Bus Tunggal Dara: Info Rute, Jadwal, dan Harga Tiket 2022

Bus Tunggal Dara yang Berasal Dari Wonogiri (Sumber_ Instagram)
Bus Tunggal Dara yang Berasal Dari Wonogiri (Sumber_ Instagram)
Tersedia informasi rute, jadwal, dan harga tiket Bus Tunggal Dara terbaru tahun 2022. Temukan info transportasi lain yang Anda cari hanya di Tiket Resmi.
Daftar isi

Banyaknya pilihan transportasi umum membuat Anda tak perlu membawa kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan jauh. Selain hemat biaya, menggunakan transportasi umum juga dapat menghemat tenaga. Dengan transportasi umum, Anda tak perlu menyetir sendiri dan bingung mencari jalan menuju tujuan. Sebaliknya, Anda hanya tinggal duduk sambil menikmati perjalanan Anda dengan lebih santai.

Bagi Anda yang berada di Jawa Tengah mungkin sudah tak asing dengan salah satu bus yang berasal dari Wonogiri ini. Bus Tunggal Dara menjadi sarana transportasi bagi masyarakat Jawa Tengah yang hendak melakukan perjalanan jauh ke beberapa kota tujuan. Kali ini, Tiket Resmi akan menyajikan informasi mengenai rute dan jadwal perjalanan Bus Tunggal Dara.

Sekilas Tentang Bus Tunggal Dara

Bus Tunggal Dara Antar Kota Antar Provinsi (Sumber_ Instagram)
Bus Tunggal Dara Antar Kota Antar Provinsi (Sumber_ Instagram)

Bus Tunggal Dara adalah salah satu bus dari Wonogiri, Jawa Tengah yang sudah berdiri sejak tahun 1978. Dengan kata lain, bus ini merupakan salah satu bus yang sudah lama beroperasi dan berpengalaman dalam perjalanannya. Meskipun banyak bermunculan bus baru yang beroperasi di wilayahnya, bus ini masih eksis dan terus memperbaiki layanannya. Saat ini, bus Tunggal Dara juga memiliki layanan pariwisata dan pengantaran paket.

Tak hanya menjadi sarana transportasi dalam provinsi, bus juga merupakan bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang beroperasi dari Jawa Tengah menuju wilayah Jabodetabek. Dengan jarak yang cukup jauh, bus ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan menarik yang dapat menambah kenyamanan dalam perjalanan Anda. Tak hanya itu, bus ini juga menggunakan armada yang baik dan layak.

Armada yang digunakan pada awal berdirinya adalah Mercedes Benz OF 1113, kemudian bus ini menambah armada dengan chassis mercy prima (OH 1113) pada tahun 90-an. Setelah memasuki tahun 2000-an, Bus Tunggal Dara melakukan pembaruan armada dengan menggunakan model Legacy Karoseri Ungaran Laksana dan juga Jetbus dari Karoseri Adiputro.

Artikel Terkait

Jadwal & Rute Bus Tunggal Dara

Bus ini melayani perjalanan ke luar provinsi dengan beberapa rute populer. Beberapa rute populer tersebut adalah Wonogiri-Bogor, Wonogiri-Tangerang, Wonogiri-Jakarta, Semarang-Jakarta, dan Solo-Jakarta. Bus dengan rute tersebut berangkat setiap hari. Berikut adalah jadwal keberangkatan bus Tunggal Dara dengan beberapa rute populer.

Kota KeberangkatanKota TujuanWaktu Keberangkatan
WonogiriBogor05.30 WIB
WonogiriBogor09.30 WIB
WonogiriJakarta05.30 WIB
WonogiriJakarta09.30 WIB
WonogiriTangerang09.30 WIB
WonogiriTangerang16.00 WIB
SemarangJakarta11.45 WIB
SemarangJakarta15.45 WIB
SemarangJakarta20.15 WIB
Solo Jakarta07.45 WIB
Solo Jakarta11.45 WIB
Solo Jakarta18.30 WIB

Bus dengan rute keberangkatan dari Wonogiri berangkat dari Terminal Purwantoro dengan tujuan Bogor berakhir di Terminal Bubulak, tujuan Tangerang berakhir di Rempoa, dan tujuan Jakarta mengakhiri perjalanan di CIlandak Town Square. Sedangkan, bus dengan rute Solo-Jakarta berangkat dari Terminal Tirtonadi dan berakhir di Cilandak Town Square.

Harga Tiket Bus Tunggal Dara

Perjalanan jauh menggunakan bus ini memiliki beberapa keuntungan, salah satunya dengan harga yang terjangkau, Anda dapat menikmati perjalanan dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Berikut harga tiket bus Tunggal Dara 2022.

Rute PerjalananKelasHarga
Wonogiri – BogorEksekutifRp200.000
Wonogiri – JakartaEksekutifRp200.000
Wonogiri – TangerangEksekutifRp200.000
Semarang – JakartaEksekutifRp200.000
Solo – JakartaEksekutifRp200.000

Fasilitas

Bus Tunggal Dara Tampak Depan (Sumber_ Instagram)
Bus Tunggal Dara Tampak Depan (Sumber_ Instagram)

Bus Tunggal Dara memiliki tiga tipe kelas dengan fasilitas yang berbeda, yaitu kelas bisnis AC, royal class, dan juga eksekutif. Kelas bisnis AC memiliki kapasitas penumpang 38 seat dengan konfigurasi 2-2 dan dilengkapi fasilitas AC, toilet, kabin bersekat, LED TV, musik dan video selama perjalanan, dan selimut. Anda juga akan mendapatkan free satu kali makan selama perjalanan.

Selanjutnya, untuk kelas royal class memiliki kapasitas 32 seat dengan konfigurasi 2-2. Fasilitas yang akan Anda dapatkan di kelas ini adalah AC, toilet, smoking area, LED TV, musik dan video selama perjalanan, leg rest, bantal, dan juga selimut. Anda juga akan mendapatkan free satu kali makan dengan sistem prasmanan selama perjalanan.

Sementara itu, kelas yang paling tinggi adalah kelas eksekutif. Kelas ini digunakan pada rute perjalanan jarak jauh karena memiliki fasilitas yang lebih baik untuk menjamin kenyamanan penumpang. Fasilitas yang akan Anda dapatkan hampir sama dengan fasilitas bus royal class. Perbedaannya, kelas eksekutif hanya memiliki kapasitas 28 seat penumpang saja, sehingga seat dan ruang yang tersedia terasa lebih lega daripada kelas lainnya.

Untuk memesan tiket bus Tunggal Dara, Anda dapat menggunakan aplikasi booking tiket online, seperti traveloka, tiket.com, dan redbus. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi agen bus Tunggal Dara terdekat untuk membeli tiket secara offline. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut dan memiliki pertanyaan mengenai bus ini, Anda juga bisa menghubungi Kantor Pusatnya sebagai berikut.

Alamat : Niru Wetan, Ngadirojo Kidul, Kec. Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri

Jam Buka : – 

Telepon : (0273) 321139

Baca Juga: Bus Ramayana: Rute, Jadwal, Harga Tiket & Fasilitas 2022

Itulah beberapa informasi dari Tiket Resmi mengenai Bus Tunggal Dara yang bisa Anda jadikan informasi umum sebelum menggunakan bus ini. Semoga informasi tersebut dapat berguna bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan jauh dari Jawa Tengah menuju wilayah Jabodetabek dan juga sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *