Mengenal Kereta Api Walahar, KA Lokal Cikarang-Purwakarta

Rangkaian KA Walahar (Sumber: @alicia_wulan_44.17044 on Instagram)
Rangkaian KA Walahar (Sumber: @alicia_wulan_44.17044 on Instagram)
Daftar isi

Bagi calon penumpang yang ingin naik kereta api Walahar untuk menuju Purwakarta dari Cikarang ataupun sebaliknya, ada baiknya untuk mengetahui beberapa informasi penting seperti rute perjalanan, daftar stasiun pemberhentian, harga tiket, dan jadwal keberangkatan terbaru. Temukan informasi tersebut pada artikel Tiket Resmi berikut ini.

Kereta Api Walahar Ekspres, Kereta Lokal Cikarang-Purwakarta

KA Walahar memasuki Stasiun Klari (Sumber: @tur_fa_tur_ on Instagram)
KA Walahar memasuki Stasiun Klari (Sumber: @tur_fa_tur_ on Instagram)

Perjalanan darat menggunakan jenis transportasi kereta api menjadi salah satu pilihan bagi warga Indonesia yang ingin melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh dengan harga tiket yang cenderung lebih terjangkau. Perjalanan naik kereta api juga akan lebih lancar karena tidak harus bergabung dengan kepadatan jalan raya yang diisi oleh berbagai macam kendaraan bermotor.

Apabila ingin bepergian dari Cikarang menuju Purwakarta atau sebaliknya dengan tiket yang sangat terjangkau, Kereta Api Walahar Ekspres bisa dijadikan solusi untuk menemani perjalanan Anda. Kereta Api Walahar Ekspres adalah kereta api lokal kelas ekonomi AC yang melayani perjalanan lintas Cikarang (CWK) – Purwakarta (PWK) dan sebaliknya.

Kereta api Walahar yang melayani rute perjalanan Cikarang – Purwakarta ini sempat dihentikan operasinya beberapa saat karena harus mengikuti kebijakan PPKM di masa pandemi covid-19. Kini, pasca peraturan PPKM telah dilonggarkan, KA Walahar bersama dengan KA lokal Daop 1 Jakarta lainnya seperti KA Jatiluhur dan KA Siliwangi telah kembali beroperasi sebagaimana mestinya.

KA Walahar sendiri merupakan kereta lokal kelas ekonomi yang memuat 106 kursi dengan konfigurasi kursi 3-2 yang saling berhadapan. Karena termasuk KA lokal, kereta ini akan selalu mengalah apabila berpapasan atau berdekatan dengan KA jarak jauh yang dalam perjalanannya tidak berhenti di semua stasiun kecil. KA lokal biasanya akan mengalah dengan adanya penyusulan posisi pada stasiun tertentu agar KA jarak jauh bisa mendahului.

Artikel Terkait

  • 3 Resep Nugget Tempe Lezat untuk Si Kecil yang Susah Makan
    by Dies (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on September 15, 2022 at 6:44 am

    Nugget merupakan makanan populer yang biasanya identik dengan olahan daging ayam. Tapi, nugget ternyata bisa juga dibuat dengan campuran tempe lho, Sobat Kuliner. Selain hemat di kantong, mengkreasikan tempe menjadi nugget bisa jadi pilihan tepat untuk keluarga. Apalagi hidangan ini cocok dimakan bersama cocolan saus sambal, lezatnya tiada tara dan bikin nambah nasi! Nah, kalau Artikel 3 Resep Nugget Tempe Lezat untuk Si Kecil yang Susah Makan pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • Daftar Menu Rocket Chicken Terbaru beserta Harganya 2022
    by Siti Haliza (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on September 15, 2022 at 3:38 am

    Brand lokal Rocket Chicken pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar menu fried chicken di Indonesia, khususnya bagi warga Semarang dan Jogja. Simak informasi selengkapnya mengenai Rocket Chicken, daftar menu beserta harganya, juga informasi mengenai kemitraan pada artikel Kuliner Kota berikut ini. Rocket Chicken, Nikmati Renyahnya Fried Chicken dengan Harga Murah Meriah Menu Artikel Daftar Menu Rocket Chicken Terbaru beserta Harganya 2022 pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • Menikmati kelezatan Bakpia Kurnia Sari Jogja yang Premium
    by Siti Haliza (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on September 15, 2022 at 3:14 am

    Berwisata ke Yogyakarta, jangan lupa membeli bakpia. Banyaknya merk bakpia yang hadir terkadang membuat bingung harus memilih yang mana yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Apabila Sobat Kuliner tertarik dengan bakpia premium dengan cita rasa yang lezat, Bakpia Kurnia Sari ini bisa dijadikan pilihan. Ikuti terus informasi selengkapnya mengenai Bakpia Kurnia Sari pada artikel Kuliner Kota Artikel Menikmati kelezatan Bakpia Kurnia Sari Jogja yang Premium pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • Bubur Angke THI: Bubur Pek Cam Kee Paling Enak se-Jakarta
    by Arnetta Firstianti (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on September 15, 2022 at 2:06 am

    Weekend kali ini cuma ada di Jakarta? Kenapa nggak mencoba kulineran aja? Buat yang suka banget sama bubur ayam, Sobat Kuliner bisa cobain bubur ayam rekomendasi Kuliner Kota kali ini, yaitu Bubur Angke THI (Taman Harapan Indah). Karena punya rasa yang sangat lezat, dijamin sekali cicip pengen balik lagi, deh!  Rekomendasi tempat makan bubur satu Artikel Bubur Angke THI: Bubur Pek Cam Kee Paling Enak se-Jakarta pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

Baca Juga:   Kereta Api Sawunggalih

Rute & Jadwal Kereta Api Walahar Ekspres

Kereta Api Walahar (Sumber: Wikipedia)
Kereta Api Walahar (Sumber: Wikipedia)

Pada awalnya Kereta Api Walahar melayani rute perjalanan dari Purwakarta hingga ke Tanjung Priok. Namun per tanggal 1 Januari 2021, kereta api ini jalurnya diperpendek hanya melayani relasi hingga Cikarang saja. Jadi untuk sekarang Kereta Api Walahar hanya melayani perjalanan dari Purwakarta hingga ke Cikarang saja sejauh kurang lebih 60 km dan akan memakan waktu perjalanan rata-rata 1,5 jam.

Rute kereta api Walahar sendiri akan melalui beberapa stasiun dimulai dari Stasiun Cikarang (CKR), Stasiun Lemahabang (LMB), Stasiun Kedunggedeh (KDH), Stasiun Karawang (KW), Stasiun Klari (KLI), Stasiun Kosambi (KOS), Stasiun Dawuan (DWN), Stasiun Cikampek (CKP), Stasiun Cibungur (CBR), dan Stasiun Purwakarta (PWK).

Apabila penumpang kereta api dari arah Purwakarta ingin meneruskan perjalanan ke arah Jakarta, penumpang dapat menyambung perjalanan ke Jakarta dengan menggunakan KRL Commuter Line Cikarang dan mengikuti jalur KRL yang tersedia. Namun apabila ingin ke arah Bandung Raya hingga Garut, penumpang dapat menggunakan kereta api lokal Bandung Raya dan lokal Garut Cibatuan.

Kereta api Walahar berikut ini memiliki frekuensi perjalanan sebanyak lima kali jadwal keberangkatan setiap harinya. Ada baiknya bagi para calon penumpang yang ingin naik KA Walahar untuk mengetahui jadwal keberangkatan kereta agar tidak tertinggal dan terlewat. Berikut merupakan jadwal kereta api Walahar yang berhasil Tiket Resmi kumpulkan dari website resmi PT KAI.

Jadwal Kereta Api Walahar Terbaru 2022 (Cikarang – Purwakarta)

  • KA 384 Walahar, waktu keberangkatan pada pukul 05.45 WIB
  • KA 386 Walahar, waktu keberangkatan pada pukul 07.00 WIB
  • KA 388 Walahar, waktu keberangkatan pada pukul 11.20 WIB
  • KA 390 Walahar, waktu keberangkatan pada pukul 15.35 WIB
  • KA 392 Walahar, waktu keberangkatan pada pukul 18.37 WIB
Baca Juga:   Update Rute & Jadwal Kereta Sukabumi Bogor Terbaru

Jadwal KA Walahar di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi serta kondisi tertentu termasuk juga kebijakan dari KAI Commuter selaku pihak pengelola KA Walahar.

Harga Tiket Kereta Api Walahar Ekspres

KA Walahar nampak dari jauh (Sumber: @fathur_aidil_r on Instagram)
KA Walahar nampak dari jauh (Sumber: @fathur_aidil_r on Instagram)

Mulai dari tanggal 1 Januari 2021. PT KAI Daop I Jakarta telah menetapkan harga tiket Kereta Api Walahar adalah sebesar Rp 4.000 saja. Harga tiket tersebut akan sama tarifnya untuk perjalanan pulang dan pergi. Adapun pemesanan tiket kereta api lokal Walahar perlu mengikuti beberapa persyaratan yang ditentukan PT KAI agar dapat memesan tiket. Persyaratan tersebut berkenaan dengan keadaan pandemi covid-19.

Adapun persyaratan dan ketentuan perjalanan yang harus dipenuhi sebelum menaiki KA Walahar adalah sebagai berikut:

  1. Penumpang telah menerima dosis pertama vaksin covid-19
  2. Penumpang harus menunjukkan bukti telah selesai vaksin via aplikasi Peduli Lindungi atau menggunakan kartu vaksin
  3. Apabila belum bisa divaksin karena satu dan lain hal, penumpang harus dapat menunjukkan surat keterangan yang berasal dari dokter rumah sakit pemerintah berkaitan dengan hal tersebut
  4. Penumpang wajib dalam keadaan sehat, serta tidak sedang menderita pilek, batuk, flu, demam, hilang daya penciuman, dan diare.
  5. Saat hendak naik kereta, suhu badan dari penumpang tidak melebihi 37,3 derajat celcius.
  6. Penumpang wajib mengikuti protokol kesehatan untuk covid-19 seperti menggunakan masker dengan benar, tidak berbicara baik satu arah maupun dua arah, menjaga jarak dengan penumpang lainnya, tidak diperkenankan makan dan minum, dan lain sebagainya.

Baca juga: Update Jadwal & Harga Tiket Kereta Cikarang Purwakarta Terbaru 2022

Berikut tadi merupakan artikel berisi beberapa informasi penting mengenai kereta api Walahar ekspres yang melayani perjalanan Cikarang–Purwakarta. Semoga informasi pada artikel Tiket Resmi berikut dapat bermanfaat dan dijadikan referensi informasi sebelum menaiki KA lokal Walahar.

Baca Juga:   Kereta Argo Dwipangga : Fasilitas, Jadwal, & Harga Tiket

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.