Kartu Jak Lingko – Cara Top Up dan Tarif

1 min read

kartu jak lingko jakarta

Di kawasan DKI Jakarta terdapat sebuah kartu yang dapat digunakan untuk 5 akses transportasi sekaligus. Kartu inilah yang disebut dengan dengan Jak lingko. Bagi para pendatang, Jak Lingko adalah hal yang masih cukup asing namun bagi warga Jakarta hampir semua telah memilikinya. Lalu, sebenarnya apa itu kartu Jak Lingko dan bagaimana cara untuk mendapatkan kartu ini? 

Kali ini Tiket Resmi akan memberikan beberapa informasi yang anda butuhkan untuk mendapatkan kartu Jak Lingko, cara top up dan tarif kartu ini. Yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Kartu Jak Lingko? 

Jak Lingko adalah salah satu sistem transportasi yang telah terintegrasi secara aman dan mudah dijangkau oleh para penggunanya. Kartu ini hadir sebagai sebuah solusi untuk menangani kemacetan Jakarta. Anda tidak perlu menggunakan mobil pribadi saat bekerja atau beraktivitas di luar rumah. Cukup naik kendaraan umum saja. 

Jika ditinjau, Jak Lingko adalah kartu yang menguntungkan bagi penumpang dan sopir angkutan umum. Pada sisi penumpang, sebagian biaya telah disubsidi oleh pemerintah, sehingga Anda hanya membayar Rp. 5.000 pada 3 jam pertama. 

Sedangkan untuk para supir, mereka akan mendapatkan tunjangan dan bonus dari Pemprov DKI. Karena sistem manajemen telah terintegrasi dan tertata dengan rapi, sehingga tidak ada cara nakal atau kongkalikong. Seperti mark up ongkos biaya yang biasa dilakukan oleh para sopir transportasi publik pada umumnya. 

Tarif Jak Lingko

Pemerintah DKI Jakarta telah menetapkan tarif sebesar Rp3.800/km. Sistemnya memang cukup unik dan berbeda. Peraturan tersebut berlaku mulai tahun 2019. Hal ini dilakukan untuk menarik awareness pengguna kendaraan pribadi agar beralih naik transportasi umum. 

Umumnya, sistem penggunaan kartu  mudah untuk diikuti. Misalnya ketika Anda tap in naik MRT di jam 09:00 WIB, dapat berpindah ke LRT pada pukul 10.30 dan kembali naik MRT pukul 11:00 WIB. Saat perjalanan sudah selesai, saldo hanya terpotong sebesar Rp5.000 saja. Jadi jarak jauh maupun dekat dihitung dengan nominal sama, yaitu Rp5.000. Sungguh sebuah cara yang keren!

Cara Top Up Kartu Jak Lingko

Anda dapat beli tapcash di alfamart atau melalui aplikasi JackOne mobile milik Bank DKI. Hal ini dilakukan agar Anda tetap aman dan tidak tertular virus Covid-19. Simak cara top up kartu Jak Lingko melalui poin-poin di bawah ini:

  1. Unduh aplikasi JackOne mobile di smartphone Anda. 
  2. Login dan pilih opsi isi ulang JakLingo
  3. Tempel kartu ke bagian belakang handphone dan tap pilihan ‘Tempel Kartu’
  4. Pilih nominal saldo yang ingin diisi
  5. Pilih sumber dana pembayaran (dapat melalui M-Banking atau JackOne Play). 

Saat ini Pemprov DKI Jakarta tengah gencar meningkatkan pelayanan transportasi umum. Pada tahun 2019. pemerintah telah bekerja sama dengan total 316 armada yang terdiri dari Kopaja, Metromini, Kopamini Jaya dan Koantas Bima. 

Bagi Anda yang ingin bekerja di Ibukota, sebaiknya memahami kartu Jak Lingko untuk apa saja. Karena kehadirannya mampu mengurangi kemacetan Jakarta. Dengan naik kendaraan umum secara rutin, Anda akan berkontribusi langsung dalam mengurangi polusi udara dan menjaga bumi ini.

Last Updated on November 18, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *