1. Berita

7 Daftar Bus Lintas Sumatera Jawa yang Perlu Kamu Tahu

Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.  

Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap pemandangan yang terlihat di luar kaca jendela. Yuk, simak bus lintas Sumatera Jawa  yang perlu kalian ketahui!

Antar Lintas Sumatera (ALS)

Perusahaan Otobus (PO) ALS merupakan salah satu bus legendaris yang menawarkan pelayanan double decker untuk perjalanan jauh. PO ALS yang dikenal sebagai bus bus-livery hijau, pernah melayani trayek terjauh 2.833 km yaitu perjalanan Medan menuju Jember. Selanjutnya, tarif yang dipatok bervariatif tergantung dari jenis pelayanan dan destinasinya. 

Salah satu perusahaan swasta yang bergerak di sektor transportasi ini telah memiliki armada lebih dari 400 unit. Basis andalan yang digunakan adalah Mercedes-Benz dengan berbagai tipe. Tarif yang dibandrol pun tergolong murah yaitu tidak melebihi Rp 850.000. 

Artikel Terkait

Baca Juga: Bus Sahabat: Rute, Jadwal, dan Harga Tiket Terbaru

Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH)

Daftar Bus Lintas Sumatera Jawa selanjutnya adalah PMTOH. Sebagai masyarakat Sumatera pasti tidak asing lagi dengan perusahaan ini. PMTOH merupakan PO tertua yang ada di Sumatera. Pada tahun 1957, perusahaan ini mulai beroperasi melayani penumpang.

Hingga tepatnya pada tahun 1970 an hingga 2000 an, ia mengepakkan sayapnya untuk melayani penumpang dengan trayek terjauh yaitu ke Pulau Jawa. Bus ini sering berlalu-lalang di jalan raya dengan warna bodi biru dan sebagian besar menggunakan sasis Mercedes-Benz.Tenang saja, tarif yang dikenakan cukup terjangkau. Pesanlah sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan. 

Raja Perdana Inti (RAPI)

PO ini berhak masuk ke dalam daftar bus lintas Sumatera Jawa karena sudah beroperasi melayani penumpang sejak tahun 1998. Lebih dari 20 tahun, ia melayani perjalanan penumpang rata-rata 30 ribu orang setiap tahun. Saat pertama kali merintis, bus ini hanya memiliki dua unit armada dengan trayek Medan-Pekanbaru.

Seiring berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 2011 perusahaan ini melakukan peremajaan armada hingga mencapai 53 unit. Beberapa interior dan kabin diperbarui untuk menciptakan suasana yang nyaman dan cozy. 

PT RAPI juga mengenalkan beberapa kelas armada seperti, class super executive (Seat 2-1) dengan fasilitas memadai. Fasilitas itu meliputi hiburan, kamar mandi dalam, dan sebagainya. 

Medan Jaya

Apabila kalian berkunjung ke Medan, tentu di sepanjang perjalanan di sana terdapat bus Medan Jaya yang berlalu-lalang. PO ini menyediakan 4 kelas , yaitu ekonomi, patas, eksekutif, dan super eksekutif. Kelebihan menggunakan armada ini adalah jam tempuh yang cukup cepat dan harga tiketnya yang cukup terjangkau. Sehingga, tak jarang banyak orang yang menjulukinya sebagai “peluru dari Medan” .

Aman Nyaman Sentosa (ANS) 

Sama halnya dengan PO lain, Aman Nyaman Sentosa (ANS) merupakan perusahaan armada yang berasal dari Sumatera. PO ini berdiri di kota Bukittinggi dan turun melayani penumpang pada tahun 1960 an. 

Puncak kejayaannya bisa dibilang cukup lama yaitu dalam kurun waktu 1970 hingga 2000 an. Adapun ia pernah melayani trayek terjauh yaitu dari Banda Aceh hingga ke Bali. Nah, saat ini rute perjalanan yang paling sering adalah dari kota Padang menuju Bandung.  

Siliwangi Antar Nusa (SAN)

Daftar Bus Lintas Sumatera Jawa selanjutnya adalah SAN. PO yang berasal dari Bengkulu ini melayani penumpang secara perdana pada tahun 1978. Sampai saat ini, bus ini masih menjadi andalan masyarakat yang hendak pergi ke Jawa. Armada ini melayani perjalanan paling banyak, yaitu dari Pekanbaru-Solo. 

Untuk harga tiket yang dikenakan tidak terlalu mahal, cukup membayar sekitar Rp 510.000 kalian bisa menikmati perjalanan yang nyaman dan eksklusif. 

Naikilah Perusahaan Minang (NPM) 

Daftar bus lintas Sumatera Jawa selanjutnya adalah NPM. Meskipun melayani perjalanan jarak jauh, harga tiket berkisar di angka Rp 400.000. Perusahaan Otobus (PO) ini telah ada sejak sebelum kemerdekaan, yaitu tahun 1937. Meskipun terlihat klasik dan berumur, masyarakat masih tetap setia terhadap jasa angkutan ini karena memiliki harga yang terjangkau. 

Baca Juga: Bus Harapan Indah: Kelas, Fasilitas, Harga Tiket dan Agen

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai daftar bus lintas Sumatera Jawa. Ternyata, mereka memiliki banyak armada yang nyaman dan berkualitas. Seiring dengan berjalannya waktu, armada–armada tersebut berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Yuk, jangan ragu untuk menaiki bus, perjalanan darat kalian akan terasa menyenangkan dan tentunya berkesan. 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Daftar Bus Lintas Sumatera Jawa yang Perlu Kamu Tahu

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]

    Trending