Bus Putera Mulya: Rute, Fasilitas, dan Harga Tiket 2022

Bus Putera Mulya (Sumber: @umbara_style56 on Instagram)
Bus Putera Mulya (Sumber: @umbara_style56 on Instagram)
Simak informasi mengenai profil, rute perjalanan, unit bus, fasilitas, serta harga tiket terbaru dari PO Putera Mulya pada artikel tiket resmi yang satu ini.
Daftar isi

Ingin bepergian ke Wonogiri, Jogja, atau Malang dari Jabodetabek dengan unit bus dari PO Putera Mulya? Simak informasi selengkapnya mengenai profil singkat, rute perjalanan, unit bus, fasilitas, serta harga tiket terbaru dari PO Putera Mulya pada artikel tiket resmi yang satu ini.

Profil dan Rute PO Putera Mulya

PO Putera Mulya merupakan perusahaan otobus yang telah ada sejak lama. Perusahaan otobus ini bergerak di bidang transportasi darat mulai dari bus AKDP sampai bus AKAP. Dengan mengusung motto “Nyaman dan Terjangkau”, bus ini kerap dijadikan pilihan bagi para penumpang yang ingin naik bus dengan harga terjangkau namun tetap ingin mendapatkan bus yang nyaman dengan fasilitas yang bagus.

Selain dari harga tiket yang murah dan fasilitas yang bagus, pihak PO Putera Mulya menggunakan armada bus yang dilengkapi chassis kelas premium keluaran Mercedes Benz dengan tipe OH 1836. Chassis bus ini ditenagai dengan mesin yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 360 hp dan juga telah bersuspensi udara sehingga perjalanan penumpang akan terasa jadi lebih nyaman.

Bus Putera Mulya melayani perjalanan darat Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan tiga rute perjalan utama. Beberapa rute PO Putera Mulya adalah sebagai berikut:

  • Pelabuhan Merak – Jabodetabek – Wonogiri (PP)
  • Jabodetabek – Kebumen – Yogyakarta – Klaten (PP)
  • Jabodetabek – Madiun – Surabaya – Malang (PP)

Sejarah PO Putera Mulya

Sejarah PO Putera Mulya diawali oleh Bapak P.H. Soegiyono selaku pemilik bus putera mulya yang mendirikan perusahaan otobus tersebut pada tahun 1985. Awal merintis karir, Bapak P.H. Soegiyono mengawalinya dengan 2 unit microbus berkapasitas maksimal 12 orang. Otobus tersebut melayani perjalanan dengan trayek Ngadirojo – Jatipuro – Wonogiri – Jatisrono. Kedua armada tersebut merupakan cikal bakal terbentuknya PO Putera Mulya.

Artikel Terkait

Pada tahun 1992, Bapak P.H. Soegiyono mulai memantapkan diri untuk memperlebar jangkauan perusahaan otobus miliknya. Akhirnya, beliau merintis transportasi pedesaan berjenis Antar Kota Dalam Provinsi atau disebut juga dengan AKDP. Dengan mengantongi izin prinsip dari Bupati Karanganyar, Bupati Wonogiri, serta Walikota Surakarta, beliau bermodalkan nekat, semangat, dan kerja keras untuk memperbesar usahanya.

Melalui perhitungan yang matang, pada tahun 2000 bisnis PO Putera Mulya berhasil mengembangkan bisnisnya hingga ke daerah Jakarta dan Bandar Lampung. Perusahaan otobus ini mulai merilis transportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan 2 trayek. Trayek pertama berangkat dari Ponorogo – Purwantoro – Wonogiri – Solo – Jakarta (PP). Disusul trayek kedua yaitu mulai dari Ponorogo – Madiun – Ngawi – Solo – Jakarta – Merak – Lampung (PP).

Kemudian pada tahun 2011, PO Putera Mulya beralih nama menjadi PO Putera Mulya Sejahtera. Masih pada tahun yang sama Bapak P.H. Soegiyono mendapatkan mitra bisnis baru yaitu PT. Timur Terang Transindo yang bergerak di bidang transportasi untuk melakukan eskalasi bisnis ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Setelah beberapa lama perusahaan otobus berjalan, akhirnya pada tahun 2016 PT. Putera Mulya Sejahtera selaku pemilik PO memulai kembali usahanya setelah beberapa bulan vakum. Untuk memulai kembali usahanya, pihak PO membeli 4 unit Hino R-260 dan 6 unit bus Mercedes-Benz O 500 R-1836 sebagai modal awal untuk kembali melayani kebutuhan transportasi dari apra pelanggan. 

Kemudian di akhir tahun 2016, pihak perusahaan membuat gebrakan besar dalam dunia transportasi darat Indonesia melalui pembelian 2 unit Jetbus 2+ Super Double Decker yang berdapur pacu Scania. Bus Double Decker ini kemudian dioperasikan untuk perjalanan dengan rute Jakarta – Wonogiri. Lalu pada tahun 2017, PO ini kembali menambah unit bus sebanyak total 12 armada.

Fasilitas Bus Putera Mulya

PO Putera Mulya sendiri telah menyediakan unit bus dengan berbagai macam kelas untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing penumpang. Kelas yang ada di PO Putera Mulya tentunya memiliki fasilitas yang juga berbeda. Berikut merupakan rincian dari kelas serta fasilitas bus Putera Mulya.

1. Kelas Bus Putera Mulya Double Decker (SDD)

Kelas yang satu ini masuk ke dalam kategori executive class namun saja bus yang dinaiki merupakan bus double decker atau bus tingkat. Untuk konfigurasi kursinya, unit bus SDD milik PO Putera Mulya memiliki pengaturan seat 2-2 dengan jarak antar kursi yang cukup luas. Fasilitas pada kelas ini telah dilengkapi oleh reclining seat, leg rest, AC, smoking room, toilet,  AVOD, port USB, bantal, selimut, LED TV, coffee maker, emergency exit, dan makan berat.

2. Kelas Bus Putera Mulya Single Seater

Kelas yang satu ini masuk ke dalam kategori executive class dengan pengaturan kursi single di dalam unit busnya untuk kenyamanan yang lebih ekstra. Untuk kelas ini konfigurasi kursinya adalah 1-1-1 dengan jarak antar kursi yang cukup luas. Fasilitas pada kelas ini telah dilengkapi oleh reclining seat, leg rest, AC, smoking room, toilet, emergency exit, AVOD, port USB, LED TV, bantal, selimut, coffee maker, dan sudah termasuk makan berat.

3. Kelas Bus Putera Mulya VIP

Kelas VIP milik PO Putera Mulya memiliki pengaturan seat 2-2 dengan jarak antar kursi yang cukup luas. Fasilitas pada kelas ini telah dilengkapi oleh reclining seat yang nyaman, Air Conditioner, smoking room, toilet, port USB untuk mencharge handphone pribadi, LCD TV di depan unit untuk hiburan, emergency exit, bantal, dan selimut.

4. Kelas Bus Putera Mulya Patas AC

Kelas Patas AC merupakan kelas terendah milik PO Putera Mulya. Kelas ini memiliki pengaturan seat 2-2. Fasilitas pada kelas ini telah dilengkapi oleh reclining seat, Air Conditioner, LCD TV di depan unit untuk hiburan, emergency exit, bantal, dan selimut.

Tiket PO Putera Mulya 2022

Per bulan September 2022, menyusul kebijakan pemerintah perihal kenaikan harga dari Bahan Bakar Minyak atau BBM maka pihak PO Putera Mulya mengumumkan dengan resmi bahwa pihak PO menetapkan harga baru untuk semua rutenya. Ada kenaikan Rp 30.000 untuk harga tiket dari masing-masing kelas bus yang dimiliki PO Putera Mulya. Berikut merupakan harga baru untuk masing-masing kelas bus beserta rutenya.

Harga Tiket PO Putera Mulya Terbaru 2022 (AKAP)

Rute AsalRute TujuanKelas BusHarga Tiket (Rp)
Merak – JabodetabekWonogiriSingle Seater280.000
Merak – JabodetabekWonogiriSuper Double Decker255.000 / 350.000
Merak – JabodetabekWonogiriVIP240.000
WonogiriMerak – JabodetabekSingle Seater280.000
WonogiriMerak – JabodetabekSuper Double Decker255.000 / 350.000
WonogiriMerak – JabodetabekVIP240.000
JabodetabekKebumen – Jogja – KlatenSuper Double Decker255.000 / 350.000
JabodetabekKebumen – Jogja – KlatenVIP240.000
Kebumen – Jogja – KlatenJabodetabekSuper Double Decker255.000 / 350.000
Kebumen – Jogja – KlatenJabodetabekVIP240.000
JabodetabekMadiun – Surabaya – MalangSingle Seater280.000
JabodetabekMadiun – Surabaya – MalangSuper Double Decker255.000 / 350.000
JabodetabekMadiun – Surabaya – MalangVIP240.000
Madiun – Surabaya – MalangJabodetabekSingle Seater280.000
Madiun – Surabaya – MalangJabodetabekSuper Double Decker255.000 / 350.000
Madiun – Surabaya – MalangJabodetabekVIP240.000

Calon Penumpang perlu mengetahui bahwa daftar harga tiket untuk bus Putera Mulya di atas sifatnya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari pihak PO selaku pemilik unit bus AKAP. Terdapat juga kemungkinan untuk terjadi perbedaan harga apabila naik atau turun di rute yang berbeda. Sediakan uang berlebih agar dapat mempersiapkan kemungkinan terjadinya kenaikan harga tiket tersebut.

Tiket Bus Putera Mulya terbaru dapat dipesan melalui agen-agen yang tersebar di daerah sekitar rute yang dilewati oleh bus. Untuk pembelian tiket melalui agen, calon penumpang dapat menghubungi nomor dari agen PO Putera Mulya yang tersedia. Selain itu juga tiket bus Putera Mulya dapat dibeli langsung secara online melalui aplikasi pemesanan tiket bus online.

Baca juga: Jadwal + Harga Tiket Bus Jakarta Yogyakarta 2022

Sekian sudah artikel Tiket Resmi yang membahas tentang PO Putera Mulya. Semoga informasi yang disampaikan pada artikel dapat bermanfaat dan dijadikan referensi bagi para calon penumpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *