Suroboyo Bus: Update Tarif 2022, Rute, dan Jadwal Perjalanan

Suroboyo Bus (Sumber : Wikipedia)
Daftar isi

Indonesia adalah negara yang memiliki tingkat penggunaan kendaraan umum yang rendah jika dibandingkan negara-negara lain. Masyarakat cenderung lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi, dibanding kendaraan umum. 

Meningkatnya volume kendaraan pribadi di jalan raya membuat pemerintah daerah harus mampu mengelola arus lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan. Salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas kendaraan umum, seperti yang ada di Surabaya, yakni Suroboyo Bus. 

Kali ini, Tiket Resmi akan membahas tentang bus modern yang beroperasi di Surabaya ini. Ingin tahu seperti apa fasilitas dan layanan bis ini? Simak penjelasannya di bawah!

Suroboyo Bus, Bis Kota Surabaya dengan Konsep Modern

Suroboyo Bus atau Bus Suroboyo adalah suatu layanan transportasi bus umum dengan fasilitas modern yang dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya. Simpelnya, bus ini adalah bus kota yang beroperasi di Kota Surabaya. Transportasi ini resmi diluncurkan pada tanggal 7 April 2018 dengan koridor awal berupa rangkaian loop koridor R1-R2 rute Terminal Purabaya-Rajawali. Saat ini, sudah ada 4 rute yang ditempuh dan 28 total armada yang beroperasi di Surabaya dan sekitarnya.

Layanan Suroboyo Bus adalah bentuk perwujudan Pemerintah Kota Surabaya dalam melaksanakan program lingkungan hidup sekaligus memenuhi kebutuhan kendaraan umum. Layanan ini memiliki tujuan untuk mengurangi dampak sampah plastik bagi lingkungan perkotaan Surabaya serta mengurangi polusi dari kendaraan pribadi. Pemerintah Kota memberi sebuah fasilitas dimana masyarakat dapat memanfaatkan sampah untuk mendapat tiket Suroboyo Bus.

Artikel Terkait

Armada dari Bus Suroboyo ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang modern dan canggih sehingga membuat penumpang merasa aman dan nyaman ketika menggunakan bus kota Surabaya ini, bahkan fasilitas dari Bus Suroboyo sudah setara dengan Shuttle Bus maskapai penerbangan lokal. Setiap bus akan dipandu oleh seorang helper yang juga bertugas sebagai kondektur tiket. Layanan dari Bus Suroboyo juga sudah menggunakan sistem cerdas yang membantu sistem manajemen perjalanan setiap armadanya secara otomatis.

Bus yang digunakan memiliki kapasitas sebanyak 67 penumpang dan terbagi dalam tiga jenis kursi yang memiliki fungsinya masing-masing. Kursi warna merah diperuntukkan bagi lansia dan disabilitas. Kursi warna merah muda diperuntukkan bagi penumpang perempuan. Kursi Jingga diperuntukkan bagi penumpang secara umum, baik laki-laki atau perempuan. Hal ini bertujuan untuk menghindari tindak pelecehan seksual di dalam bus. Bus Suroboyo juga menyediakan pegangan bagi penumpang yang berdiri dan area khusus bagi pengguna kursi roda.

Jadwal & Jam Operasional Suroboyo Bus

Jadwal Suroboyo Bus beroperasi adalah setiap hari. Sedangkan jam operasionalnya berlangsung dari pukul 06.00 sampai 22.00 WIB. Jadi, jika anda ingin menggunakan Bus Suroboyo sebagai kendaraan sehari-hari, anda perlu tahu bahwa bus terakhir beroperasi pada pukul 22.00 WIB.

Daftar Halte Suroboyo Bus

Bus Kota Surabaya ini sudah beroperasi dari 2018, sampai saat ini halte Suroboyo Bus berjumlah 98 pemberhentian. Berikut adalah halte yang dilalui pada setiap rute Suroboyo Bus :

  1. Rute R1/R2

Rute R1/R2 melewati 24 pemberhentian dimulai dari Halte Rajawali-Jembatan Merah-Veteran-Halte Tugu Pahlawan-Halte Alun Alun Contong-Halte Siola-Halte Tunjungan-Simpang Dukuh-Gubernur Suryo-Halte Panglima Sudirman-Halte Sono Kembang-Halte Urip Sumoharjo-Halte Santa Maria-Halte Darmo Halte Marmoyo-Halte Joyoboyo-Halte RSAL-Halte Margorejo-Halte UIN-Halte Siwalankerto-Halte Kertomenanggal dan berakhir di Terminal Purabaya.

  1. Rute R5/R6

Rute R5/R6 mempunyai 20 perhentian yang dimulai dari Halte Kenpark-Halte Superindo-Halte Rsia 2-Halte Kalijudan 2-Halte Mulyorejo 2-Halte Unair 2-Halte Galaxy 2-Halte Kertajaya Indah-Halte Its-Halte Rs Haji 2-Halte Kopertis- Halte Univ. Katolik Darma Cendekia-Halte Semolowaru 2- Halte Semampir- Halte Stikom- Halte Pandugo 2- Halte Penjaringan Asri- Halte Rungkut Madya 2- Halte Gunung Anyar Lor 2 dan berakhir di Halte Gunung Anyar Timur 2.

  1. Rute R7/R8

Rute R7/R8 melewati 17 pemberhentian mengawali perjalanan dari Halte Yono Suwoyo 2-Halte Graha Family-Babatan 2-Griya Babatan Mukti 2- Dukuh Karangan- Pondok Rosan 2- Taman Mozaik 2- Kecamatan Wiyung 2-Keramat- Gemol 2- Gogor 2- Mastrip 2- Pasar Ikan 2- Marmoyo- Halte Joyoboyo 2 dan berakhir di Terminal Intermoda Joyoboyo.

  1. Rute SBT

Rute SBT melalui 21 pemberhentian mulai dari Pirngadi- Halte Alun Alun Contong- Halte Siola- Halte Tunjungan- Simpang Dukuh- Gubernur Suryo- Halte Panglima Sudirman- Halte Sono Kembang- Urip Sumoharjo- Halte Santa Maria- Darmo- Marmoyo- Halte Joyoboyo 2- Halte Rsal- Halte Margorejo- Halte Wonocolo- Halte Uin- Halte Jemur Ngawinan- Siwalankerto 2- Kertomenanggal dan kemudian berakhir di Terminal Purbaya.

Tarif Suroboyo Bus

Untuk menggunakan Suroboyo Bus, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 untuk masyarakat umum dan Rp2.500 untuk mahasiswa atau pelajar. Namun, jika anda tenaga pendidikan, guru, pegawai kecamatan, dan pegawai kelurahan, anda tidak akan dikenakan biaya atau tarif sama sekali, alias gratis, dengan syarat menunjukkan bukti identitas anda sebagai pegawai instansi tersebut. Saat ini Dinas perhubungan Surabaya sudah meluncurkan sistem pembayaran menggunakan kartu e-money sehingga penumpang hanya perlu menempelkan kartu pada alat pembayaran.

Selain membayar secara langsung menggunakan uang, penumpang juga dapat membayar dengan cara memberikan sampah plastik. Sampah plastik dengan jumlah yang sudah ditentukan akan dikonversi menjadi 1 tiket Bus Suroboyo. Untuk tempat penukaran sampah sendiri sudah tersebar di seluruh penjuru Kota Surabaya. Berikut adalah daftar lokasi penukaran botol Suroboyo Bus

Lokasi Penukaran Sampah Plastik (Sumber : Wikipedia)

Tentang Aplikasi Suroboyo Bus

Suroboyo Bus adalah layanan kendaraan umum dengan teknologi yang canggih dan modern. Dinas Perhubungan Surabaya melengkapi layanan bus dengan aplikasi GoBis(Golek Bis) yang dirilis pada tanggal 7 Mei 2018 sebagai langkah untuk mendukung kinerja Bus Suroboyo sekaligus memudahkan penumpang dalam menggunakan layanannya. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari app store. Aplikasi ini akan membantu anda untuk mengetahui pergerakan bis serta jarak tempuh setiap halte secara real-time. Dalam aplikasi Gobis tersedia timetable yang menunjukkan jadwal bus, halte, dan rute sehingga memudahkan penumpang untuk mengetahui bus mana yang sesuai dengan tujuannya.

Terdapat fitur-fitur tambahan yang ada dalam aplikasi ini, seperti :

  1. Fitur “menunggu di halte” untuk melacak posisi bus terdekat yang menggunakan QR Code
  2. Peta lokasi tempat penukaran sampah plastik
  3. Destinasi pariwisata Kota Surabaya
  4. UMKM unggulan
  5. Informasi rute bus kota serta angkutan kota
Aplikasi GoBis (Sumber : JawaPos)

Baca Juga : Agen Bus Sinar Jaya

Demikian informasi mengenai Suroboyo Bus. Apakah Anda tertarik untuk mencoba transportasi umum dengan fasilitas dan layanan yang modern ini? Merasakan pengalaman menggunakan bus dengan standar internasional yang sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan modern mampu memberikan kesan perjalanan yang bagus untuk Anda. Perjalanan Anda di Surabaya akan terasa lebih aman dan nyaman dengan Suroboyo Bus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *