5 Harga Pesawat Pribadi & Fasilitas yang Ditawarkannya

Private Jet (sumber - Pixabay)
Private Jet (sumber - Pixabay)
Daftar isi

Saat ini banyak artis-artis Indonesia yang berlomba-lomba memamerkan aset kekayaan berupa pesawat jet pribadi. Kira-kira, berapa harga pesawat pribadi yang mereka miliki? Pada kesempatan kali ini, Tiket Resmi hadir untuk memberi informasi tentang harga dan fasilitas dari pesawat-pesawat pribadi tersebut. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Cessna Citation Longitude

Cessna Citation Logitude (sumber - @angulon_r on Instagram)
Cessna Citation Logitude (sumber – @angulon_r on Instagram)

Pesawat pribadi jenis jet yang pertama adalah Cessna Citation Longitude. Harga pesawat pribadi satu ini adalah 338 miliar rupiah.  Kapasitas penumpang pesawat mencapai 12 orang. Kapasitas ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bepergian dengan rombongan yang tidak terlalu banyak. Kursi penumpang sebanyak 12 buah dan ruangan kabin pesawat yang luas membuat pesawat satu ini memiliki ruang gerak yang besar.

Tidak hanya itu, pesawat ini juga memiliki ruang kamar mandi yang cukup luas, tidak kalah dengan kamar mandi yang ada di hotel bintang lima. Tidak hanya itu, pesawat ini juga lengkap dengan fasilitas mewah lainnya, seperti microwave sampai mesin pembuat kopi. Dengan pesawat ini, Anda dapat merasakan perjalanan privat dan nyaman. Selain itu, harga pesawat ini tergolong sebagai harga pesawat pribadi termurah.

Gulfstream G650

Gulfstream G650 (sumber - @gpluxe on Instagram)
Gulfstream G650 (sumber – @gpluxe on Instagram)

Pesawat pribadi jenis jet berikutnya adalah Gulfstream G650. Pesawat satu ini memiliki kabin yang luas dan panjang. Harga pesawat pribadi Gulfstream G650 adalah 845 miliar rupiah. Pesawat pribadi satu ini menawarkan fasilitas yang nyaman digunakan ketika Anda menempuh perjalanan jauh. Kamar mandi dengan desain modern serta kursi penumpang yang dapat berubah menjadi kasur menjadikan pesawat Gulfstream satu ini sangat menggoda untuk dimiliki secara pribadi.

Embraer Lineage 1000E

Embraer Lineage 1000 (sumber - @airhamburg on Instagram)
Embraer Lineage 1000 (sumber – @airhamburg on Instagram)

Selanjutnya ada Embraer Lineage 1000E. Harga pesawat pribadi ini dijual dengan harga 53 juta US Dollar atau setara 689 miliar rupiah. Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan fasilitas lima ruang kabin mewah dan besar seperti ruangan dalam rumah yang luas. Fasilitas lainnya yang tersedia dalam pesawat ini adalah sofa yang nyaman dan televisi. 

Artikel Terkait

Pesawat pribadi satu ini memiliki kamar tidur khusus yang dilengkapi dengan kamar mandi pribadi Tentunya beberapa fasilitas yang sudah disebutkan semakin menambah kenyamanan Anda selama perjalanan dan tidak kalah mewah dengan ruangan hotel bintang 5. Jenis pesawat satu ini sangat cocok digunakan ketika Anda melakukan kunjungan ke luar negeri yang memakan waktu cukup lama. 

Airbus ACJ319

Airbus ACJ 319 (sumber - @wealth_success_luxury on Instagram)
Airbus ACJ 319 (sumber – @wealth_success_luxury on Instagram)

Pesawat pribadi yang dapat menjadi pilihan Anda berikutnya adalah Airbus ACJ319. Harga pesawat pribadi satu ini sekitar 936 miliar rupiah sampai 1,43 triliun rupiah, tergantung dengan ukuran pesawat yang diinginkan. Harga ini belum termasuk dengan perlengkapan kabin Airbus. Anda perlu menyiapkan dana untuk melengkapi fasilitas dalam kabin pesawat. 

Kapasitas dari Airbus ACJ319 adalah 8 penumpang dilengkapi dengan kabin yang lebih tinggi dan lebih luas jika dibandingkan pesawat-pesawat pribadi lainnya. Selain itu, pesawat pribadi ini juga memiliki fasilitas ruang makan atau ruang konferensi yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis. Namun, fasilitas tersebut hanya ada pada Airbus tipe besar. Pesawat satu ini sangat cocok untuk Anda yang sering bepergian untuk kunjungan bisnis.

Boeing 747-8 VIP

Boeing 747-8 VIP (sumber - KabarPenumpang)
Boeing 747-8 VIP (sumber – KabarPenumpang)

Selanjutnya adalah pesawat Boeing 747-8 VIP. Harga pesawat ini dapat dikatakan sebagai harga pesawat pribadi termahal karena harganya menyentuh angka 67 juta US Dollar atau setara 4,77  triliun rupiah. Sesuai dengan namanya, pesawat satu ini memang paling mahal dibanding pesawat pribadi lainnya.

Harga yang sudah disebutkan di atas belum termasuk dengan interior-interior untuk melengkapi isi pesawat. Anda sudah mendapatkan fasilitas seperti kamar tidur pribadi yang mewah dan nyaman. Pesawat pribadi jenis  Boeing 747-8 VIP ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi dalam bentuk aset.

Perizinan Memiliki Pesawat Pribadi

Setelah mengetahui harga pesawat pribadi, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Harga pesawat pribadi memang terbilang fantastis, tapi itu belum termasuk perizinan dan legalitasnya. Anda harus mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli pesawat pribadi.

Sebelum mendatangkan pesawat pribadi ke Indonesia, Anda harus mendapatkan izin resmi terlebih dahulu dari Kementerian Perhubungan. Permohonan izin tertulis diajukan kepada Dirjen Perhubungan Udara yang diteruskan ke Menteri Perhubungan. Pemilik pesawat harus memenuhi persyaratan dalam hal keuangan, SDM pengelola pesawat dan maintenance.

Pemilik juga harus melaporkan penggunaan pesawat pribadi tersebut. Tujuan kepemilikan apakah untuk keperluan komersial serta charter atau hanya kebutuhan non-komersial seperti keperluan bisnis atau keperluan yang bersifat pribadi lainnya.

Setelah melengkapi semua dokumen dan persyaratan, Anda tidak dapat langsung mengoperasikan pesawat pribadi tersebut. Anda perlu menunggu surat pemberian izin atau penolakan yang diberikan Dirjen Perhubungan Udara dalam kurun waktu 60 hari sejak permohonan diajukan secara lengkap. Anda akan mendapat Operation Certificate sebagai bukti pesawat tersebut bisa dioperasikan jika kepemilikan Anda mendapat izin.

Setelah itu, Anda perlu mengurus izin dengan pihak operator bandara di mana pesawat tersebut parkir atau akan beroperasi. BIaya parkir pesawat sudah diatur oleh Kementerian Perhubungan, tergantung dengan berat pesawat serta perubahan regulasi yang berlaku.

Selain biaya parkir, Anda juga perlu mempersiapkan biaya landing dan take off pesawat. Biaya ini juga tergantung dari berat pesawatnya. Anda perlu rutin untuk update biaya yang berlaku. Biaya layanan di bandara terus mengalami kenaikan, jadi Anda perlu rutin untuk mengetahui hal tersebut.

Setelah mendengar penjelasan Tiket Resmi mengenai harga pesawat pribadi dan perizinannya, apa Anda tertarik untuk membelinya? Demikian penjelasan Tiket Resmi kali ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *