Kereta Api Argo Dwipangga Luxury: Jadwal & Harga Tiket 2022

Argo Dwipangga Luxury (Sumber : @arf.ian_ on Instagram)
Daftar isi

Kereta Api merupakan transportasi massal yang sangat digemari masyarakat, terlebih di Indonesia. PT. KAI bahkan juga membuat berbagai kelas kereta yang membuat penumpang semakin merasa nyaman ketika menggunakan layanan Kereta Api Indonesia sesuai tarif yang dikeluarkan. Salah satu kereta yang patut untuk diketahui adalah Argo Dwipangga Luxury. Simak pembahasan mengenai kereta api satu ini hanya di Tiket Resmi!

Mengenal Kereta Kelas Luxury

Kereta api Luxury merupakan kelas tertinggi yang dilayani oleh PT. KAI. Satu gerbong kelas luxury hanya memiliki kapasitas penumpang sekitar 18-26 penumpang saja. Kursi yang digunakan menyerupai kursi dari pesawat kelas bisnis. 

Setiap kursi akan dilengkapi dengan partisi yang memberikan privasi kepada penumpang serta dapat direbahkan sampai sudut 150 derajat dengan hanya memencet sebuah tombol yang tersedia di kursi. Oleh karena penumpang dapat merebahkan kursinya, kereta luxury juga biasa dikenal sebagai kereta luxury sleeper.

Kereta api kelas luxury pertama kali beroperasi pada tanggal 12 Juni 2018. PT. INKA sudah melakukan produksi, uji coba dan memberikan kereta sleeper pada PT. KAI sejak tanggal 8 Juni 2018. 

Gerbong luxury sleeper ini kemudian dipasangkan ke Kereta Api Bromo Anggrek yang menempuh rute Surabaya Pasar Turi-Jakarta Gambir PP. Busa kursi yang membuat penumpang merasakan kenyamanan ketika dalam perjalan bahkan sampai dapat tertidur di kereta dengan posisi rebahan. 

Artikel Terkait

Selain Kereta Bromo Anggrek yang dikenal sebagai Kereta Luxury 1, PT. KAI juga memiliki kereta luxury 2 yang dirilis setahun setelahnya, meliputi Argo Lawu Luxury (Solo-Yogyakarta-Gambir), Gajayana Luxury (Malang-Solo-Gambir), Argo Dwipangga Luxury (Solo-Yogyakarta-Gambir), dan Taksaka Luxury (Yogyakarta-Gambir). 

Kereta Luxury 2 adalah tindak lanjut dari Kereta Luxury 1 yang mendapat respon positif dari pengguna kereta. Terlebih lagi, tingkat okupansi kereta Bromo Anggrek mencapai rata-rata 108%. Maka, kereta luxury dikeluarkan pada tahun 2019.

Kapasitas kursi kereta luxury sangat terbatas. Jika Anda tertarik untuk menggunakan kereta ini maka sangat disarankan melakukan pemesanan dari jauh hari dan Anda akan dapat menikmati fasilitas terbaik dari kereta satu luxury.

Asal Nama Kereta Argo Dwipangga

Nama dari kereta satu ini dapat dikatakan berbeda dari kereta-kereta Argo lainnya. Jika biasanya Kereta Argo menggunakan nama yang berasal dari nama gunung, Argo Dwipangga mengambil nama dari sebuah makhluk mitologi Hindu.

Dwipangga berasal dari nama gajah yang menjadi kendaraan Dewa Indra dalam kepercayaan agama Hindu. Nama ini memiliki arti bahwa kereta Dwipangga dapat melindungi penumpangnya dari segala situasi.

Meskipun begitu, Dwipangga ternyata masih berhubungan dengan gunung. Dwi berarti dua dan Pangga berarti gunung. Gunung yang dimaksud di sini adalah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. 

Nama ini memberikan harapan bahwa Kereta Api Dwipangga dapat bertahan seperti dua gunung tersebut. Bahkan penumpang juga dapat menyaksikan pemandangan dua gunung tersebut ketika dalam perjalanan menggunakan Kereta Argo Dwipangga,.

Jadwal & Harga Tiket Argo Dwipangga Luxury

Argo Dwipangga Luxury memiliki jadwal dan rute perjalanan yang mirip dengan Argo Dwipangga kelas Eksekutif karena pada dasarnya kedua kelas ini ditarik menggunakan lokomotif yang sama dan masih berada dalam satu rangkaian. Berikut adalah jadwal dan rute Argo Dwipangga Luxury: 

Rute Solo Balapan – Gambir No. 9L 

Stasiun 

Kedatangan 

Keberangkatan 

Solo Balapan 

19.45

Klaten 

20.10

20:12

Yogyakarta 

20:30 

20:42 

Kutoarjo 

21:34 

21:37 

Kebumen  

22:03 

22:05 

Purwokerto 

23:14 

23:23 

Cirebon 

01:16 

01:25 

Jatinegara 

04:02 

04:04 

Gambir 

04:20 

Rute Gambir – Solo Balapan No.10L

Stasiun 

Kedatangan

Keberangkatan 

Gambir 

08:00 

Cirebon 

10:47 

10:55 

Purwokerto

12:53 

13:05 

Kebumen 

14:13 

14:16 

Kutoarjo

14:42 

14:48 

Yogyakarta

15:39 

15:44 

Klaten 

16:08 

16:10 

Solo Balapan 

16:35 

Harga tiket untuk Kereta Argo Dwipangga Luxury lebih mahal daripada kereta kelas eksekutifnya. Selisih harganya pun hampir dua kali dari harga kereta eksekutif Argo Dwipangga. Harga subclass J sebesar Rp 800.000, harga subclass I sebesar Rp 910.000, harga subclass H sebesar Rp 970.000, dan harga subclass A sebesar Rp 1.200.000. 

Anda dapat memilih antara menggunakan kereta priority atau luxury karena Argo Dwipangga saat ini juga sudah menambahkan kereta tambahan priority dengan harga yang lebih murah. Perlu diingat bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan PT.KAI. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membuka aplikasi KAI Access atau membuka web resmi dari PT. Kereta Api Indonesia.

Fasilitas Argo Dwipangga Luxury

Sebagai kelas tertinggi di armada Kereta Api Indonesia, Argo Dwipangga Luxury tentu memiliki fasilitas yang terbaik dan premium jika dibandingkan kereta kelas ekonomi, eksekutif dan bisnis. Fasilitas yang terdapat di kereta mencakup toilet yang bersih dengan kloset duduk, bagasi, dan gerbong full AC.

Penumpang dapat menikmati hiburan seperti TV yang terdapat di setiap kursi dan lengkap media hiburan, seperti film, musik, bahkan games. Bukan hanya itu, penumpang juga mendapatkan foldable food tray, bantal, selimut, dan handuk wajah.

Untuk tempat duduk, jangan diragukan lagi. Penumpang akan mendapatkan tempat duduk yang nyaman serta multifungsi. Anda dapat memutar kursi sampai 180 derajat dan merebahkannya sampai 140 derajat. Setiap kursi juga dilengkapi dengan lampu baca dan train attendant button yang berfungsi untuk memanggil pramugari atau pramugara kereta.

Jika Anda lapar atau haus, Anda dapat mengunjungi minibar yang menjadi satu dengan gerbong ini. Anda dapat memesan makanan terbaik dari PT.KAI yang tentunya enak dan lezat. Biasanya makanan yang tersedia adalah makanan khas Indonesia dengan kualitas yang terbaik.

Interior Argo Dwipangga Luxury (Sumber : Wira Nurmansyah on Youtube)

Baca Juga : Kereta Argo Dwipangga : Fasilitas, Jadwal, & Harga Tiket

Tertarik untuk menggunakan kereta api Argo Dwipangga Luxury? Jangan lupa, kursi yang tersedia sangat terbatas. Anda perlu memesannya dari jauh hari supaya tidak kehabisan tiketnya. Semoga penjelasan Tiket Resmi kali ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *