Cara Mengurus STNK Hilang 2020

1 min read

Salah satu hal yang membuat kesal para pengendara saat berkendara adalah mengalami kejadian STNK hilang. STNK adalah surat-surat kelengkapan yang harus ada ketika Anda sedang bepergian, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Ketika Anda menyadari surat berkendara tersebut hilang, maka sebaiknya segera untuk mengurusnya melalui ke kantor samsat terdekat. Untuk mengetahui cara mengurus STNK hilang dan berapa kisaran biayanya, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Syarat Mengurus STNK Hilang 

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengendara, sudah disesuaikan dengan peraturan yang ada di website resmi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Syarat mengurus stnk hilang diantaranya adalah: 

  1. Mengisi formulir permohonan.
  2. Membuat laporan kehilangan STNK di kantor polisi terdekat di wilayah Anda 
  3. Cek fisik kendaraan yang sudah dilegalisir. 
  4. Foto Copy BPKB dan legalisir dari leasing. 
  5. Surat keterangan leasing.
  6. Identitas pemilik. 

Prosedur Mengurus STNK Hilang

Setelah Anda sudah melengkapi kelengkapan dokumen-dokumen tersebut, maka langkah selanjutnya yakni cara mengurus STNK hilang sesuai dengan prosedur dari Kepolisian. 

1. Pengecekan Fisik Kendaraan

Ketika Anda mendatangi kantor samsat, maka akan dilakukan pengecekan fisik kendaraan. Setelah itu jangan lupa untuk foto copy hasil tes fisik tersebut. 

2. Isi Formulir Pendaftaran 

Pastikan Anda mengisi data diri di formulir pendaftaran ini secara lengkap dan sebenar-benarnya. 

3. Mengurus Cek Blokir

Hal ini perlu dilakukan untuk mengecek keabsahan dari STNK milik Anda. Apakah surat Anda sedang dalam pencarian atau diblokir oleh institusi tertentu. 

4. Mengurus Pembuatan STNK Baru

Setelah Anda mengurus cek blokir, langsung saja menuju ke bagian loket untuk menyerahkan beberapa persyaratan seperti data diri dan surat kehilangan STNK dari Samsat. 

5. Membayar Pajak Motor dan Pembuatan STNK Baru

Apabila pengendara belum membayar pajak tahunan, sebaiknya melakukan pembayaran terlebih dahulu. Namun, jika Anda sudah membayarnya, maka bisa langsung untuk membayar biaya pembuatan surat tanda nomor kendaraan (STNK) baru. 

6. Mengambil STNK dan SKPD

Merupakan proses terakhir dalam mengurus STNK hilang. Anda tinggal menunggu antrian dalam mengambil STNK dan surat ketetapan pajak daerah (SKPD). 

Biaya STNK Hilang

Untuk mengurus biaya STNK hilang, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Karena harganya relatif terjangkau dan sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2010:

Jenis KendaraanBiaya
Roda 2, Roda 3, Angkutan UmumRp50.000
Roda 4Rp75.000
Pengesahan STNKGratis
Biaya mengurus STNK Hilang 2020

Itulah informasi mengenai syarat dan cara mengurus STNK hilang serta berapa kisaran biaya administratifnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan atau pengetahuan Anda. Cek info menarik lainnya hanya di Tiket Resmi.

Last Updated on November 3, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *