Berkeliling Kota Nyaman & Asyik dengan Biskita, Ini Rutenya!

Biskita Trans Pakuan (Sumber: @adiiafvs on Instagram)
Biskita Trans Pakuan (Sumber: @adiiafvs on Instagram)
Berkeliling kota naik bus yang nyaman dan murah merupakan suatu hal yang menyenangkan. Berikut ini info rute, jam operasional, dan tarif naik Biskita.
Daftar isi

Berkeliling kota naik bus yang nyaman dan terjangkau merupakan suatu hal yang menyenangkan. Mari berkenalan dengan Biskita. Layanan transportasi umum yang satu ini melayani perjalanan darat untuk beberapa destinasi di Kota Bogor. Berikut ini info merupakan pembahasan lebih lanjut mengenai rute perjalanan, jam operasional, serta tarif naik Biskita.

Berkeliling Kota Asyik dengan Biskita Trans Pakuan

Bagi masyarakat Kota Bogor yang ingin berkeliling Bogor dengan memakai moda transportasi darat, Biskita Trans Pakuan dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu transportasi umum untuk bepergian ke beberapa destinasi di wilayah Bogor. Layanan bus kota yang satu ini telah terintegrasi dengan aplikasi Teman Bus, sehingga penumpang dapat mengakses informasi terkait perjalanan cukup dari ponsel saja.

Biskita Trans Pakuan merupakan layanan angkutan umum dengan basis bus rapid transit di Kota Bogor. Diperkenalkan pada tahun 2021, Pada pengoperasiannya, bus kota yang satu ini menerapkan konsep subsidi BTS (Buy the Service) oleh BPTJ Kementerian Perhubungan serta diselenggarakan oleh PT Kodjari Tata Angkutan sebagai pihak operator. Bus kota yang satu ini mirip dengan Transjakarta, hanya saja bus ini tidak melalui jalur khusus.

Apabila ingin menaiki Biskita Trans Pakuan, calon penumpang diharuskan untuk menyiapkan kartu pembayaran elektronik non tunai. Selain itu juga, penumpang tetap harus menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer, dan juga menjaga jarak aman.

Rute Biskita Bogor

Biskita Trans Pakuan memasuki halte (Sumber: @aurelliance.bogor on Instagram)
Biskita Trans Pakuan memasuki halte (Sumber: @aurelliance.bogor on Instagram)

Pada saat ini, layanan bus kota ini telah memiliki 4 buah koridor dengan rute perjalanan berbeda yang telah beroperasi secara penuh. Untuk operasional ke depannya, pihak Dinas Perhubungan akan menghadirkan koridor-koridor tambahan lainnya dengan rute perjalanan yang berbeda dari koridor yang sudah ada.

Artikel Terkait

Dari keempat koridor Biskita, koridor 2 (K2F) memiliki rute perjalanan terpanjang dari Terminal Bubulak menuju ke Ciawi via Cidangiang (PP). Berikut merupakan Rute Biskita Bogor terbaru berdasarkan koridor yang beroperasi yang dilansir dari laman resmi Teman Bus.

KoridorRute Perjalanan
Koridor 1 (K1F):

Terminal Bubulak – Cidangiang (PP)

Halte Terminal Bubulak, SBJ, Halte Semplak, Ruko Yasmin, Radar Bogor, Halte Transmart, Halte Cimanggu (1), Halte UIKA (1), Halte Tugu Narkoba (2), Halte DisDik, Halte Bantarjati (2), Halte SMKN 3, Halte IPB MM, Halte PMI, Halte Kebun Raya, Halte Cidangiang, Halte SDN Bangka, Halte KLHK, Halte KPPN Bogor, Halte Juanda, Halte Taman Ekspresi, Halte Bantarjati (1), Halte YPHB, Halte Warung Jambu, Halte Tugu Narkoba (1), Halte UIKA (2), Halte Kampus LIA, Cimanggu (2), Halte RS Hermina, Halte Kolam Renang Yasmin, Ruko Yasmin (2), SBJ (2), Halte Terminal Bubulak.
Koridor 2 (K2F):

Terminal Bubulak – Ciawi (via Cidangiang) (PP)

Halte Terminal Bubulak, Perum Sinbad, Halte BKP5K, Lokatmala, Halte Pasar Gunung Batu, Veteran, Halte BAPPEDA, Halte PMI, Kebun Raya, Halte Cidangiang, Pakuan, Halte Villa Duta, Halte Kesatuan (2), Halte Sukasari, Halte PDAM (2), Halte Dishub, Halte UNITEX (2), Halte Sindangsari (1), Halte Sindangsari (2), Halte Ciawi, Halte UNITEX (1), Halte Pakuan (1), Halte Meteorologi, Halte Pakuan (2), Ekalokasari, Halte Damkar, Pulo Armin, Halte PDAM (1), Masjid Raya, Halte SDN Bangka, KLHK, Halte KPPN Bogor, Juanda, Halte Budi Mulia, Taman Topi, Stasiun Bogor, Halte Mall BTW, Halte Yonif 315, AkBid, Halte AsPol, Sentra Bisnis Graha Niaga, Halte Terminal Bubulak
Koridor 5 (K5F): Terminal Ciparigi – Stasiun Bogor (PP)Halte Terminal Ciparigi, Halte SMP 19 (1), Halte Villa Bogor Indah 2 (1), Halte Komplek PGRI, Halte Simpang Talang 1, Halte Jambu Dua, Halte SLTPN 8, Halte BPJS, Halte Dinkes, Halte GOR 2, Halte Dinas Sosial (Dinsos), Halte Puskesmas Merdeka, Halte PGB Merdeka, Halte Stasiun Bogor, Halte Bappeda, Halte RS Salak, Halte Sudirman, Halte Air Mancur (2), Halte GOR, Halte Gedung DPRD, Halte SMPN 5, Halte Tugu Narkoba (1), Halte Tugu Narkoba (2), Halte Pemda (2), Halte SDN Kedung Halang (1), Halte Kedung Halang (2), Halte Villa Bogor Indah 2 (2), Halte SMPN 19 Bogor (2), Halte Terminal Ciparigi.
Koridor 6 (K6F):

Parung Banteng – Air Mancur Bogor (PP)

Halte Parung Banteng, Halte Parung Banteng (2), Halte BSI (2), Halte Simpang Bogor Baru, Halte Bratasena, Halte Taman Corat Coret (1), Halte Jambu Dua (1), Halte SLTPN 8, Halte BPJS, DinKes, Halte Air Mancur (1), Halte Air Mancur (2), Halte GOR, Halte DPRD Baru, Halte SMPN 5, Halte Jambu Dua (2), Halte Villa Citra Bantarjati, Halte Taman Corat Coret (2), Halte Simpang Cimahpar, Halte BSI (1), Halte Griya Bogor Raya, Halte Parung Banteng.

Jadwal dan Harga Tiket Biskita Bogor

Tampak samping dari Biskita (Sumber: @adiiafvs on Instagram)
Tampak samping dari Biskita (Sumber: @adiiafvs on Instagram)

Armada Biskita Trans Pakuan sendiri mulai beroperasi dari pukul 05.00 WIB pagi hingga pukul 21.00 WIB malam. Apabila ingin mengetahui jadwal Biskita dari masing-masing halte pemberhentian, calon penumpang dapat mengecek posisi armada bus beserta jadwal keberangkatan dari halte pemberhentian pada aplikasi Teman Bus. Pada aplikasi smartphone ini terdapat menu untuk melihat jadwal tiba dan berangkat dari armada Biskita.

Aplikasi Teman Bus ini dapat calon penumpang unduh secara gratis di Google Playstore atau Apple App Store. Khusus untuk melihat jadwal Biskita kota Bogor, calon penumpang perlu terlebih dahulu memilih “Bogor” pada menu pilihan kota. Setelah itu, pada bagian bawah klik “Jadwal”. Kemudian pilih koridor yang ingin dicek posisi serta jadwal keberangkatannya.

Layanan transportasi Biskita Bogor sampai sekarang ini dapat dinaiki oleh masyarakat tanpa dikenakan biaya sepeserpun saat menaikinya. Tarif yang gratis ini dikarenakan adanya subsidi yang diberikan oleh pemerintah pusat guna meningkatkan pengelolaan transportasi darat di kota Bogor. Walaupun demikian, penumpang harus tetap melakukan tap dengan kartu pembayaran elektronik non tunai (e-money) agar bisa memakai layanan bus kota yang satu ini.

Armada dan Fasilitas Biskita

Dalam melayani rute perjalanan di wilayah kota Bogor, pihak Biskita kota Bogor menggunakan total 49 armada bus berukuran sedang. Armada bus yang digunakan memakai bodi Nucleus 5 hasil produksi karoseri Laksana. Masing-masing armada bus dapat memuat total 35 orang penumpang, dengan rincian 20 penumpang duduk dan 15 penumpang berdiri.

Armada bus tersebut juga telah dilengkapi beberapa fasilitas seperti air conditioner, alat pemadam api ringan (APAR), kamera pengawas, dan juga pintu darurat. Selain itu juga, bus juga telah dilengkapi dengan beberapa peralatan Internet of Things (IoT) seperti GPS tracking, passenger counting, serta camera surveillance. Peralatan tersebut berguna untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui jadwal kedatangan dan keberangkatan unit bus.

Baca juga: Cek Info Jadwal, Rute, dan Harga Tiket Bus MGI Terbaru 2022

Itu tadi merupakan artikel mengenai Biskita Trans Pakuan Bogor. Semoga artikel Tiket Resmi berikut ini dapat dijadikan sumber informasi sebelum mengelilingi kota Bogor menggunakan bus kota yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *