Arti Refund dan Caranya dalam Pembelian Tiket Kereta Api

Alvina Vivian Wardhani
Alvina Vivian Wardhani
I am a content writer. SEO is the basis for my content writing. My main interest is education and health.
Cara Refund Tiket Kereta Api
Dalam bidang transportasi, refund adalah pengembalian dana atas pembatalan rencana perjalanan. Bagaimana cara refund tiket kereta? Simak artikel berikut.
Daftar isi

Perkembangan transaksi digital menawarkan berbagai kemudahan, salah satunya dalam bidang transportasi seperti pada pemesanan tiket kereta api. Dari proses pembelian hingga pengajuan refund atas tiket yang telah terlanjur dibeli, semua dapat dilakukan secara online. Dalam istilah transaksi jasa transportasi, refund adalah pengembalian dana atas pembatalan rencana perjalanan. Lalu bagaimana cara refund tiket kereta? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Sistem Refund

Tidak terbatas dalam bidang transportasi, refund juga dapat dilakukan pada transaksi jual beli barang dan jasa lain. Secara umum, sistem refund artinya konsumen dapat menerima kembali uang setelah mengajukan pembatalan sesuai dengan ketentuan tertentu. Dalam transaksi pembelian barang, mayoritas penyebab pengajuan refund adalah barang yang diterima rusak atau tidak sesuai spesifikasi penawaran.

Refund tiket kereta api atau transportasi lain dilakukan sebelum konsumen menerima layanan karena terjadi perubahan rencana perjalanan. Refund adalah layanan yang hanya diberikan sesuai perjanjian awal. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi, calon konsumen perlu memahami ketentuan yang berlaku.

Fungsi Refund

Dengan menerapkan sistem pengembalian dana, penjual memberikan kesempatan bagi konsumen untuk membatalkan transaksi. Meskipun nampak membebani penjual, kebijakan refund adalah salah satu strategi mempertahankan hubungan baik dengan konsumen. Pengalaman berbelanja yang positif akan mendorong konsumen mengulangi pembelian pada marketplace tersebut. Selain itu, beberapa negara mewajibkan jaminan pengembalian dana untuk menjaga hak konsumen dari kemungkinan kerugian akibat penjual yang kurang bertanggung jawab atau kualitas produk yang buruk.

Refund Tiket Kereta

Pengajuan Refund tiket kereta lokal maupun antar kota dapat dilakukan oleh calon penumpang, kecuali pada pembelian kursi kelas eksekutif M, X, W, Y, U, dan Z dengan harga promo. Untuk lebih mengenal sistem dan cara refund tiket kereta api, kami ringkas informasinya dalam daftar berikut:

Artikel Terkait

1. Syarat dan Ketentuan Refund Tiket Kereta

  1. Pemohon refund adalah penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access.
  2. Refund tiket kereta melalui KAI Access dapat dilakukan selambatnya 3 jam sebelum keberangkatan dengan ketentuan kode booking berstatus paid dan belum mencetak boarding pass. Apabila melewati batas waktu tersebut, maka refund dilakukan di loket pembatalan stasiun.
  3. Pajak refund artinya pengenaan biaya pembatalan sebesar 25% dari harga tiket kereta api dan tidak termasuk harga tambahan pemesanan.
  4. Refund tiket kereta dilakukan melalui skema transfer bank. Dana dikirimkan ke rekening salah satu penumpang dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Data yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
  5. Apabila terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan, maka proses refund tiket kereta akan ditolak sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
  6. Reservasi tiket kereta melalui platform selain KAI Access dapat melakukan refund dengan memasukkan kode booking ke menu My Trip di aplikasi KAI Access.
  7. Informasi lebih lanjut dapat dengan menghubungi Contact Center (021) 121 atau email [email protected]

2. Cara Refund Tiket Kereta Api

Sebagaimana dalam ketentuan di atas, pengajuan refund tiket kereta dapat dilakukan secara online dan offline. Pengajuan secara daring dilakukan paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau marketplace tempat reservasi tiket. Sementara itu, pada sistem luring, refund dapat diajukan maksimal 30 menit sebelum jadwal pemberangkatan kereta di loket customer service stasiun tertentu. Pahami cara refund tiket kereta api melalui laman ini.

Daftar stasiun tempat melakukan refund tiket kereta:

Daop 1 JakartaStasiun Rangkasbitung, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Cikampek, Stasiun Gambir, Stasiun Serang, dan Stasiun Pasar Senen.
Daop 2 BandungStasiun Banjar, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Bandung, Stasiun Tasikmalaya, dan Stasiun Purwakarta.
Daop 3 CirebonStasiun Jatibarang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Cirebon, dan Stasiun Brebes.
Daop 4 SemarangStasiun Tegal, Stasiun Cepu, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, dan Stasiun Pekalongan.
Daop 5 PurwokertoStasiun Cilacap, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Purwokerto, dan Stasiun Kroya.
Daop 6 YogyakartaStasiun Lempuyangan, Stasiun Yogyakarta, dan Stasiun Solo Balapan.
Daop 7 MadiunStasiun Blitar, Stasiun Jombang, Stasiun Kediri, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Madiun.
Daop 8 SurabayaStasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Mojokerto, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan Stasiun Malang.
Daop 9 JemberStasiun Jember, Stasiun Kalibaru, Stasiun Pasuruan, Stasiun Probolinggo, dan Stasiun Banyuwangi Baru.
Divre I Sumatera UtaraStasiun Kisaran, Stasiun Tebing Tinggi, Stasiun Siantar, Stasiun Medan, Stasiun Tanjungbalai, dan Stasiun Rantau Prapat.
Divre II Sumatera BaratStasiun Padang.
Divre III PalembangStasiun Prabumulih, Stasiun Lubuk Linggau, dan Stasiun Kertapati.
Divre IV TanjungkarangStasiun Tanjungkarang, Stasiun Kotabumi, dan Stasiun Baturaja.

3. Waktu Pengiriman Refund Tiket Kereta

Apabila memenuhi ketentuan, waktu pemrosesan refund adalah 30 – 45 hari setelah calon penumpang menyelesaikan prosedur pengajuan. Tentunya jumlah yang dikembalikan akan dipotong sebanyak 25% sebagai pajak pembatalan. Uang tersebut dapat diberikan secara langsung atau dikirim ke nomor rekening bank penumpang yang telah dimasukkan ke dalam sistem. Pengambilan dana sejatinya perlu dilakukan secara langsung oleh penumpang, namun proses ini juga dapat diwakilkan orang lain dengan membawa surat kuasa bermaterai.

Pengembalian dana atau refund adalah sistem yang memberikan keringanan bagi calon penumpang kereta api. Namun, penumpang tetap perlu memahami bahwa sistem ini tidak berlaku pada semua jenis perjalanan. Untuk meminimalisir resiko, Anda dapat terlebih dulu membaca ketentuan yang berlaku sebelum melakukan transaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *