Apa itu Visa? Mengenal Syarat dan Cara Membuat Visa

Cara Membuat Visa (Sumber pexels.com)
Cara Membuat Visa (Sumber pexels.com)
Daftar isi

Bepergian ke luar negeri memang terasa mengasyikan. Anda jadi dapat melihat dan merasakan hal baru di negara asing, mulai dari makanan hingga budayanya. Apabila tertarik untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen. Salah satu dokumen tersebut ialah visa. Lantas, bagaimana cara membuat visa?

Melalui kesempatan kali ini, Tiket Resmi akan membantu Anda untuk mengetahui apa itu visa secara keseluruhan, seperti jenis, syarat, hingga cara membuat visa. Yuk, simak pembahasan mengenai visa selengkapnya dari Tiket Resmi di bawah ini!

Apa itu Visa?

Apa Itu Visa (Sumber: pexels.com)
Apa Itu Visa (Sumber: pexels.com)

Sebelum berangkat ke luar negeri, Anda pasti diharuskan untuk memiliki dokumen visa. Sebenarnya, apa itu visa? Visa merupakan salah satu dokumen wajib yang diterbitkan oleh suatu negara yang berisi izin masuk dan keluar dari negara terkait. Dokumen visa ini berbentuk stiker atau stempel yang dicap pada paspor pengunjung tersebut.

Visa ini berbeda dengan paspor. Secara umum, perbedaan paspor dan visa adalah dari segi fungsinya. Paspor berfungsi sebagai alat verifikasi identitas seseorang ketika hendak memasuki suatu negara. Maka dari itu, paspor ini berisi informasi lengkap mengenai identitas pengunjung tersebut. 

Sedangkan, visa merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh negara tertentu dan hanya bisa digunakan pada negara tersebut. Selain itu, visa juga memiliki masa berlaku yang lebih pendek dibandingkan dengan paspor.

Artikel Terkait

Masa berlaku visa turis di Indonesia sendiri berlaku bagi warga negara asing selama 60 hari serta dapat diperpanjang sebanyak 4 kali dengan durasi perpanjangan yaitu 30 hari. Untuk visa tinggal, seperti visa pekerja dan visa pelajar, masa berlakunya lebih lama yaitu selama 2 tahun. Di sisi lain, paspor memiliki masa berlaku yang bahkan bisa mencapai 10 tahun. 

Macam-macam Visa dan Fungsinya

Sebagai dokumen perizinan masuk negara, visa memiliki beberapa jenis yang menyesuaikan dengan fungsinya. Adapun macam-macam visa adalah sebagai berikut.

Visa kerja

Dokumen visa kerja adalah jenis dokumen yang harus dimiliki oleh seseorang apabila ingin bekerja pada negara asing dalam kurun waktu tertentu. 

Visa transit

Jenis visa transit merupakan dokumen yang diperlukan oleh seseorang yang dalam perjalanan dan harus melakukan transit penerbangan pada suatu negara selama lebih dari 1 hari atau 24 jam.

Visa turis

Apabila ingin bepergian ke luar negeri dengan tujuan liburan, Anda memerlukan visa turis. Jenis Visa turis ini merupakan visa yang paling sering digunakan oleh orang pada umumnya.

Visa pelajar

Pelajar yang melanjutkan pendidikannya di luar negeri juga diwajibkan untuk memiliki visa. Sama seperti visa pekerja, visa pelajar ini dapat digunakan dalam kurun waktu yang panjang.

Visa diplomatik

Visa diplomatik adalah visa yang harus dimiliki oleh seseorang jika mendapatkan tugas diplomat sebagai perwakilan dari negaranya sendiri ke luar negeri.

Syarat yang Harus dipenuhi untuk Membuat Visa

Untuk membuat visa, ada beberapa syarat yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Adapun syarat cara membuat visa yaitu sebagai berikut.

  • Formulir permohonan untuk aplikasi visa
  • Pas foto yang sesuai dengan ketentuan dari kedutaan negara terkait
  • Dokumen paspor
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Surat sponsor, surat keterangan kerja, atau surat keterangan belajar
  • Bukti keuangan pribadi selama 3 bulan terakhir dan fotokopiannya
  • Jadwal perjalanan yang hendak dilakukan apabila berkunjung sebagai turis
  • Bukti pemesanan tiket pesawat pulang dan pergi khusus pengunjung turis

Bagaimana Cara Membuat Visa?

Bagaimana Cara Membuat Visa (Sumber: pexels.com)
Bagaimana Cara Membuat Visa (Sumber: pexels.com)

Cara membuat visa dapat dilakukan dengan mudah. Kini, Indonesia bahkan telah menerapkan cara membuat visa online. Pertama-tama, Anda harus melakukan registrasi untuk mengajukan permohonan visa secara online ini. Adapun penjelasan lengkap mengenai cara membuat visa adalah sebagai berikut.

Tahap Registrasi dan Reservasi Jadwal Wawancara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara membuat visa kini lebih mudah karena dapat melakukan registrasi secara online. Anda dapat melakukan registrasi untuk pembuatan visa melalui situs resmi online-visa.imigrasi.go.id. 

Hal pertama yang dilakukan yaitu dengan memasukan data calon penjamin. Kemudian, Anda akan diarahkan untuk mengunggah persyaratannya sesuai jenis penjamin. Setelah mengunggah seluruh persyaratannya, Anda akan melalui proses verifikasi dan validasi penjamin.

Apabila penjamin disetujui, Anda akan mendapatkan nama pengguna (username), kata sandi (password), dan kartu penjamin. Jika ditolak, Anda akan diberikan alasan penolakan. Jika sudah berhasil melalui tahap registrasi, Anda selanjutnya dipersilahkan untuk mengajukan permohonan visa dan melakukan reservasi jadwal wawancara apabila dibutuhkan.

Tahap Pengajuan Visa

Setelah registrasi, Anda dapat melanjutkan ke tahap pengajuan visa dengan menyertakan dokumen syarat membuat visa yang telah dijelaskan sebelumnya kepada kedutaan negara terkait. Setelah itu, Anda diharuskan untuk melakukan pembayaran. Biaya pembuatan visa tergantung dengan jenis visanya, mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 700 ribu. 

Pemberian Visa

Setelah seluruh rangkaian proses pembuatan visa telah dilaksanakan, visa lalu akan diberikan kepada Anda dalam waktu 4 hari kerja. Khusus untuk jenis visa yang ditempel pada paspor, Anda perlu meninggalkan paspor Anda saat pembuatan visa tersebut berlangsung. Untuk e-visa, Anda akan mendapatkan dokumen tersebut melalui e-mail.

Baca Juga: Bus Laju Prima: Rute, Jadwal, Tarif, dan Agen Terdekat 2022

Demikian pembahasan mengenai visa secara keseluruhan yang dapat Tiket Resmi berikan. Semoga melalui artikel ini, Anda dapat memahami langkah-langkah cara membuat visa dengan baik dan tidak perlu lagi merasa kesulitan dalam menyiapkan dokumen penunjang untuk ke luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *