Stasiun Medan: Info Jadwal Kereta & Hotel Terdekat Juni 2022

Daftar isi

Kereta api merupakan alat transportasi yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, banyak sekali stasiun yang bertebaran di seluruh penjuru wilayah Indonesia. Bahkan banyak di antara stasiun tersebut adalah peninggalan dari masa penjajahan Belanda. Salah satunya adalah Stasiun Medan.

Pada kesempatan kali ini, Tiket Resmi akan membahas tentang sejarah, arsitektur, jadwal kereta api serta hotel terdekat dari stasiun ini. Yuk ikuti pembahasan lebih lanjutnya di sini!

Sejarah Stasiun Medan

Stasiun Medan berdiri pada tanggal 25 Juli 1886 berbeda dengan stasiun stasiun peninggalan Belanda di Pulau Jawa. Stasiun ini didirikan oleh Deli Spoorweg Maatschappij, sebuah perusahaan kereta api swasta milik Belanda yang beroperasi di sekitar Deli atau Medan, Sumatera Utara.

Pada saat itu, terdapat sebuah lintasan yang menghubungkan Stasiun Labuhan dengan Stasiun Medan. Jalur sepanjang 16,7 km tersebut kemudian menghubungkan pusat Kota Medan dengan Pelabuhan Belawan. Seiring berjalannya waktu, Stasiun Labuhan diperluas lagi sampai Stasiun Belawan diresmikan pada tanggal 16 Februari 1888.

Bangunan Stasiun Medan saat ini sudah mengalami renovasi total. Renovasi terakhir dilaksanakan pada tahun 2013, renovasi ini menambahkan bangunan gedung baru yang berfungsi untuk kereta api bandara serta renovasi desain gedung yang sudah ada. Beberapa peninggalan yang tersisa, antara lain Dipo Lokomotif dengan arsitektur Belanda, Menara Jam di depan stasiun, Jembatan gantung (Titi Gantung), serta atap peron yang memayungi jalur 2 dan 3.

Artikel Terkait

Arsitektur Stasiun Medan

Terdapat tiga pintu masuk dan keluar yang ada di stasiun ini, antara lain sisi layanan kereta api non bandara, sisi layanan kereta api bandara, serta pintu keluar untuk layanan kereta bandara. Lokasinya sangat strategis karena berada di pusat Kota Medan dan dekat dengan berbagai penginapan.

Stasiun ini memiliki tujuh jalur kereta api. Jalur 1 merupakan jalur sepur lurus yang mengarah ke Binjai. Jalur 2 adalah jalur sepur lurus menuju Stasiun Pulu Brayan atau Belawan. Rel layang memiliki 2 jalur, yang sebelumnya memakan jalur 6 dan 7. Stasiun Medan Kota juga sudah menggunakan sistem persinyalan terbaru, yaitu produksi dari PT. Len Industri.

Jalur rel yang ada di stasiun ini membujur dari utara ke selatan. Rel yang mengarah ke utara menuju ke Binjai, Belawan, dan Besitang, sedangkan rel yang mengarah ke selatan menuju ke Tebing Tinggi, Tanjung Balai, Siantar, Rantau Prapat, dan Kisaran.

Jadwal Kereta Api Stasiun Medan

No. KANama Kereta ApiTujuanKelasKedatanganKeberangkatan
U52Sribilah UtamaRantau Prapat (RAP)Eksekutif & Bisnis15.00 WIB
U55Sribilah UtamaMedan (MDN)Eksekutif & Bisnis20.50 WIB
U65Putri DeliMedan (MDN)Ekonomi AC12.47 WIB
U66Putri DeliTanjungbalai (TNB)Ekonomi AC07.00 WIB
U67Putri DeliMedan (MDN)Ekonomi AC17.21 WIB
U68Putri DeliTanjungbalai (TNB)Ekonomi AC12.50 WIB
U69Putri DeliMedan (MDN)Ekonomi AC23.58 WIB
U70Putri DeliTanjungbalai (TNB)Ekonomi AC18.55 WIB
U71Siantar EkspresMedan (MDN)Ekonomi AC11.20 WIB
U72Siantar EkspresSiantar (SIR)Ekonomi AC13.35 WIB

Hotel Dekat Stasiun Medan

favehotel S. Parman Medan

Favehotel S. Parman Medan berada di pusat Kota Medan, lebih tepatnya Jalan Mayjend Siswondo Parman Siswondo Parman no. 313A Medan, Sumatera Utara. Letaknya tidak jauh dari Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Sun Plaza, dan Center Point Mall.

Fasilitas yang tersedia di hotel ini meliputi akses Wifi gratis, kamar ber-AC yang memiliki pemandangan Kota Medan, TV LED, Kamar mandi dengan shower serta masih banyak lagi. Anda juga dapat menyantap hidangan lokal khas Medan di restoran yang ada di Favehotel S. Parman.

Tarif kamar per malam dari hotel ini mulai dari harga Rp 364.000. Favehotel S. Parman Medan menyediakan lima jenis kamar, yaitu Kamar Superior, Kamar Deluks, Suite Junior, Suite dan Suite Standard. Jika Anda bosan hanya di hotel saja, Area sekitar hotel juga banyak kafe serta restoran lokal.

Favehotel S. Parman (Sumber : Tiket.com)

Grand Inna Medan

Hotel Grand Inna Medan terletak di Jalan Balai Kota no.2, Medan, Sumatera Utara. Lokasinya yang berada tepat di seberang Merdeka Walk menjadikan hotel ini memiliki daya tarik tersendiri. Sama seperti Favehotel S. Parman, Grand Inna Medan juga dekat dengan Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Sun Plaza, dan Center Point Mall.

Fasilitas yang tersedia di Grand Inna meliputi akses Wifi gratis, kolam renang outdoor, serta kamar yang luas. Selain itu, hotel ini juga memiliki coffee shop bernama Deli Coffee Shop yang khusus menyajikan makanan serta minuman khas Indonesia. Ingin mencoba yang lain? Tidak masalah karena di sekitar hotel ini juga terdapat restoran lainnya.

Tarif untuk menginap per malamnya mulai dari harga Rp 417.000. Grand Inna Medan menyediakan tiga jenis kamar, meliputi Kamar Deluks, Suite Deluxe dan Suite Junior. Kamar dengan desain kontemporer dilengkapi AC, TV LED, alat pembuat kopi, serta area tempat duduk membuat Anda semakin nyaman ketika mengunjungi Medan.

Grand Inna Hotel (Sumber : Tiket.com)

Travellers Suites Hotel

Travellers Suites Hotel beralamat Jalan Listrik No.15, Petisah Tengah, Kota Medan, Sumatera Utara. Lokasinya tidak jauh dari beberapa pusat perbelanjaan di Medan. Jika Anda ingin mengunjungi Masjid Raya Al-Mashun dan Istana Maimun, Anda hanya perlu berkendara selama 15 menit dari hotel ini.

Fasilitas yang tersedia di hotel ini meliputi akses Wifi gratis, kolam renang outdoor, pusat kebugaran, spa, layanan laundry serta kafe yang ada di area hotel. Jika Anda ingin menyantap makanan lokal serta internasional, Anda dapat mengunjungi Kakatua Cafe. Jika hanya ingin menyantap hidangan kue, Anda dapat mengunjungi Le Chic Parfait.

Tarif menginap per malam di hotel ini mulai dari harga Rp 616.000. Terdapat dua jenis pilihan kamar, yaitu Kamar Suite dan Kamar Suite Deluxe. Setiap kamar dilengkapi dengan balkon, TV LED, pengering rambut, lemari pendingin dan area seperti ruang tamu, dapur kecil serta ruang makan.

Travellers Suites Hotel (Sumber : Tiket.com)

Baca Juga : Stasiun Kiaracondong: Sejarah, Jadwal, & Hotel Terdekat

Demikian adalah penjelasan tentang sejarah, arsitektur, jadwal kereta, serta hotel terdekat yang ada di Stasiun Medan. Jika Anda ingin bepergian ke Medan, Tidak ada salahnya untuk naik kereta dan turun di stasiun ini. Semoga penjelasan kali bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *