Cara Cek Pajak Motor Online di Wilayah Indonesia 2022

Alvina Vivian Wardhani
Alvina Vivian Wardhani
I am a content writer. SEO is the basis for my content writing. My main interest is education and health.
Cek Pajak Motor 2022
Bayar pajak motor online kini dapat dilakukan dimana saja. Cek cara menghitung pajak, denda telat dan syarat bayar pajak motor online disini!
Daftar isi

Membayar pajak motor kini tidak harus dilakukan dengan mendatangi Kantor SAMSAT. Teknologi yang sudah maju memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi hingga mengetahui detail pembayaran. Sebelum masuk membayar pajak, ada baiknya bagi Anda untuk melakukan beberapa cara cek pajak motor online berikut.

Mengapa? Menerapkan cara cek pajak motor online akan memudahkan Anda dalam mengetahui nominal yang perlu dibayarkan. Selain itu, Anda juga menghemat waktu serta lebih siap ketika akan membayar pajak motor.

Proses cara cek pajak motor online tersedia dalam beberapa jenis, yaitu melalui aplikasi, webite atau melalui sms. Kemudian, pengecekan ini dibagi lagi ke beberapa daerah yang ada di indonesia.

Cara Cek Pajak Motor Online

Cara cek pajak motor online ada beberapa pilihan. Anda bisa mengecek berapa biaya pajak yang harus Anda bayarkan secara online melalui situs Samsat, SMS dan aplikasi e-samsat atau SAMOLNAS

Cara Cek Pajak Motor Online Melalui Situs Samsat

Situs Samsat berbeda antara daerah satu dengan yang lainnya, simak cara cek pajak motor online melalui situs Samsat DKI Jakarta dan Jawa Barat di bawah ini

Artikel Terkait

DKI Jakarta

  1. Masuk ke website Samsat DKI Jakarta di link samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  2. Anda akan diminta untuk mengisi data nomor polisi kendaraan dan NIK di kolom yang disediakan.
  3. Setelah terisi semuanya, klik tombol proses.
  4. Setelah Anda klik tombol proses, Anda langsung bisa melihat informasi nominal pajak yang mesti dibayarkan.

Peringatan: Nominal yang ditampilkan belum termasuk denda keterlambatan (jika Anda terlambat) dan juga belum termasuk tarif pajak progresif.

Jawa Barat

  1. Masuk ke website bapenda.jabarprov.go.id/
  2. Cari menu ‘Samsat’ pada bagian atas website kemudian pilih ‘Info Pajak Kendaran’ pada yang terletak di sub kategori paling atas.
  3. Anda akan diminta mengisi data nomor polisi kendaraan dan warna TNKB yang terdapat pada STNK di kolom yang disediakan.
  4. Masukkan kode captcha yang tertera pada layar lalu klik proses.
  5. Setelah Anda klik tombol proses, Anda langsung bisa melihat informasi kendaraan dan nominal pajak yang mesti dibayarkan.

Situs Wilayah Lain

Tidak semua wilayah di Indonesia memiliki situs Samsat sendiri, wilayah lain yang memiliki situs Samsat sendiri diantaranya:

  • Jawa Timur

Jika Anda berdomisili di Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi situs Samsat Jawa Timur melalui link berikut ( E-Samsat Jatim (dipendajatim.go.id )

  • Aceh

Cara cek pajak motor online bagi Anda yang berada di Aceh bisa melalui situs Samsat Aceh pada link berikut ( E-samsat Aceh (acehprov.go.id) )

  • Riau

Riau juga memiliki situs sendiri yang dapat Anda kunjungi di situs Samsat Riau di link berikut (badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/)

  • Kepulauan Riau

Selain Riau, wilayah Kepulauan Riau juga telah memiliki situs samsat sendiri yang bisa Anda kunjungi di link berikut (BP2RD PROVINSI KEPRI)

Cara Cek Pajak Motor Melalui SMS

Cara cek pajak motor melalui SMS belum diterapkan di seluruh wilayah di Indonesia. Layanan ini hanya bisa digunakan bagi Anda yang tinggal di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur saja. Tiap daerah memiliki formal penulisan SMS yang berbeda-beda.

DKI Jakarta

  • Ketik *368#
  1. Kemudian pilih menu 1. Polda Metro Jaya
  2. Setelah itu pilih menu 2. Info Pajak Ranmor
  3. Silahkan tulis nomor kendaraan Anda lalu klik OK/Kirim

Layanan pada nomor *368# ini dapat digunakan juga untuk daerah Sumatera Utara.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengirimkan SMS dengan format:

Ketik METRO [spasi] Nomor polisi kendaraan kirim ke 1717

Jawa Barat

Bagi Anda yang berada di Jawa Barat bisa mengirimkan SMS dengan format:

Ketik poldajbr [spasi] nomor polisi kendaraan kirim ke 3977

Jawa Timur

Untuk wilayah Jawa Timur, Format yang digunakan sebagai berikut:

Ketik JATIM [spasi] nomor polisi kendaraan kirim ke 7070

Cara Cek Pajak Motor Online Melalui Aplikasi

Pengecekan pajak motor secara online melalui aplikasi dapat dilakukan di aplikasi Samsat Online Nasional (SALMONAS). Langkah-langkah yang dilakukan sama seperti langkah cara bayar pajak motor online seperti yang telah diulas di atas. 

Pertama-tama Anda perlu melakukan pendaftaran di aplikasi kemudian mengikuti alur instruksi pengisian data diri. Anda Akan langsung diberikan informasi mengenai jumlah nominal yang harus dibayarkan sekaligus mendapatkan kode bayar untuk segera melanjutkan pembayaran.

Beberapa ulasan diatas merupakan cara cek pajak motor online yang dapat Anda lakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus. mengunjungi kantor Samsat. Selain mengetahui cara cek pajak motor, Anda juga harus tahu bagaimana cara menghitung pajak motor yang Anda miliki. Berikut penjelasan cara menghitung pajak motor.

Cara Menghitung Pajak Motor Online

Cara menghitung pajak motor berdasarkan kepada ketentuan PPnBM dari pembelian kendaraan bermotor yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 yang berisi tentang barang kena pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah tersebut, tarif pajak yang dikenakan pada penjualan atas barang mewah kendaraan bermotor angkutan orang sebesar 15-70% dari harga jual

Selain pajak pembelian, pemilik kendaraan juga harus membayar pajak progresif dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) setiap tahunnya selama pemakaian.

Tarif Pajak Progresif Motor

Cara menghitung pajak motor juga dilihat dari tarif pajak progresif. Perhitungan pajak progresif motor ini diatur dalam Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah No. 28 Tahun 2009. Dikatakan sebagai tarif progresif, karena pengenaan pajak kendaraan ini bersifat progresif berdasarkan tingkat kepemilikan. Tarif yang dikenakan untuk kendaraan kedua, ketiga dan seterusnya akan terus bertambah 0,5%.

Sesuai dengan Pasal 6 Undang-Undang PDRD, tarif pajak progresif kendaraan bermotor ditetapkan sebesar:

  1. Untuk kendaraan pertama dikenai pajak progresif sebesar 1-2% dari harga kendaraan.
  2. Untuk kendaraan kedua, ketiga, keempat dan seterusnya dikenai pajak progresif sebesar 2-10% dari harga kendaraan.

Besaran Tarif SWDKLLJ 

Berikut besaran tarif SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang harus dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor berdasarkan PP No, 36 Tahun 2008 tentang Besar Satuan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan:

  1. Untuk sepeda motor dibawah 50 cc dibebaskan dari tarif SWDKLLJ
  2. Untuk sepeda motor roda dua dan roda tiga diatas 50-250 cc dikenai tarif sebesar Rp35.000
  3. Untuk sepeda motor diatas 250 cc dikenai tarif sebesar Rp83.000

Demikian cara menghitung pajak motor berdasarkan dari jenis-jenis pajaknya. Perlu diingat lagi bahwa setiap pembayaran pajak akan dikenai jatuh tempo, setiap pembayaran yang lewat dari jatuh tempo maka akan dikenai denda telat bayar pajak motor.

Untuk mengetahui denda telat bayar pajak motor, Anda bisa membaca panduan lengkapnya pada artikel panduan cara bayar pajak motor online.

Itulah pembahasan mengenai bagaimana cara cek pajak motor online di Jakarta, Jawa Barat dan kawasan lain. Temukan informasi menarik di dunia transportasi lainnya hanya di Tiket Resmi.

Baca Juga : Cara Bayar Pajak Motor Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *