1. Kereta Api

Kereta Api Sembrani

Kereta Api Sembrani merupakan rangkaian Kereta Api kelas Eksekutif dan Luxury yang dioperasikan oleh PT KAI Daerah Operasi VIII Surabaya. Rute yang dilalui adalah Surabaya Pasar Turi – Gambir dan sebaliknya. Kereta Sembrani memiliki beberapa fasilitas unggulan antara lain pijakan kaki yang nyaman, meja lipat, lampu tidur, selimut dan bantal.

Jadwal Kereta Api Sembrani

Agar anda tidak terlewat dalam jadwal kereta, perencanaan pembelian tiket dan kedatangan kereta api, berikut kami sajikan jadwal Kereta Api Sembrani :

Surabaya Pasar Turi – Gambir

StasiunWakktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Surabaya Pasarturi17.30
Lamongan18.0518.08
Bojonegoro18.5919.02
Cepu19.3219.40
Semarang Tawang21.3021.45
Pekalongan22.5623.00
Tegal23.4723.54
Cirebon00.5000.57
Jatinegara03.3703.46
Gambir03.55

Gambir – Surabaya Pasar Turi

StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Gambir19.00
Cirebon21.5622.03
Tegal23.0223.08
Pekalongan23.5323.56
Semarang Tawang01.1001.21
Cepu03.0903.14
Bojonegoro03.4303.46
Lamongan04.3504.38
Surabaya Pasarturi05.15

Setelah diterapkannya era new normal oleh pemerintah, calon penumpang wajib mematuhi peraturan yang berlaku.

  1. Pastikan anda menggunakan masker
  2. Cuci tangan sebelum dan setelah naik kereta
  3. Membawa handsanitizer pribadi
  4. Menaati peraturan yang ada.

Beberapa Persyaratan Surat atau Dokumen yang perlu anda siapkan diantaranya :

Artikel Terkait

  1. Surat pernyataan sehat dari puskesmas / dokter
  2. Rapid Test
  3. KTP
  4. SIKM (Surat Izin Keluar Masuk) Jakarta**

**syarat ini khusus untuk perjalan menuju / dari Jakarta. Cek juga cara membuat SIKM.

Fasilitas Kereta Api

Kereta Api Sembrani menyiapkan fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang. Gunakan fasilitas dengan bijak dan patuhi peraturan di dalam kereta. Berikut daftar fasilitas yang akan anda dapatkan :

AC

Toilet

Stop Kontak

Kaca Panorama

Tirai Jendela

Selimut

Sandaran Kaki

Cara membeli tiket

Untuk menikmati perjalanan dengan Kereta Api Sembrani, anda bisa membeli tiket pada Aplikasi Akses / website KAI official, atau telah tersedia pula Online Ticket Agent yang telah menjadi situs pembelian tiket online mitra. Mengenai cara pembayaran dan pembatalan, telah kami bahas pada artikel berikut ini :

Informasi Menarik

Asal Nama

Sembrani merupakan gambaran dari seekor kuda yang memiliki sayap sehingga bisa terbang dan sangat berani. Kuda Sembrani merupakan salah satu tokoh dari cerita legenda/hikayat yang ada di Jawa. Ia merupakan transportasi bagi keluarga kerajaan yang dapat sampai tujuan dengan cepat dan mudah. Diharapkan kereta Sembrani dapat menjadi perlambangan kereta yang cepat, lincah dan kuat.

Sejarah

Kereta api Sembrani pertama kali dioperasikan pada tanggal 1 Oktober tahun 1995. Kereta ini pada awalnya merupakan hasil pembaharuan dari kereta api Mutiara Utara yang telah beroperasi sebelumnya. Namun pada kala itu Kereta api Sembrani kurang memuaskan masyarakat karena menggunakan rangkaian kereta buatan tahun 1950 dengan fasilitas kursi yang kurang nyaman. Lalu, pada tahun 2010 KA Sembrani mulai beroperasi menggunakan rangkaian kereta terbarunya yang dibuat oleh Balai Yasa Manggarai. Rangkaian tersebut dilengkapi dengan kaca yang berbentuk seperti kaca pesawat.

Sejak tahun 2016 kereta api Sembrani menerima rangkaian kereta eksekutif keluaran tahun 2016 buatan PT INKA sebanyak salah satu rangkaiannya. KA Sembrani mengalami perpindahan pada tahun 2019, dari DAOP I Jakarta ke DAOP VIII Surabaya beserta rangkaian keretanya yang di mutasi dari Dipo kereta Jakarta Kota menuju ke Dipo kereta Surabaya Pasar Turi. 

Stamformasi Kereta

  1. Lokomotif CC206
  2. 1 kereta pembangkit (P)
  3. 4 kereta eksekutif (K1 SBI)
  4. 1 kereta makan (M1 SBI)
  5. 4 kereta eksekutif (K1 SBI)
  6. 1 kereta kelas luxury (K1 2019)

Informasi Kereta Lainnya

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kereta Api Sembrani

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]

    Trending