Syarat Naik Kereta Terbaru 2021 Lengkap untuk Penumpang

2 min read

promo tiket kereta

Travelling menggunakan kereta memang menyenangkan. Suasana dan biaya tiket yang cukup murah menjadi alasan banyak orang menyukai transportasi umum ini. Namun, sejak pandemi ini banyak hal terjadi dan terbarui, salah satunya adalah peraturan dan adanya syarat naik kereta.

Sejak ditetapkan pada bulan Februari 2021, PT KAI menerapkan syarat naik kereta terbaru bagi penumpang, salah satunya adalah wajib menunjukkan surat sehat atau surat keterangan negatif dari salah satu jenis tes. Anda bisa memilih dari tiga tes yaitu, GeNose C19, Rapid Test Antigen dan Rapid Test PCR.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang menjadi syarat naik kereta terbaru 2021. Kali ini kami akan memberikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Informasi ini telah kami sesuaikan dengan data terbaru dan berita terupdate dari PT KAI.

1. Menunjukkan Surat Keterangan Negatif Covid

Jika sebelumnya PT KAI mewajibkan setiap penumpangnya untuk melakukan rapid test, baik Antigen maupun PCR, kini ada satu pilihan tes baru yaitu Genose C19. Anda bisa memilih salah satu dari tiga tes tersebut dan menunjukkan hasilnya ke petugas.

Peraturan ini mulai diberlakukan pada 9 Februari 2021, dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Ketentuan ini berlaku untuk perjalanan jarak jauh di Pulau Jawa dan Sumatera.
  • PT KAI menyediakan layanan tes Rapid Antigen dan Genose C19 untuk memudahkan penumpang memenuhi syarat naik kereta. Mengenai penjelasan daftar kereta, syarat dan harga test rapid Antigen dan tes Genose C19 bisa Anda cek pada link berikut.

 
 

  • Anda bisa menunjukkan hasil dari satu tes saja. Baik dari hasil Genose test, non reaktif rapid test Antigen, atau surat keterangan negatif dari Test SWAB PCR.
  • Waktu pengambilan sampel bisa dilakukan 3×24 jam sebelum jam keberangkatan. Dan untuk masa berlaku surat hasil tes nantinya dihitung sejak awal waktu Anda melakukan pengambilan sampel. Bukan saat surat hasil tes tersebut dikeluarkan.
  • Peraturan tes ini juga berlaku untuk anak-anak di atas 5 tahun

Anda akan diminta untuk menunjukkan surat keterangan negatif covid saat akan memasuki wilayah ruang tunggu pada stasiun keberangkatan.

2. Gunakan Masker yang Tepat

Saat melakukan perjalanan, penumpang wajib menggunakan masker yang menutup bagian hidung hingga mulut. Masker yang digunakan juga perlu sesuai dengan standar yang yaitu masker 3 lapis atau masker medis.

Agar semakin aman, pihak perkeretaapian juga menyediakan faceshield yang bisa Anda gunakan baik saat berada di stasiun keberangkatan, selama perjalanan hingga tiba di stasiun tujuan.

Bagi bayi berumur kurang dari 1 tahun sangat disarankan memakai face shield khusus yang nyaman untuk mengurangi potensi terkena virus.

3. Tidak diperkenankan makan, minum dan mengobrol

Pada peraturan yang tertulis, penumpang wajib memenuhi syarat untuk naik kereta yaitu dilarang untuk makan dan minum. Peraturan ini berlaku untuk penumpang kereta api yang akan melakukan perjalanan kurang dari 2 jam.

Namun terdapat pengecualian bagi penumpang yang diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan atau sedang dalam masa pemulihan.

Selain itu, penumpang disarankan untuk berbicara selama dalam perjalanan. Hal ini berlaku untuk komunikasi secara langsung maupun menggunakan telepon. Anda bisa menggunakan fitur chat sebagai alternatif untuk larangan tersebut.

4. Gunakan pakaian berlengan panjang

Penumpang kereta disarankan untuk menggunakan pakaian berlengan panjang atau outer dan jaket.

5. Siapkan persyaratan yang diperlukan dari jauh hari

Untuk bisa melakukan perjalanan, tentu banyak syarat naik kereta yang perlu Anda penuhi. Tidak ada salahnya untuk menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan jauh hari sebelum keberangkatan. Ini dapat meminimalisir ketertinggalan surat dan memudahkan Anda saat boarding.

Tips naik kereta saat pandemi

Melakukan perjalanan pada pandemi ini tentu akan berbeda jika dibandingkan dengan saat normal. Namun, kesehatan dan keselamatan kita kini menjadi lebih berharga dan tentu diperlukan adanya kerjasama antara pihak KAI dan penumpang.

Tetap taati protokol kesehatan yang ada dengan cuci tangan dan memberlakukan social distancing.

Itu tadi syarat naik kereta terbaru yang wajib untuk dipatuhi bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan. Pastikan Anda telah menyiapkan tiap syarat tersebut.

Last Updated on Maret 28, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top