1. Blog

Wuling Air ev Indonesia: Spesifikasi, Fitur, dan Harga 2024

Telah diumumkan pada pagelaran GIIAS 2022, mobil listrik besutan Wuling bernama Wuling Air ev resmi dipasarkan di Indonesia. Penasaran dengan spesifikasi, fitur, serta harganya? Simak lebih lengkapnya pada artikel Tiket Resmi di bawah ini.

Wuling Air ev, Mobil Listrik Compact Besutan Wuling

Belakangan ini mulai muncul beberapa mobil listrik berbagai macam merk di pasar moda transportasi di Indonesia. Pabrikan asal Tirai Bambu yang satu ini rasanya tidak ingin kalah. Wuling akhirnya merilis Wuling Air ev yang sudah resmi dipasarkan di Indonesia pada tahun 2022 ini. Dengan tampilan stylish futuristik dan dimensi mobil yang mungil, mobil listrik ini rasanya tepat untuk dijadikan kendaraan pribadi di perkotaan.

Selain itu juga, fitur modern yang beragam dapat dinikmati pada mobil listrik besutan Wuling ini demi memaksimalkan pengalaman berkendara. Selain fitur yang beragam, hal yang menjadi nilai jual pada mobil listrik ini adalah harganya yang terjangkau apabila dibandingkan dengan mobil listrik dari merek-merek transportasi lain di Indonesia. Dengan harga yang terjangkau, diharapkan mobil ini dapat menyasar target pasar yang lebih luas.

Desain Eksterior Futuristik Khas Wuling Air ev

Tampak Samping dari Wuling Air ev (Sumber: @irfan_xb16 on Instagram)
Tampak Samping dari Wuling Air ev (Sumber: @irfan_xb16 on Instagram)

Secara desain eksterior, Wuling Air ev ini mengusung tema tampilan yang compact, stylish, innovative, dan dapat mendukung kebutuhan mobilitas di jalan perkotaan. Mobil ini tersedia dalam 5 pilihan warna fresh untuk mendukung kesan stylish yang ingin dihadirkan Wuling. Tersedia warna Pristine White, Lemon Yellow, Peach Pink, Avocado Green, dan juga Galaxy Blue yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Artikel Terkait

Dari tampilan depan, mobil ini dilengkapi dengan extended horizon DRL lamp yang bergaya modern. Lampu LED ini didesain dengan garis horizontal sehingga dapat dikenali dari jarak jauh. Lalu masih tampak depan, terdapat logo Wuling yang dilengkapi LED sehingga dapat menyala. Logo Wuling yang menyala ini menguatkan konsep kendaraan eco-futuristic yang ingin ditonjolkan.

Untuk lampu mobil, Wuling Air ev dilengkapi dengan modern parallel headlamp and rear lamp yang dapat memberikan penerangan menyeluruh demi keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Menuju bagian belakang, terdapat aero-craft cabin window dengan desain kabin yang first class. Desain kabin tersebut akan memberikan sudut pandang yang luas untuk memandang ke belakang.

Berbicara tentang bodi, mobil ini memiliki dimensi yang kompak. Mobil ini memiliki dimensi 2974 mm x 1505 mm x 1631 mm yang terbilang sangat ringkas dan kompak. Dengan bodi yang kompak ini, mobil Wuling Air ev dapat dikendarai dengan mobilitas yang luas. Bodi kompak juga memungkinkan mobil ini untuk lebih mudah diparkir dan bermanuver dengan mudah untuk jalan-jalan sempit atau akses jalan perkotaan.

Selain itu juga mobil ini akan terasa nyaman dikendarai karena dilengkapi oleh sistem suspensi dari Wuling Air ev yang dapat membagi bobot kendaraan dengan optimal. Dengan sistem suspensi ini, mobil dapat melewati berbagai macam kondisi jalan dan akan tetap stabil saat melakukan manuver.

Desain Interior Wuling Air ev

Interior dari Wuling Air ev yang futuristik (Sumber: Wuling)
Interior dari Wuling Air ev yang futuristik (Sumber: Wuling)

Walaupun mobil ini berdimensi kompak, ternyata Wuling Air ev ini lega di dalamnya. Dengan konsep 4-seater yang lapang, mobil ini dirancang untuk memanfaatkan ruang dengan efisien demi kenyamanan maksimal penumpang yang duduk di kendaraan ini. Untuk memaksimalkan efisiensi, tersedia berbagai macam ruang penyimpanan yang tersedia di bagian interior mobil seperti key holder, door storage, dan juga cup holder serta compartments multifungsi.

Mobil ini juga dilengkapi dengan kursi berbahan dasar kulit sintetis yang nyaman dan lebih stylish. Lalu mobil ini juga dibekali dengan dashboard futuristik yang menyediakan berbagai fitur modern untuk memudahkan kebutuhan pengendara. Maka dari itu Wuling Air ev interior dapat memaksimalkan kenyamanan dari penumpang yang berada di mobil ini.

Kapasitas Baterai dan Jarak Tempuh Wuling Air ev

Sebagai mobil listrik, masalah baterai sebagai sumber tenaga agar dapat menjalankan mobil serta jarak tempuh yang mampu dicapai menjadi sebuah pembahasan yang amat penting untuk diketahui. Wuling Air ev sendiri memasarkan dua jenis varian yaitu varian Standard Range dan Long Range yang keduanya memiliki jarak tempuh dan kapasitas baterai yang berbeda. Namun kedua varian tersebut telah dilengkapi dengan baterai dengan sertifikat IP67 yang lebih awet.

Untuk mengetahui perbedaannya lebih mendalam, berikut kami rangkum perbedaan baterainya dilansir dari website resmi Wuling untuk mobil Air ev pada tabel berikut ini.

Main Battery and Powertrain

Tipe BateraiLithium Ferro-Phosphate: IP67 RatingLithium Ferro-Phosphate: IP67 Rating
Kapasitas Baterai / Rated Voltage17,3 kWh / 115 V26,7 kWh / 115 V
Jarak TempuhSampai dengan 200 KmSampai dengan 300 Km
Durasi Charging8,5 Jam memakai charger arus AC 2,0 kW4 Jam memakai charger arus AC 6,6 kW
Drive Motor30 kW, 110 Nm30 kW, 110 Nm
TransmissionSingle Reduction GearSingle Reduction Gear

Dibekali dengan drive motor dengan daya maksimal dan torsi yang sama, mobil ini dilengkapi dengan fitur bernama Instant Acceleration. Fitur ini memaksimalkan kapasitas mesin dengan daya dan torsi maksimum yang langsung tersedia sejak putaran mesin (rpm) nol. Hal ini berfungsi agar mobil bisa langsung berakselerasi dengan kencang.

Fitur Wuling Air ev

Baterai bersertifikat IP67 yang tahan air

Wuling Air ev yang memiliki bodi kompak ini ternyata dibekali oleh baterai super. Saat menyebut baterai super dirasa tidak berlebihan karena baterai yang ada pada mobil ini telah bersertifikat IP67 yang tahan air dan lebih awet. IP67 memastikan bahwa baterai ini tahan dengan berbagai macam kondisi karena telah lulus berbagai macam uji. Bahkan pihak Wuling sendiri berani memasang garansi selama 8 tahun garansi atau setelah melalui perjalanan sejauh 120.000 Km.

Teknologi WIND dan Remote Control App

WIND merupakan singkatan dari Wuling Indonesian Voice Command. Teknologi ini terintegrasi dengan steering wheel yang ada pada Wuling Air ev. Seperti namanya, WIND ini merupakan fitur yang memungkinkan pengendara untuk menjalankan fitur-fitur di dalam mobil hanya dengan menggunakan suara perintah berbahasa Indonesia. Fitur yang bisa diaktifkan oleh teknologi WIND sangatlah banyak.

Dengan menggunakan perintah berbahasa Indonesia ke teknologi WIND, pengendara dapat mengangkat telepon, memainkan musik, menyalakan radio, membuka navigasi online, mengatur volume, menanyakan jam dan tanggal, sampai ke fitur interiornya seperti menyalakan dan mengatur jendela,

Selain itu juga ada Remote Control App dimana pengendara dapat mengakses status pengisian daya baterai serta dapat mengakses berbagai fitur canggih lainnya hanya menggunakan aplikasi smartphone. Dengan Remote Control App pengendara dapat menggunakan fitur geo-fencing security, online messaging, bluetooth key, lock and unlock doors, online navigation, wireless mirrorlink, dan setting air conditioner hanya dari aplikasi smartphone saja.

Multifunction Steering Wheel dan Integrated Floating Widescreen

Wuling Air ev menyediakan setir mobil yang dilengkapi dengan tombol multifungsi yang langsung terintegrasi di dalamnya. Tombol ini dapat digunakan untuk mengakses berbagai fungsi seperti menerima telepon, memutar audio, dan menggunakan fitur WIND untuk memberikan perintah dalam bahasa Indonesia. Diletakkan langsung pada setir mobil dimaksudkan agar pengemudi bisa tetap fokus berkendara tanpa harus kerepotan.

Varian Long Range dari Wuling Air ev dilengkapi oleh dua layar terintegrasi dengan lebar 10,25 inci. Dua layar tersebut tersambung dan memiliki fungsinya masing-masing. Layar yang sebelah kanan digunakan untuk melihat informasi berkendara sedangkan untuk layar yang sebelah kiri digunakan untuk mengakses berbagai macam multimedia.

Keyless Entry dan Smart Start System

Kunci pada Wuling Air ev didesain dengan bentuk yang cerdas dan modern. Dengan teknologi Keyless Entry dan Smart Start System, memungkinkan pengendara untuk menyalakan mobil dengan instan tanpa harus menekan tombol atau menggunakan anak kunci terlebih dahulu. Fitur ini sayangnya hanya tersedia untuk Air ev dengan varian long range.

Center Controle yang Futuristik

Mobil ini juga dilengkapi dengan konsol tengah modern yang menyimpan banyak fungsi seperti penyimpanan juga sebagai knob untuk transmisi. Pada fitur ini, berpindah gigi dapat dilakukan semudah memutar knob yang ada pada konsol tengah ini. Lalu terdapat Electric Parking Brake (EPB) dan Automatic Vehicle Holding (AVH) untuk memudahkan proses pengereman dan parkir mobil.

Easy Home Charging System

Untuk memudahkan pengisian daya, Wuling menyediakan fitur Easy Home Charging System agar pemilik mobil bisa mengisi dayanya sendiri menggunakan listrik di rumah. Dengan daya listrik minimum 2200 W, pengendara sudah bisa mengisi sendiri daya pada baterai mobil. Sistem ini juga memberikan socket box guna memberikan kemudahan serta perlindungan terhadap cuaca apabila ingin mengisi daya di luar rumah.

Sistem ini juga menyediakan charging pillar yang dijual terpisah. Charging Pillar berfungsi layaknya stasiun pengisian daya listrik. Dengan daya maksimal 7,7 kW pada charging pillar, alat ini dapat digunakan untuk mengisi daya baterai mobil dengan lebih cepat.

Beberapa Fitur Keamanan

Wuling Air ev ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan. Untuk keamanan utama, disediakan 2 buah airbags untuk melindungi dan menjega keselamatan pengendara di depan. Lalu juga terdapat isofix yang merupakan pengait berstandar ISO untuk dipasangkan child seat demi kenyamanan dan keselamatan ekstra penumpang anak-anak. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan struktur bodi yang kokoh.

Untuk fitur keamanan aktifnya terdapat beberapa fitur seperti ABS dan EBD guna membantu dalam pengereman apabila terdapat objek di depan mobil. Lalu juga ada ESC guna untuk menyeimbangkan badan mobil saat menyetir. Selanjutnya ada fitur TPMS untuk mengecek tekanan pada ban agar tetap aman digunakan. Untuk menahan badan mobil pada tanjakan, mobil ini dilengkapi dengan fitur HHC untuk kebutuhan tersebut.

Selain itu juga mobil ini dilengkapi dengan immobilizer, sensor dan kamera belakang untuk parkir, serta alarm anti pencuri demi keamanan ekstra. Bisa dibilang mobil ini sudah cukup lengkap dari fitur keamanannya.

Harga Wuling Air ev Indonesia

Wuling Air ev telah resmi dipasarkan di Indonesia pada tahun 2022 untuk memenuhi kebutuhan pasar transportasi ramah lingkungan di dalam negeri. Dilansir dari laman resmi web Wuling, unit mobil listrik compact ini dibanderol dengan harga Rp200 jutaan saja untuk dua varian yang tersedia. Berikut merupakan detail dari harga Wuling Air ev Indonesia

Harga Wuling Air ev Indonesia

TipeKelengkapan FiturHarga (OTR: Jakarta)
Air ev – Long Range (26,8 kWh Battery Capacity, Range up to 300 km)Integrated Floating Widescreen and Smart Start System (10.25”), Futuristic Center Console, Certified IP67 Waterproof Battery, Easy Home Charging System, 2 Airbags, Roomy 4-SeaterRp295.000.000
Air ev – Standard Range (17,3 kWh Battery Capacity, Range up to 200 km)IP67 Waterproof Battery, Easy Home Charging System, 2 Airbags, Roomy 4-SeaterRp238.000.000

Baca juga: Hyundai Ioniq 5: Fitur, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2022

Berikut tadi merupakan informasi singkat mengenai mobil listrik Wuling Air ev. Tertarik untuk menjadikannya sebagai partner transportasi dalam kota?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Wuling Air ev Indonesia: Spesifikasi, Fitur, dan Harga 2024

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian jauh menggunakan transportasi umum adalah bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih naik kendaraan umum karena harganya terjangkau dan salah satu upaya mengurangi polusi udara. Salah satu bus yang memberikan kenyamanan yang luar biasa adalah bus Harapan Indah.  Profil PO Bus Harapan Indah Perusahaan otobus yang terkemuka di […]

    Trending

    Perusahaan Otobus (PO) tersebar di seluruh Indonesia. Seperti halnya, di ujung timur Indonesia terdapat armada bus lintas aceh yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh untuk bepergian. Ternyata, masyarakat di sana telah menggunakan armada ini sudah cukup lama. Hal ini membuat banyak PO semakin ingin berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para penumpang setia. Yuk, simak […]
    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]