Harga Tiket Bus Ramayana, Jadwal, & Kontak Agen 2022

Bus Ramayana dengan ciri khas berwarna ungu dan putih (Sumber: Instagram)
Bus Ramayana dengan ciri khas berwarna ungu dan putih (Sumber: Instagram)
Tersedia informasi rute, jadwal, dan harga tiket Bus Ramayana terbaru 2022. Temukan info transportasi lainnya yang Anda cari hanya di Tiket Resmi.
Daftar isi

Bepergian menggunakan bus memiliki beberapa keuntungan daripada menggunakan transportasi lain. Selain harganya yang relatif lebih murah, bus juga memiliki rute yang lebih beragam. Perjalanan menggunakan bus akan terasa lebih santai dan nyaman dengan fasilitas-fasilitas menarik yang ditawarkan. Selain itu, bus juga lebih mudah diakses dengan banyaknya tempat pemberhentian.

Bagi Anda yang biasa menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus mencoba menggunakan bus. Anda tak perlu menghabiskan tenaga untuk menyetir. Anda dapat menikmati perjalanan dengan beristirahat dan bersantai. Kali ini, Tiket Resmi akan memberikan rekomendasi bus yang beroperasi di wilayah Jabodetabek dan Jawa Tengah. Simak informasinya berikut.

Profil PO Bus Ramayana

Salah satu bus yang beroperasi di wilayah Jabodetabek dan Jawa Tengah adalah Bus Ramayana. Bus ini berdiri sejak tahun 1980-an di daerah Magelang, Jawa Tengah. Ramayana memiliki trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dan bus pariwisata. Bus Ramayana memiliki 60 unit armada dengan fasilitas yang nyaman.

Armada yang digunakan oleh Bus Ramayana terbaru adalah model Chassis Bus Mercedes Benz OH 1518 dan Hino RK8. Bodi armada ini berwarna putih ungu menggunakan Travego dari Morodadi Prima yang dikenal sebagai bodi armada yang kokoh. Khas dari tampilan bus ini adalah berwarna ungu dan bergambar seorang pemanah sebagai identitas khasnya.

Rute & Jadwal Bus Ramayana

Bus Ramayana memiliki beberapa rute yang beroperasi di beberapa kota, seperti Jakarta, Yogyakarta, Bogor, Semarang, hingga Palembang dengan jadwal keberangkatan setiap hari. Berikut adalah rute perjalanan bus beserta jadwal keberangkatannya.

Artikel Terkait

JurusanJadwal Keberangkatan
Jakarta – Yogyakarta15. 00 WIB
Jakarta – Yogyakarta15.00 WIB
Tangerang – Yogyakarta14.00 WIB
Bogor – Yogyakarta13.30 WIB
Semarang – Yogyakarta06.00 WIB – 17.00 WIB (Setiap 30 menit sekali)
Palembang – Yogyakarta09.30 WIB

Harga Tiket Bus Ramayana

Tiket Bus Ramayana memiliki harga yang cukup terjangkau dengan beberapa fasilitas menarik. Bus ini juga memiliki tiga pilihan kelas dengan harga yang bervariasi, yaitu kelas patas non-AC, patas AC, ekonomi, VIP dan executive. Berikut adalah daftar harga tiket berdasarkan jurusan dan kelasnya.

Jurusan BusHarga Tiket Kelas
Jakarta – YogyakartaRp125.000 Patas non AC
Jakarta – YogyakartaRp155.000Patas AC
Jakarta – YogyakartaRp175.000 VIP
Jakarta – MagelangRp125.000Patas non AC
Jakarta – MagelangRp155.000Patas AC
Jakarta – MagelangRp175.000VIP 
Jakarta – MagelangRp225.000Executive
Tangerang – Yogyakarta Rp125.000Patas non AC
Tangerang – Yogyakarta Rp155.000Patas AC
Tangerang – Yogyakarta Rp175.000VIP 
Bogor – Yogyakarta Rp125.000Patas non AC
Bogor – Yogyakarta Rp155.000Patas AC
Bogor – Yogyakarta Rp175.000VIP 
Bogor – Yogyakarta Rp225.000Executive
Semarang – YogyakartaRp45.000Patas AC
Semarang – YogyakartaRp30.000Ekonomi
Yogyakarta – PalembangRp475.000Executive

Fasilitas Bus Ramayana

Eksterior Bus Ramayana (Sumber: Instagram)
Eksterior Bus Ramayana (Sumber: Instagram)

Bus Ramayana memiliki 5 pilihan kelas dengan fasilitas yang berbeda. Bus dengan kelas ekonomi menggunakan seat dengan konfigurasi 3-2 dan memiliki kapasitas 62 seat. Fasilitas yang dapat dinikmati di kelas ekonomi adalah reclining seat, LED TV, musik selama perjalanan, dan charging spot. Kelas ekonomi hanya terdapat pada perjalanan jarak dekat, yaitu jurusan Semarang-Yogyakarta.

Selanjutnya, terdapat dua pilihan untuk kelas patas, yaitu patas AC dan patas non AC. Fasilitas dari dua kelas tersebut relatif sama selain fasilitas AC pada armada. Kelas patas memiliki fasilitas reclining seat, LED TV, musik selama perjalanan, dan charging spot. Selain itu, bus ini juga menyediakan free air mineral bagi para penumpang kelas patas.

Untuk bus dengan kelas VIP menggunakan konfigurasi seat 2-2 dengan jumlah kapasitas 40 seat penumpang. Bus kelas ini digunakan pada beberapa rute jarak jauh. Fasilitas yang terdapat pada kelas VIP adalah AC, reclining seat, LED TV, musik, karaoke, dan toilet. Selain itu, penumpang akan mendapatkan free snack, air mineral, dan selimut selama perjalanan.

Kelas yang paling tinggi dari bus ini adalah kelas executive. Bus dengan kelas executive menggunakan model seat dengan konfigurasi 1-2 berjumlah 28 seat penumpang. Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap, seperti AC, reclining seat, footstep, 2 LED TV, bantal, selimut, charging spot, dan toilet. Selain mendapatkan free air mineral dan snack, penumpang juga akan mendapatkan free 1 kali makan selama perjalanan.

Daftar Agen Bus Ramayana

Anda dapat memesan tiket bus Ramayana secara offline dengan mendatangi agen terdekat dari tempat Anda. Berikut adalah daftar beberapa agen bus ini yang bisa Anda kunjungi.

Nama Daerah LokasiAlamatTelepon
DepokJl. Raya Bogor No.62, RT.1/RW.5, Cisalak, Kec. Sukmajaya, Kota Depok081310878730
Tangerang Jl. Gatot Subroto No.5, RT.003/RW.001, Jatiuwung, Kec. Cibodas, Kota Tangerang, Banten 15138087801680041
Bogor Jl. Alternatif Cibubur No.40-51, Cileungsi, Kec. Cileungsi 
JakartaJl. Ciputat Raya No.7, RT.8/RW.8, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan
YogyakartaJl. Semarang – Yogyakarta No.89, Jetis, Caturharjo, Kec. Tempel, Kabupaten Sleman
Yogyakarta Terminal Jombor, Blok Timur, Jalan Magelang Km. 6,3, Sinduadi, Mlati, Jombor Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman085100611748

Baca Juga: Bus Borlindo: Jadwal, Agen Terdekat & Harga Tiket 2022

Itulah beberapa informasi mengenai Bus Ramayana yang bisa Tiket Resmi berikan untuk Anda. Semoga dapat menjadi referensi rencana perjalanan Anda, khususnya pada perjalanan di wilayah Jabodetabek dan Jawa Tengah hingga Palembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *