11 Kereta Api Tercepat di Dunia beserta Kecepatannya

Kereta Tercepat di Dunia (sumber: @maki_chanman on Instagram)
Kereta Tercepat di Dunia (sumber: @maki_chanman on Instagram)
Daftar isi

Kereta merupakan transportasi umum jalur darat yang memiliki berbagai macam keunggulan dibandingkan dengan moda transportasi jalur darat lainnya. Selain memiliki jalur sendiri, kereta juga dirancang untuk bergerak dengan kecepatan tinggi. Bahkan, kereta tercepat di dunia mampu bergerak hingga beratus-ratus kilometer dalam kurun waktu satu jamnya.

Untuk itu, Tiket Resmi pada kesempatan kali ini akan mengulas informasi mengenai 11 daftar kereta tercepat di dunia. Simak informasi kereta tercepat di dunia selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Daftar 11 Kereta Tercepat di Dunia dan Kecepatannya

1. Trenitalia ETR 1000 (300 km/jam)

Sumber: The Train Line

Trenitalia ETR 1000 merupakan kereta cepat dari Italia yang diperkenalkan sebagai transportasi umum pada tahun 2017. Kereta ini memiliki kecepatan operasional 300 km per jam. Trenitalia ETR 1000 dikembangkan bersama-sama oleh perusahaan kereta Italia, Hitachi Rail Italy, dengan perusahaan multinasional Alstom.

Layanan kereta cepat Trenitalia ETR 1000 ini beroperasi di Italia dengan menghubungkan beberapa kota besar, seperti Turin, Milan, Venesia, Bologna, Florence, Roma, serta Napoli.

2. KTX (305 km/jam)

Sumber: Wikipedia

Daftar kereta tercepat di dunia selanjutnya yaitu KTX. KTX ini merupakan kereta cepat yang berasal dari Korea Selatan dan mulai beroperasi sejak tahun 2004 dengan rute pertamanya yaitu Seoul – Busan. Kecepatan maksimal yang diperbolehkan dari KTX ini adalah 305 km per jam. 

Artikel Terkait

3. AVE S-103 (310 km/jam)

Sumber: Wikipedia

AVE adalah kereta berkecepatan tinggi di dunia yang berasal dari Spanyol. Nama AVE ini merupakan kependekan dari Alta Velocidad Espana atau berarti kecepatan tinggi Spanyol. Kecepatan umum komersial AVE S-103 adalah 310 km per jam.

4. CRH380A Hexie (310 km/jam)

Sumber: Wikipedia

CRH380A Hexie menjadi kereta berkecepatan tinggi di dunia yang dikembangkan oleh CSR Corporation Limited (CSR) di China. Kereta ini didesain untuk beroperasi dengan kecepatan 350 km per jam dan memiliki kecepatan maksimal 380 km per jam. Namun, CRH380A Hexie kini beroperasi dengan kecepatan rata-rata 310 km per jam.

5. Al Boraq (320 km/jam)

Sumber: Atalayar

Kereta tercepat di dunia berikutnya merupakan kereta berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di Afrika, yaitu Al Boraq. Al Boraq diresmikan pada bulan November 2018 untuk melayani rute perjalanan dari Kota Tangier menuju Casablanca di Maroko.

Saat dilakukan uji coba kecepatan pada tahun 2017, Al Boraq bahkan mampu menyentuh kecepatan 357 km per jam. Akan tetapi, kecepatan operasional Al Boraq yang diperbolehkan yaitu hingga 320 km per jam.

6. JR East E5 (320 km/jam)

Sumber: Wikipedia

JR East E5 adalah kereta tercepat di dunia yang berasal dari Jepang. Kereta cepat di Jepang sendiri lebih dikenal dengan sebutan Shinkansen. Kereta berkecepatan tinggi satu ini dibuat oleh perusahaan Hitachi bersama dengan Kawasaki Heavy Industry.

Shinkansen tipe E5 dioperasikan oleh East Japan Railway Company atau JR East. Series E5 ini memiliki kecepatan operasional maksimal sebesar 320 km per jam. Jalur Shinkansen tersebut menghubungkan Tokyo dengan Shin Aomori di Jepang.

7. TGV (320 km/jam)

Sumber: Wikimedia Commons

Moda transportasi kereta berkecepatan tinggi selanjutnya merupakan TGV yang berasal dari Prancis. TGV ini sempat memegang rekor sebagai kereta konvensional tercepat dalam kurun waktu yang lama dengan kecepatan 357 km per jam pada tahun 2007.

Karena sukses memegang rekor kereta tercepat dalam kurun waktu yang lama, teknologi TGV ini kemudian dijual ke beberapa negara besar, seperti Spanyol, Maroko, Korea Selatan, Italia, serta Amerika Serikat.

Kini, TGV memiliki kecepatan operasional hingga 320 km per jam. Jalur kereta TGV menghubungkan Kota Paris dengan Lyon, Marseille, Nantes, Bordeaux, Lille, Strasbourg, Brussel serta London. 

8. ICE3 (330 km/jam)

Sumber: Siemens Press Release

Kereta berkecepatan tinggi di Jerman yang termasuk ke dalam kereta tercepat di dunia adalah ICE3. ICE3 menghubungkan kota Cologne dengan Frankfurt. Kecepatan operasionalnya adalah 300 km per jam, namun operator mengizinkan rangkaian kereta cepat ini untuk melaju pada kecepatan 330 km per jam saat terlambat dari jadwal.

9. CR400 Fuxing (350 km/jam)

Sumber: Wikipedia

CR400 Fuxing merupakan kereta cepat yang berasal dari China. Kecepatan komersial CR400 Fuxing dapat mencapai 350 km per jam. Kereta cepat Fuxing ini dikembangkan dari teknologi yang berasal dari Jepang dan Eropa. Tipe CR400 digunakan pada rute perjalanan Beijing – Shanghai – Hong Kong serta Beijing – Harbin.

10. HEMU-430X (421 km/jam)

Sumber: Wikipedia

HEMU-430X adalah kereta berkecepatan tinggi dari Korea Selatan lainnya. Kereta satu ini masih termasuk ke dalam sistem KTX atau Korea Train Express dan menjadi kereta tercepat di Negeri Ginseng hingga saat ini. HEMU-430X dioperasikan oleh perusahaan Korail dengan jalur yang menghubungkan antara Kota Wonju dengan Gangneung.

11. Shanghai Maglev (460 km/jam)

Sumber: Tiketcom

Kereta tercepat di dunia saat ini dipegang oleh Shanghai Maglev. Shanghai Maglev merupakan kereta cepat yang berasal dari China. Kecepatan kereta cepat di dunia satu ini bahkan mampu mencapai 460 km per jam. 

Operasional Shanghai Maglev cukup unik karena kereta ini berjalan menggunakan levitasi magnetik atau Maglev. Kereta Maglev diketahui bergerak dengan cara ‘terbang’ di jalurnya, teknologi levitasi magnet yang kuat akan membuat perjalanan kereta terasa mulus serta bebas dari gesekan.

Demikian ulasan mengenai daftar kereta tercepat di dunia yang dapat Tiket Resmi sampaikan. Sebentar lagi, Indonesia akan memiliki kereta cepat dengan rute perjalanan Jakarta – Bandung yang dapat menyaingi daftar kereta tercepat di dunia tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *