7 Cara Naik KRL dan Harga Tiket

2 min read

cara naik krl

Pada era new normal seperti sekarang, PT. KCI (Kereta Commuter Indonesia) telah menetapkan peraturan baru tentang cara naik KRL. Kebijakan ini dibuat untuk masyarakat Indonesia agar tak mudah tertular virus corona saat melakukan perjalanan jauh atau dekat. Simak panduan cara naik kereta listrik, harga tiket KRL, dan cara beli tiket KRL baik secara online maupun offline di bawah ini. 

Cara Naik KRL 

Bagi Anda yang masih belum mengetahui gambaran secara umumnya, dapat memahami beberapa panduan atau prosedur tentang cara naik krl (Commuter Line) melalui poin-poin berikut. 

1. Pastikan Anda Memiliki Kartu

Sistem pembelian tiket pada KRL yaitu menggunakan tap kartu. Bagi warga yang menetap di Jakarta, anda tentu telah terbiasa menggunakan E-card seperti flazz dan jenis e-card lainnya. Pastikan bahwa anda memiliki saldo pada kartu tersebut.

Namun jika anda adalah seorang wisatawan atau pendatang yang ingin menggunakan KRL, ada beberapa cara yang bisa anda pilih.

A. Membeli kartu di Alfamart Terdekat

Bagi nasabah Bank BCA, anda bisa membeli kartu flazz di gerai Alfamart terdekat. Pastikan bahwa kartu tersebut telah terisi saldo. Selain dapat membeli kartu flazz, Anda juga bisa melakukan top up saldo untuk Kartu Multi Trip.

B. Membeli Kartu Multi Trip

Kartu Multi Trip merupakan salah satu cara untuk anda yang ingin menggunakan KRL. Sistem yang digunakan pada KMT ini adalah deposit. Anda perlu membayarkan biaya deposit sebesar Rp10.000 dan bisa anda dapatkan kembali ketika mengembalikan kartu tersebut. Masa berlaku untuk KMT tidak terbatas, anda bisa menyimpannya dan tetap menggunakannya.

Tetapi, untuk bisa mendapatkan biaya deposit kembali, anda perlu mengembalikan kartu KMT ke loket stasiun maksimal 7 hari setelah pembayaran / pembelian kartu Multi Trip.

Berikut penjelasan biaya Kartu Multi trip untuk Anda

Tipe KartuHargaSaldo
KMT RegulerRp30.000Rp10.000
KMT X-PRESIRp30.000Rp15.000
KMT Special EditionRp30.000Rp15.000
Tabel harga kartu multi trip

Baca: Jam Operasional KRL Jakarta Terbaru

2. Cara Beli Tiket KRL 

Cek Jadwal KRL disini yuk : Jadwal KRL Terbaru 2021 – New normal

Anda bisa membeli tiket KRL menggunakan vending machine yang ada distasiun keberangkatan. Nantinya, vending machine ini akan mengeluarkan kartu Single multi trip. Berikut cara membeli tiket KRL menggunakan vending machine :

  1. Pilih nama stasiun tujuan dengan mengetikkan huruf depan di mesin.
  2. Pilih jumlah tiket yang akan dibeli. Jumlah tersebut disesuaikan dengan banyaknya penumpang.
  3. Kemudian, Anda akan diarahkan ke bagian pembayaran. Pada tahap ini, tersedia beberapa pilihan metode pembayaran seperti LinkAja atau Cash.
  4. Jika pembayaran cash, Anda bisa memasukkan uang ke dalam alat penerima uang.
  5. Proses selesai. Anda akan mendapatkan KMT dan siap digunakan

Untuk mendapatkan uang deposit yang telah dibayarkan, Anda bisa mengembalikan KMT pada loket di stasiun kedatangan.

3. Masuk ke Peron dan Tunggu 

Setelah Anda mengetahui cara naik krl dan membeli tiket, tap kartu Anda pada alat yang tersedia. Kemudian masuk ke dalam stasiun dan menunggu kereta yang akan datang.

4. Cara Naik KRL ke Stasiun Tujuan 

Ketika kereta tujuan sudah tiba di stasiun, silahkan Anda memasuki gerbong KRL yang ingin dituju. Sebaiknya tidak berdesakan dan tunggu penumpang lain untuk turun terlebih dahulu. Hal ini merupakan salah satu cara naik krl di era new normal.

5. Turun di Stasiun Tujuan 

Pada saat Anda di dalam gerbong kereta Commuter Line, pihak KRL telah menyediakan kabin atau bagasi untuk menaruh barang bawaan penumpang. Sebelum sampai di stasiun atau tempat tujuan, pastikan barang tidak tertinggal ya!

6. Wajib Memakai Masker 

Pada era new normal, pemerintah telah mengeluarkan aturan baru dalam cara naik krl bagi para penumpang. Salah satunya adalah wajib memakai masker dengan 3 lapis kain. Saat sudah duduk di dalam, Anda dapat browsing info-info terbaru seperti mengecek jadwal KRL lain untuk perjalanan berikutnya.

Baca: Jadwal KRL Cikarang Jakarta

7. Wajib Social Distancing 

Cara naik krl yang benar adalah dengan membawa masker dan tidak berdesakan. Pastikan selalu jaga jarak antarpenumpang. Jangan lupa untuk mematuhi peraturan dari petugas kereta dengan baik.

Harga Tiket KRL

Harga tiket krl ini sudah berdasarkan jarak lintas kereta mulai 1 sampai 25 Km pertama. PT. KCI mulai menerapkan sistem baru yaitu E-tiket dan tarif progresif. Untuk menghitung tarif per orang, Anda dapat melihatnya melalui bagan harga tiket KRL berikut. 

Jarak LintasTarif Per OrangTarif OperatorTarif PSO
1 – 25 KmRp. 3.000Rp. 6.250Rp. 3.250
Untuk 10 Km berikutnya Rp. 1.000Rp. 2.500Rp. 1.500
Tarif Dasar Operasional

Itulah informasi mengenai cara naik krl saat new normal atau pandemi. Penumpang kereta listrik wajib mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah saat ini. Pastikan untuk selalu membawa hand sanitizer dan memakai masker saat naik KRL ya! Jangan lupa cek berita terbaru lainnya di Tiket Resmi.

Last Updated on Februari 15, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top