10 Rekomendasi Terbaru Akomodasi Sleeper Bus di Indonesia

Sleeper Bus (Sumber: Unsplash)
Daftar isi

Bus merupakan moda transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu jenis transportasi bus yang cukup digemari adalah Sleeper Bus. Bus yang memungkinkan penumpangnya untuk rebahan ini menyediakan layanan di seluruh penjuru Indonesia. Yuk, simak penjelasan Tiket Resmi kali ini!

Mengenal Sleeper Bus

Sleeper bus adalah tipe bus yang sengaja didesain supaya penumpang dapat tidur selama perjalanan. Bus jenis ini sudah terkenal sebelumnya di Amerika Serikat dengan nama Entertainer Coach dan di Eropa dengan nama Nightliner.

Biasanya bus jenis satu ini digunakan untuk transportasi band dan para krunya ketika melakukan tur dari satu kota ke kota lainnya. Di Indonesia, bus satu ini sudah dapat Anda gunakan untuk menempuh perjalanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Di Eropa, bus ini didesain untuk menampung sekitar 8 sampai 18 penumpang dengan fasilitas yang lengkap meliputi minibar dan tempat tidur bertingkat yang memungkinkan penumpang makan, bersantai dan tidur selama di perjalanan.

Oleh karena bus satu ini berfungsi untuk menjadi moda transportasi band, kaca yang digunakan adalah kaca gelap, dimana tidak bisa terlihat dari luar, tapi dapat terlihat dari dalam. Fasilitas yang tersedia juga biasanya lengkap seperti mencakup TV LCD, DVD Player, sampai game console.

Artikel Terkait

Di Indonesia, Bus dengan seat Sleeper dapat Anda pilih untuk transportasi menuju kota atau provinsi lain. Setiap armada sleeper di Indonesia memiliki fasilitasnya masing-masing dengan harga yang cukup variatif. Anda tidak perlu menyewa secara pribadi karena bus jenis ini Indonesia memang beroperasi secara umum.

10 Rekomendasi Bus dengan Seat Sleeper di Indonesia

Tiket Resmi mengumpulkan berbagai rekomendasi armada yang menyediakan layanan Sleeper Bus di Indonesia, berikut adalah armada-armada tersebut:

Rosalia Indah

Bus dengan seat Sleeper pertama adalah Rosalia Indah. PO ini sudah sangat terkenal dengan pelayanannya yang sangat baik dan kecepatan perjalanannya. Rosalia Indah mempunyai bus First Class yang sudah mempunyai fasilitas mirip dengan fasilitas pesawat terbang. 

Sleeper bus Rosalia Indah menempuh perjalanan dengan rute Jakarta-Solo. Harga untuk menggunakan layanan First Class ini adalah sekitar Rp 325.000. Anda sudah dapat fasilitas lengkap meliputi selimut, bantal, makanan prasmanan, TV, toilet, air mineral, dan pramugari atau pramugara yang siap melayani penumpang.

Rosalia Indah (Sumber: @fotofoto8444 on Instagram)

Nusantara

Selanjutnya adalah Bus Nusantara. Bus satu ini memiliki fasilitas yang tidak main-main, karena kursinya sudah menggunakan kursi elektrik dengan model cangkang seperti kursi di pesawat. Jika Anda ingin merebahkan kursi, penumpang belakang Anda tidak akan terganggu.

Bus ini melayani rute menuju Bandung, Bogor, Rawamangun, Lebak Bulus, Kalideres, Ciputat, Cikarang, Kampung Rambutan, Cikarang, Daan Mogot, Bekasi, Pulogadung, sampai Malang. Harga tiketnya sendiri berkisar Rp 285.000 untuk rute Pati-Daan Mogot.

Nusantar (Sumber: @senja_gallery on Instagram)

Sinar Jaya

Sleeper Bus Sinar Jaya merupakan buatan karoseri Laksana dengan armada bernama Legacy SR2 Suites Class. Bus Sleeper satu ini melayani perjalanan dengan rute Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, Bogor-Malang, serta Palembang-Bandung. Anda dapat membeli tiket dengan kisaran harga sekitar Rp 350.000 – Rp 520.000.

Sinar Jaya (Sumber: @sinarjaya.group on Instagram)

Sempati Star 

Bus Sleeper selanjutnya adalah Sempati Star. Sempati Star merupakan perusahaan otobus yang melayani perjalanan di Pulau Sumatera. Fasilitas yang digunakan juga hampir setara dengan fasilitas di pesawat. Bus ini cukup terkenal di Sumatera sebagai PO yang menyediakan fasilitas mewah, terutama Aceh dan Medan. Fasilitas yang disediakan meliputi kursi yang empuk, stop kontak, tv di setiap belakang kursi penumpang, tempat tidur, bantal dan selimut.

Harga tiketnya berada di kisaran Rp 250.000. Rute yang ditempuh mencakup daerah Aceh sampai Sumatera.

Sempati Star (Sumber: @po_sempatistar on Instagram)

Tami Jaya

Tami Jaya merupakan salah satu armada yang menyediakan bus seat sleeper. Rute yang ditempuh adalah rute Yogyakarta-Denpasar. Tarif untuk menggunakan bus dengan seat sleeper ini yaitu sebesar Rp 600.000. Penumpang dapat duduk dengan nyaman dengan kursi yang bisa direbahkan. Selain itu, nuansa perjalanan akan terasa personal karena hiburan-hiburan sudah tersedia di kursi masing masing.

Tami Jaya (Sumber: @tamijaya_transport on Instagram)

Bintang Prima

Setelah membahas tentang bus dengan seat sleeper yang ada di di Jawa dan Sumatera, Bintang Prima adalah perusahaan yang menyediakan perjalanan menggunakan bus yang sudah dilengkapi dengan tempat tidur. Perusahaan satu ini memang terkenal sebagai jasa penyedia bus dengan fasilitas mewah dan nyaman. Pada bus ini terdapat empat sampai delapan kursi yang sengaja diletakkan pada bagian belakang bus. Fasilitas yang tersedia meliputi guling, selimut, dan bantal. Bus ini menempuh perjalanan dengan rute Makassar–Toraja.

Bintang Prima (Sumber: @alvinty05 on Instagram)

Putra Jaya

Putra Jaya menyediakan  bus dengan seat sleeper yang terkenal mewah bernama Vicolux. Fasilitas yang disediakan meliputi kasur yang sudah lengkap dengan bantal dan guling. Anda juga dapat duduk di kursi biasa yang tersedia di bagian depannya. Trayek yang ditempuh oleh bus satu ini adalah trayek Makassar-Palopo.

Putra Jaya (Sumber: @po.putra_jaya on Instagram)

Harapan Jaya

PO Harapan Jaya merupakan penyedia layanan bus yang digemari oleh masyarakat. Bus seat sleeper Harapan Jaya biasa melayani perjalanan dengan rute antar kota antar provinsi (AKAP) meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Cikarang, Jabodetabek, dan Magelang. Harga yang ditarik untuk menggunakan bus sleepernya adalah sekitar Rp 465.000. Fasilitas Bus Harapan Jaya meliputi kursi pijat, bantal, sleeper seat, toilet, stopkontak, TV, dan recleaning seat.

Harapan Jaya (Sumber: @afrin_alfianto on Instagram)

Shantika

Berikutnya adalah perusahaan otobus yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah bernama Shantika. PO Shantika menawarkan perjalanan dengan fasilitas sleeper seat mewah untuk penumpang. Seat ini didesain sedemikian rupa untuk membuat penumpang nyaman meskipun berada dalam situasi macet. PO ini melayani rute Merak–Lebak Bulus – Semarang – Demak – Kudus – Jepara. Tarif perjalanan menggunakan bus sleepernya adalah sekitar Rp 300.000.

Shantika (Sumber: @newshantika.official on Instagram)

Brilian

PO Brilian meluncurkan sleeper pada tahun 2016. Dapat dikatakan bahwa bus sleeper dari PO Brilian merupakan pelopor bus dengan fasilitas sleeper di Indonesia. Hanya terdapat kasur yang berfungsi untuk tempat rebahan. Penumpang akan dimanjakan dengan fasilitas seperti bantal, selimut, wifi, tempat tidur, televisi 14 inch, dan makan malam.  Bus ini mengambil rute Jakarta–Purwokerto–Wonosobo. Harga tiketnya sekitar Rp 210.000-Rp 250.000.

Brilian (Sumber: @pobrillian.official on Instagram)

Baca Juga: Bus Marita: Fasilitas, Harga, dan Layanan yang Tersedia

Demikian pembahasan Tiket Resmi mengenai 10 rekomendasi sleeper bus di Indonesia. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan bus satu ini? Tiket dapat Anda beli secara offline maupun online. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *