Apa itu Mudik? Cek Pengertian, Tips dan Perbedannya Disini!

3 min read

Mudik seakan telah menjadi sebuah budaya di Indonesia yang tidak bisa dilewatkan. Mudik adalah salah satu upaya masyarakat Indonesia untuk menyambut hari raya. Mudik adalah momen yang selalu ditunggu, banyak orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga tercinta.

Berbicara tentang tradisi yang satu ini, banyak yang belum tau asal mula dan kepanjangan mudik serta apa perbedaan mudik dan pulang kampung. Simak pembahasan mengenai pengertian serta tips mudik aman dan nyaman di bawah ini!

Pengertian dan Kepanjangan Mudik

Mudik adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh orang yang sedang bekerja atau berada di luar kota dan kembali ke kampung halaman. Di Indonesia, mudik adalah sesuatu yang identik dengan momen lebaran. Saat menjelang lebaran, banyak perantau yang memadati jalan utama dengan tujuan yang sama, yaitu untuk bertemu dengan keluarga tercinta.

Namun tahukah Anda apa kepanjangan mudik dan dari mana kata tersebut berasal? Beberapa sumber mengatakan bahwa kata mudik adalah “Mulih Dilik” yang berarti pulang sebentar. Kepanjangan mudik yang berasal dari bahasa jawa Lambat laun disama artikan dengan kata “udik” yang dalam bahasa Betawi berarti kampung halaman.

Mudik adalah tradisi yang telah berkembang di Indonesia sejak tahun 1970-an, dimulai semenjak melonjaknya pertumbuhan penduduk di Ibu Kota Jakarta. Pada waktu yang sama menjelang lebaran, mereka berbondong-bondong pulang ke kampung halaman.

Fakta uniknya, mudik adalah kegiatan yang sudah ada sejak dulu, tepatnya pada masa Kerajaan Majapahit. Kala itu, banyak warga Majapahit yang merantau di daerah yang baru dikuasai untuk mencari peruntungan. Ketika panen raya tiba, mereka yang merantau kembali ke kampung halamannya dengan berjalan kaki. Sama seperti mudik saat ini, tujuan mereka pulang tidak lain adalah untuk bertemu dengan keluarga.

Meskipun identik dengan lebaran, rupanya mudik bukan hanya tradisi umat muslim saja. Hal serupa juga terjadi ketika natal tiba, umat kristiani yang merantau akan pulang kampung untuk merayakan natal bersama keluarga. Begitu pula dengan etnis tionghoa yang pulang kampung untuk merayakan imlek bersama keluarga besar.

Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung

Apa perbedaan mudik dan pulang kampung sebenarnya? Jika kita berkaca pada KBBI dimana mudik adalah pulang kampung, maka kedua hal tersebut tidak berbeda.

Pernyataan Presiden Joko Widodo pada tahun lalu terkait dengan perbedaan mudik dan pulang kampung sempat menimbulkan kontroversi. Beliau berpendapat bahwa mudik dan pulang kampung merupakan dua hal yang berbeda. Mudik adalah kegiatan dimana yang dilakukan saat lebaran saja, sedangkan pulang kampung bisa dilakukan kapan saja karena keluarganya berada di kampung.

Belum diketahui secara pasti mengenai perbedaan mudik dan pulang kampung, tetapi jika kita tarik garis besarnya dari beberapa argumen maka bisa diartikan bahwa mudik adalah suatu kegiatan ketika orang yang berada dan tinggal  di luar kota pergi ke kampung halaman untuk menemui keluarga namun sudah pasti kembali lagi. Sedangkan pulang kampung adalah dimana seseorang yang bekerja di luar kota pergi ke kampung halamannya karena rumah dan keluarganya ada di sana.

10 Tips Mudik Aman dan Nyaman

Berikut beberapa tips mudik bagi Anda beserta keluarga agar sampai kampung halaman dengan selamat:

Pastikan tubuh Anda keadaan sehat

Ketika berencana mudik, pastikan Anda menjaga kesehatan hingga harinya tiba. Jangan sampai saat harinya tiba, Anda tiba-tiba drop dan akhirnya semua rencana Anda berantakan. Akan lebih berbahaya lagi jika Anda memaksakan diri untuk melakukan perjalanan ketika tubuh dalam keadaan tidak baik-baik saja. Bisa saja, Anda mengalami hal yang tidak diinginkan saat perjalanan. 

Pastikan kendaraan Anda baik-baik saja

Jika Anda berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka pastikan kendaraan dalam keadaan sehat dan tidak ada yang rusak. Akan lebih baik  jika Anda servis atau melakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu sebelum berangkat. Karena kondisi kendaraan yang tidak sehat akan mengganggu lancarnya perjalanan Anda. Jadi pastikan kendaraan Anda baik-baik saja untuk menghindari hambatan selama perjalanan.

Siapkan peta digital atau GPS

Peta digital saat ini bisa menjadi sesuatu yang sangat membantu Anda selama perjalanan. Dalam peta digital Anda dapat memantau jalan mana saja yang sedang padat kendaraan sehingga Anda bisa menghindarinya. Dalam peta digital, Anda juga bisa ditunjukkan jalur yang paling cepat untuk sampai ke tujuan dan sudah pasti Anda tidak akan tersesat.

Bawa bekal yang cukup untuk perjalanan Anda

Umumnya, mudik adalah perjalanan yang jauh. Terkadang, saat sedang melakukan perjalanan jauh rasa bosan sering menghampiri, makanan adalah salah satu obat dari rasa bosan yang akan Anda alami. Pilihlah makanan yang bisa bertahan lama dan tidak mudah basi seperti makanan kering, serta pastikan membawa air yang cukup.

Pastikan pikiran Anda selalu fokus

Saat mudik, situasi yang ramai tidak dapat dihindarkan, entah itu di jalanan atau di transportasi umum. Bagi Anda yang menggunakan transportasi umum, usahakan Anda selalu fokus dan pastikan pikiran tidak kosong untuk menghindari kejahatan yang bisa terjadi di sekitar Anda. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi terutama jika Anda menyetir, pastikan Anda selalu berkonsentrasi memperhatikan jalanan.

Istirahat jika Anda merasa lelah

Sekarang ini, sudah banyak sekali rest area yang tersedia sepanjang jalur utama di berbagai daerah. Saat Anda merasa lelah, segeralah beristirahat dan jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan demi kenyamanan dan keamanan Anda. Tubuh yang lelah akan membuat Anda susah berkonsentrasi, karena itu carilah rest area terdekat saat Anda sudah mulai tidak fokus.

Hindari menggunakan perhiasan yang mencolok

Tips mudik yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang menggunakan transportasi umum untuk mudik. Kejahatan menggunakan modus hipnotis acapkali dimanfaatkan oleh para oknum yang ingin mencari peruntungan dalam situasi yang ramai. Untuk itu, hindari menggunakan perhiasan yang mencolok agar tidak menimbulkan perhatian. Pastikan Anda selalu menjaga barang-barang berharga Anda saat sedang di tempat yang ramai. 

Jangan melebihi kapasitas penumpang

Menurut ketentuan, kapasitas maksimal untuk kendaraan motor adalah 2 orang sedangkankan untuk mobil 7-8 orang. Demi kenyamanan Anda selama perjalanan, hindari memuat penumpang melebihi batas kapasitas. Hal tersebut bisa saja membahayakan Anda dan penumpang.

Jangan membawa barang berlebihan

Saat mudik, bawalah barang secukupnya. Barang yang terlalu banyak akan tidak efektif dan memenuhi kendaraan Anda sehingga akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama perjalanan.

Jangan lupa mengisi e-money

Bagi Anda yang mudiknya melintas jalan tol, hal yang satu ini tidak boleh terlupakan. Pastikan e-money Anda cukup selama perjalanan sehingga Anda bisa melewati gerbang tol dengan lancar.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan mudik dan pulang kampung sekaligus tips mudik yang aman dan nyaman. Karena mudik adalah tradisi yang dilakukan tiap tahun, untuk itu bagi Anda yang akan melakukan perjalanan, pastikan tips mudik diatas sudah terpenuhi. Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan!

Last Updated on April 25, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top