Rincian Gaji Masinis Kereta Api Indonesia serta Tunjangannya

Gaji Masinis Kereta Api (Sumber: Wikipedia)
Daftar isi

Masinis adalah salah satu pekerjaan yang menjadi dambaan di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Tiket Resmi akan membahas tentang profesi, syarat-syarat serta gaji masinis kereta api. Simak penjelasan selengkapnya hanya di Tiket Resmi!

Mengenal Profesi Masinis

Sebelum membahas tentang gaji masinis, Tiket Resmi akan menjelaskan tentang profesi masinis. Masinis adalah seorang pemimpin perjalanan kereta api serta petugas yang mengoperasikan kereta api. Masinis berasal dari kata dalam bahasa Belanda “Machinist” yang berarti juru mesin.

Nama ini diambil karena pada awalnya juru mesin bertugas untuk menjalankan kereta. Selain itu masinis juga memiliki asisten yang membantunya untuk mengoperasikan lokomotif kereta api.

Masinis memiliki tugas untuk memperlambat, mempercepat, menghentikan serta menjalankan kereta api. Seorang masinis juga harus mematuhi atau mengikuti sinyal kereta api serta arahan dari stasiun. Ditambah lagi, masinis harus menjamin keselamatan para penumpangnya.

Gaji Masinis dan Tunjangannya

Edi Sukmoro, Direktur PT.KAI, mengatakan bahwa gaji masinis KAI dapat mencapai Rp 12 juta per bulan. Angka gaji masinis tersebut dapat dikatakan cukup tinggi jika dibandingkan gaji masinis di tahun-tahun sebelumnya yang hanya menyentuh angka Rp 3 juta per bulan saja. Rincian gaji pokok masinis juga tidak jauh berbeda dengan gaji pokok dari pegawai negeri sipil (PNS). 

Artikel Terkait

Selain gaji, masinis juga mendapatkan berbagai tunjangan layaknya karyawan negara pada umumnya.Tunjangan tersebut berada di luar gaji masinis dan memiliki rincian yang beragam. Berikut adalah rincian gaji dan tunjangannya:

  • Gaji Pokok Rp 12 juta per bulan
  • Tunjangan anak istri 10% dari gaji pokok maksimal 3 orang
  • Uang tambahan, untuk lulusan SMA sebesar Rp 200.000 per bulan dan untuk lulusan S1 sebesar Rp 600.000 per bulan
  • Uang perjalanan dinas: Rp 375 ribu per bulan
  • Tunjangan resiko sebagai Masinis: Rp 1 juta/bulan
  • Uang premi awak kereta api (tergantung jabatan)
  • Tunjangan Jabatan Struktural
  • Tunjangan transportasi
  • Tunjangan penampilan
  • Tunjangan rekreasi
  • Tunjangan rumah
  • Tunjangan kesehatan.

Selain beberapa rincian yang sudah disebutkan, masinis juga mendapatkan tunjangan resiko sebesar Rp 1 juta di luar gaji masinis ketika masa awal bekerja. Tidak hanya itu, masinis juga mendapat uang perjalanan dinas sebesar Rp375.000.

Gaji yang cukup tinggi tersebut sesuai dengan tuntutan pekerjaan dan tanggung jawabnya. Masinis perlu menjaga keamanan perjalanan penumpang serta mengoperasikan kereta supaya datang tepat waktu. 

Jika seorang masinis tidak dapat menjalankan tanggung jawabnya ini, masinis dapat langsung dicabut atau mendapat sanksi besar. Pekerjaan sebagai masinis bukan pekerjaan yang kecil dan sepele seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Gaji masinis memang tidak sebesar gaji pilot tapi kedua profesi ini sama-sama bertanggung jawab atas keamanan para penumpang selama perjalanan.

Syarat Menjadi Masinis

Setelah mengetahui gaji masinis, Anda tentu penasaran dengan syarat-syarat untuk menjadi masinis PT.KAI. Berikut adalah persyaratan yang tertulis laman resmi PT.KAI:

  1. Memiliki Kewarganegaraan Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun untuk pendidikan tingkat SMA
  3. Usia minimal 22 tahun dan maksimal 30 tahun untuk pendidikan tingkat Diploma
  4. Laki-laki ,sehat jasmani dan rohani secara medis
  5. Berkelakuan baik.
  6. Tidak bertindik
  7. Bebas narkoba
  8. Bersedia ditugaskan di wilayah mana saja di Indonesia
  9. Tidak memiliki hubungan pernikahan dengan karyawan PT KAI lainnya

Fakta Menarik Gaji Masinis

Seperti Anda ketahui, masinis adalah pekerjaan yang berada di bawah naungan PT.KAI. PT.KAI adalah salah satu badan usaha milik negara. Dapat disimpulkan bahwa masinis adalah pegawai negara. Gaji ini bertahan sampai hari tua. Ketika pensiun, gaji tersebut akan terus mengalir dengan berbagai ketentuan serta faktor tertentu.

Faktor-faktor yang mempengaruhi gaji masinis setelah pensiun  mencakup lama masa kerja, tingkat jabatan, serta gaji pokok ketika masih aktif sebagai masinis. Pensiunan ini akan diberikan sesuai ketentuan yang berlaku dan ditinjau terlebih dahulu. Masinis tidak perlu cemas setelah pensiun karena pemasukan akan masih mengalir 

Tahapan Menjadi Masinis

Gaji masinis yang besar juga setara dengan prosesnya ketika mendaftar menjadi seorang masinis. Anda harus melewati beberapa program terlebih dahulu. Sebelum memulai pendidikan selama kurang lebih 6 bulan sampai 1 tahun dan menjadi asisten masinis, Anda perlu melewati beberapa tahapan pendaftaran sebagai berikut:

1. Administrasi

Tahap pertama tentu saja adalah melengkapi syarat-syarat administrasi. Calon masinis perlu memasukkan KTP, ijazah, serta dokumen-dokumen pendukung secara online. Berkas tersebut akan ditinjau dan kemudian berlanjut ke tahap selanjutnya.

2. Seleksi Kesehatan Awal 

Seleksi awal kesehatan ini mengharuskan calon masinis untuk datang ke Unit Kesehatan PT.KAI dalam menjalani pemeriksaan berat, tinggi, kesehatan mata, telinga, serta gigi. Jika lolos, calon masinis akan melanjutkan ke tahap tes psikologi.

3. Tes Psikologi

Seperti yang sudah tertulis dalam syarat, masinis harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Calon masinis akan diminta untuk melakukan tes psikologi dengan cara menyelesaikan berbagai soal yang dapat menyatakan sehat secara psikologi. Soal tes juga tidak berbeda dengan psikotes lainnya.

4. Wawancara 

Setelah berhasil di tes psikologi, calon masinis kemudian akan melakukan tahap wawancara. Biasanya calon masinis akan diminta membawa dokumen asli seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, dan CV.

5. Seleksi kesehatan akhir 

Setelah melewati semua tahap seleksi, calon masinis akan menjalani seleksi kesehatan secara menyeluruh mencakup pemeriksaan mata, elektrokardiografi, darah, cek urine, rontgen, dan lain-lain. Setelah menjalankan semua seleksi tersebut, calon masinis tinggal menunggu keputusan dari PT.KAI.

Baca Juga: KA Bima: Rute, Tarif, dan Jadwal Keberangkatan [UPDATE 2022]

Demikian pembahasan Tiket Resmi tentang tugas, syarat, sampai gaji masinis. Masinis bukanlah pekerjaan yang mudah karena masinis bertanggung jawab atas keselamatan dan keamanan penumpang kereta. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *