Bus Garuda Mas: Fasilitas, Rute, dan Harga Tiket 2022

Bus Garuda Mas (Sumber: @makbrd_06 on Instagram)
Bus Garuda Mas (Sumber: @makbrd_06 on Instagram)
Daftar isi

Bepergian menggunakan transportasi umum dengan jalur darat tidak lengkap rasanya bila tidak menyebutkan moda transportasi bus. Bus menjadi pilihan bagi sekian banyak orang yang ingin melakukan bepergian baik di dalam kota maupun lintas kota. Bus garuda mas merupakan salah satu perusahaan otobus yang menyediakan moda bus dengan rute lintas kota.

Di kesempatan kali ini, Tiket Resmi akan membagikan informasi seputar Bus Garuda Mas. Yuk, simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui fasilitas, jenis armada, rute, hingga harga tiket dari Garuda Mas.

Tentang Garuda Mas

Garuda mas merupakan perusahaan otobus (PO) yang didirikan oleh Barmawi pada tahun 1972. Perusahaan otobus yang berkantor pusat di Cirebon ini adalah Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sehingga menawarkan armada bus dengan rute perjalanan yang menghubungkan dua kota pada provinsi yang berbeda.

Awalnya, perusahaan ini diberi nama Gunung Mas sebelum berubah menjadi Garuda Mas dan baru melayani bus dengan rute Cirebon-Majalengka. Kini, cakupan rute perjalanannya telah diperlebar ke kota di provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Hingga saat ini, Bus Garuda Mas adalah salah satu PO terbesar di daerah Jawa Tengah dan telah memperluas layanan rute perjalanannya dengan menghubungkan kota-kota besar di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Agen Bus Garuda Mas saat ini bahkan sudah tersedia di berbagai daerah dan Anda dapat menemukan agen Bus Garuda Mas terdekat di kota Anda.

Artikel Terkait

Kantor pusat dari PO Garuda Mas ini beralamat lengkap di Jl. Brigjend. Darsono Nomor 12B ByPass, Kecamatan Kedawung, Cirebon, Jawa Barat. Sekarang, PO Garuda Mas juga memiliki kantor pusat yang berlokasi di Pulo Gadung, tepatnya di Jalan Raya Bekasi KM 20, Kavling 11-11 A, Pulo Gadung, Jakarta Utara.

Fasilitas Umum Garuda Mas

Fasilitas Umum Bus Garuda Mas (Sumber: @adtys10 on Instagram)

Garuda Mas menyadari fasilitas dan layanan yang baik akan memberikan kenyamanan maksimal untuk penumpangnya. Sebagai perusahaan otobus besar dan terkenal di Jawa Tengah, Garuda Mas menyediakan fasilitas yang tidak main-main. Fasilitas yang disediakan oleh Bus Garuda Mas adalah sebagai berikut.

  • Air Conditioner atau AC
  • Toilet
  • Reclining seat atau tempat duduk yang bisa direbahkan
  • Pintu darurat atau emergency exit
  • Alat pemadam api ringan (APAR)
  • Audio – Video 
  • Smoking area
  • Alat kebersihan dan kesehatan, seperti hand sanitizer dan termometer
  • Berat bagasi maksimal 10 kg

Jenis Armada Garuda Mas

Jenis Armada Bus Garuda Mas (Sumber: @sedulur_yukikato218 on Instagram)

Armada yang disediakan oleh Garuda Mas ada beragam jenisnya. Anda dapat memilih jenis kelas armada yang ditawarkan oleh Bus Garuda Mas sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda. Adapun jenis armada Garuda Mas yaitu sebagai berikut.

Kelas Ekonomi 

Kelas ini memberikan konfigurasi kursi penumpang 2-3. Walaupun penawaran fasilitasnya yang lebih sedikit dibandingkan dengan kelas lain, kelas ekonomi dari Bus Garuda Mas tetap dapat memberikan kenyamanan untuk penumpangnya dengan penawaran harga tiket yang lebih murah.

Kelas Bisnis non-AC

Konfigurasi kursi penumpang untuk kelas bisnis non AC adalah 2-3. Selain itu, fasilitas lain yang berikan diantaranya yaitu toilet dan area merokok.

Kelas Bisnis AC

Hampir sama dengan kelas Bisnis non-AC, kelas Bisnis AC menyediakan konfigurasi kursi penumpang 2-3, toilet, serta area merokok. Bedanya, kelas ini telah tersedia AC atau air conditioner yang dapat membuat area dalam bus terasa sejuk.

Kelas VIP 

Jenis kelas VIP memberikan beberapa fasilitas seperti konfigurasi kursi penumpang 2-2, bantal, selimut, toilet, area merokok, AC, serta layanan makan siang satu kali.

Kelas Eksekutif

Fasilitas dari kelas eksekutif diantaranya yaitu konfigurasi kursi penumpang 2-2, reclining seat, footrest, bantal, selimut, toilet, area merokok, layanan makan malam satu kali, dan cemilan atau snack.

Kelas Super Eksekutif

Kelas tertinggi yang disediakan oleh Garuda Mas adalah kelas Super Eksekutif. Adapun fasilitas yang ditawarkan pada kelas ini yaitu konfigurasi kursi penumpang 2-1, armrest, footrest, reclining seat, ruang kaki yang luas, televisi, bantal, selimut, toilet, layanan teh atau kopi, area merokok, dispenser air, makan siang satu kali, dan snack.

Rute dan Harga Tiket Bus Garuda Mas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Garuda Mas melayani rute perjalanan yang menghubungkan berbagai macam kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Harga tiketnya bervariasi, tergantung dari kelas dan rute perjalanan tersebut. Berikut Tiket Resmi bahas rute dan harga tiket Bus Garuda Mas 2022.

RuteKelasHarga
Jakarta – PurwodadiAC BisnisRp. 140.000
Jakarta – PurwodadiEksekutifRp. 205.000
Jakarta – PurwodadiSuper EksekutifRp. 225.000
Jakarta – CepuEksekutifRp. 250.000
Jakarta – BloraEkonomiRp. 100.000
Jakarta – BloraBisnis ACRp.  120.000
Jakarta – BloraVIPRp. 140.000
Jakarta – BloraEksekutifRp. 190.000
Bogor – GemolongVIPRp. 170.000
Bogor – SragenVIPRp. 170.000
Tangerang – CepuBisnis ACRp. 140.000
Tangerang – CepuBisnis non-ACRp. 140.000

Perlu diingat, harga tiket yang tertera tersebut dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan daerah serta high season.

Baca Juga: Kereta Api Joglosemarkerto – Fasilitas, Tiket, & Jadwal 2022

Seperti itulah tadi pembahasan mengenai Bus Garuda Mas yang dapat Tiket Resmi berikan. Semoga Anda dapat memilih moda transportasi terbaik yang aman dan nyaman untuk bepergian melalui artikel ini. Jangan lupa terus ikuti laman Tiket Resmi untuk mendapatkan informasi seputar transportasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *