7 Cara Naik KRL Saat New Normal dan Harga Tiketnya

2 min read

cara naik krl

Pada era new normal seperti sekarang, PT. KCI (Kereta Commuter Indonesia) telah menetapkan peraturan baru tentang cara naik KRL. Kebijakan ini dibuat untuk masyarakat Indonesia agar tak mudah tertular virus corona saat melakukan perjalanan jauh atau dekat. Simak panduan cara naik kereta listrik, harga tiket KRL, dan cara beli tiket KRL baik secara online maupun offline di bawah ini. 

Cara Naik KRL Saat New Normal 

Bagi Anda yang masih belum mengetahui gambaran secara umumnya, dapat memahami beberapa panduan atau prosedur tentang cara naik krl (Commuter Line) melalui poin-poin berikut. 

1. Pesan Tiket KRL

Panduan cara naik krl yang efektif adalah pesan tiket dan cek jam operasional kereta. Kemudian siapkan uang tunai atau non tunai ketika akan membelinya. Untuk beli tiket KRL dapat melalui KAI Access atau melalui loket stasiun terdekat. 

Baca: Jam Operasional KRL Jakarta Terbaru

2. Cara Beli Tiket KRL 

Terdapat dua jenis layanan dalam cara naik KRL. Simak informasi lengkap tentang cara beli tiket krl baik online maupun offline berikut:

Cara Beli Tiket KRL Offline 

  • Beli tiket kereta melalui stasiun terdekat
  • Mendatangi petugas loket untuk membeli tiket secara manual
  • Setelah itu tunggu sampai petugas loket  memberitahu Anda tentang harga tiket krl, jadwal keberangkatan KRL lengkap dengan hari keberangkatan, waktu tiba dan jam datang kereta. 
  • Siapkan uang cash sebelum beli tiket KRL.
  • Pilih jadwal sesuai dengan apa yang Anda inginkan. 
  • Simpan bukti pembayaran beli tiket setelah Anda membayarnya.

Cara Beli Tiket KRL Online 

  • Anda dapat beli tiket kereta melalui aplikasi KAI access. Karena jenis layanannya membuat penumpang bebas melakukan perubahan jadwal maupun refund. 
  • Login ke situs web PT. KAI untuk beli tiket KRL. Saat Anda klik menu pemesanan tiket, langsung saja pilih jadwal keberangkatan kereta, mengatur stasiun awal dan tujuan hingga memilih tempat duduk. 
  • Membeli tiket KRL melalui agen E-tiket online. Setelah Anda melakukan transaksi pembayaran, akan mendapatkan kode tertentu untuk bisa menaiki Commuter Line. 
  • Cara beli tiket KRL yang terakhir adalah dengan menghubungi kontak center 121. Petugas akan melayani pesanan Anda dengan baik. Dan jangan lupa menyiapkan dokumen seperti E-Ktp untuk memudahkan proses pembelian tiket. 

3. Masuk ke Peron dan Tunggu 

Setelah Anda mengetahui cara naik krl dan membeli tiket, tunggu hingga mendapatkan kode booking. Kemudian masuk ke dalam stasiun dan menunggu kereta yang akan datang.

4. Cara Naik KRL ke Stasiun Tujuan 

Ketika kereta tujuan sudah tiba di stasiun, silahkan Anda memasuki gerbong KRL yang ingin dituju. Sebaiknya tidak berdesakan dan tunggu penumpang lain untuk turun terlebih dahulu. Hal ini merupakan salah satu cara naik krl di era new normal.

5. Turun di Stasiun Tujuan 

Pada saat Anda di dalam gerbong kereta Commuter Line, pihak KRL telah menyediakan kabin atau bagasi untuk menaruh barang bawaan penumpang. Sebelum sampai di stasiun atau tempat tujuan, pastikan barang tidak tertinggal ya!

6. Wajib Memakai Masker 

Pada era new normal, pemerintah telah mengeluarkan aturan baru dalam cara naik krl bagi para penumpang. Salah satunya adalah wajib memakai masker dengan 3 lapis kain. Saat sudah duduk di dalam, Anda dapat browsing info-info terbaru seperti mengecek jadwal KRL lain untuk perjalanan berikutnya.

Baca: Jadwal KRL Cikarang Jakarta

7. Wajib Social Distancing 

Cara naik krl yang benar adalah dengan membawa masker dan tidak berdesakan. Pastikan selalu jaga jarak antarpenumpang. Jangan lupa untuk mematuhi peraturan dari petugas kereta dengan baik.

Harga Tiket KRL

Harga tiket krl ini sudah berdasarkan jarak lintas kereta mulai 1 sampai 25 Km pertama. PT. KCI mulai menerapkan sistem baru yaitu E-tiket dan tarif progresif. Untuk menghitung tarif per orang, Anda dapat melihatnya melalui bagan harga tiket KRL berikut. 

Jarak LintasTarif Per OrangTarif OperatorTarif PSO
1 – 25 KmRp. 3.000Rp. 6.250Rp. 3.250
Untuk 10 Km berikutnya Rp. 1.000Rp. 2.500Rp. 1.500
Tarif Dasar Operasional

Itulah informasi mengenai cara naik krl saat new normal atau pandemi. Penumpang kereta listrik wajib mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah saat ini. Pastikan untuk selalu membawa hand sanitizer dan memakai masker saat naik KRL ya! Jangan lupa cek berita terbaru lainnya di Tiket Resmi.

Last Updated on Oktober 24, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *