 Oktober 2021. Kami akan terus memperbarui informasi di laman ini apabila sewaktu-waktu terdapat perubahan dari pemerintah. Tetap jadi pembaca setia Tiket Resmi dan jaga kesehatan Anda beserta keluarga di manapun berada.

Baca Juga : Syarat Naik Pesawat dan Tips Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *