1. Kereta Api

Kereta Bengawan: Rute, Jadwal, dan Harga Tiket 2024

Bepergian menggunakan kereta api memang sangat mengasyikan. Tidak heran, sebagian besar orang lebih memilih transportasi umum kereta api untuk perjalanan jarak jauh dengan tujuan lintas kota. Salah satu kereta api lokal yang melayani perjalanan jarak jauh adalah Kereta Bengawan.

Jika tertarik untuk menggunakan layanan kereta api Bengawan, Anda harus mengetahui berbagai informasi yang terkait dengan kereta api lokal ini terlebih dahulu. Oleh karena itu, Tiket Resmi di kesempatan kali ini akan mengulas informasi seputar Kereta api Bengawan secara lengkap, mulai dari rute, fasilitas, jadwal, hingga harga tiket terbaru 2022. Simak informasi Kereta Bengawan selengkapnya di bawah ini, ya.

Tentang Kereta Bengawan

Kereta Bengawan adalah layanan kereta api kelas ekonomi yang melayani rute Purwosari – Pasar Senen dan sebaliknya. Layanan kereta api ini dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero dalam Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta. Rangkaian kereta api ini menggantikan beberapa kereta, yaitu KA Senja Ekonomi Solo, Senja Bengawan, dan Tirtonadi. 

Awalnya, kereta ini melayani rute perjalanan dari Stasiun Solo Jebres – Stasiun Tanah Abang. Kemudian, rutenya diubah menjadi Stasiun Solo Jebres – Stasiun Tanjung Priok pada tanggal 1 Januari 2013. Pada tanggal 1 Februari 2014, KA Bengawan mengalami perubahan rute kembali menjadi Stasiun Purwosari – Stasiun Tanjung Priok.

Artikel Terkait

Total jarak tempuh kereta ini kurang lebih sekitar 569 km. Sedangkan, waktu tempuh rata-rata dari kereta api Bengawan adalah 9 jam 37 menit dengan kecepatan operasionalnya yaitu pada rentang 70 sampai 95 km per jam. 

Rute Kereta Api Bengawan

KA Bengawan melayani rute perjalanan untuk Pulang dan Pergi (PP) dari Solo (Purwosari) – Jakarta (Pasar Senen) dan sebaliknya. Rute utama kereta api ini melalui sekitar 12 stasiun kereta api. Adapun rute lengkap stasiun yang dilewati oleh kereta api Bengawan adalah sebagai berikut.

St. Purwosari (PWS) – St. Klaten (KT) – St. Lempuyangan (LPN) – St. Wates (WT) – St. Kutoarjo (KTA) – St. Wonosari (WNS) – St. Kebumen (KM) – St. Gombong (GB) – St. Kroya (KYA) – St. Purwokerto (PWT) – St. Cirebon Prujakan (CNP) – St. Bekasi (BKS) – St. Jatinegara (JNG) – St. Pasar Senen (PSE) (rute pulang pergi)

Fasilitas Kereta Bengawan

Fasiltas KA Bengawan
Fasilitas KA Bengawan (Sumber: Dwi Ari Setyadi on Detik)

KA Bengawan hanya terdiri dari satu kelas, yaitu kelas ekonomi C. Kereta Bengawan Ekonomi C ini merupakan jenis kereta ekonomi yang memiliki konfigurasi kursi penumpang 3-3 serta 2-2 yang saling berhadapan satu sama lainnya. 

Setiap gerbong kereta memiliki kapasitas penumpang sebanyak 106 tempat duduk. Total kapasitas kereta api Bengawan secara keseluruhan yaitu 742 tempat duduk.

Fasilitas yang tersedia pada kereta Bengawan Ekonomi C diantaranya yaitu pendingin ruangan (Air Conditioner), Stop kontak, restorasi atau restoran kereta api, toilet, bagasi pada bagian atas kursi penumpang, meja lipat, serta masker KF95 dan hand sanitizer (kondisional). 

Jadwal Kereta Api Bengawan Terbaru 2022

Kereta api Bengawan memiliki frekuensi perjalanan sebanyak satu kali dalam seharinya. Adapun jadwal lengkap dari kereta Bengawan terbaru tahun 2022 adalah sebagai berikut.

Jadwal KA Nomor 305 (Rute Purwosari/PWS – Pasar Senen/PSE)

StasiunJam KedatanganJam Keberangkatan
Purwosari (PWS)20.30 WIB
Klaten (KT)20.53 WIB20.55 WIB
Lempuyangan (LPN)21.20 WIB21.26 WIB
Wates (WT)21.58 WIB22.00 WIB
Kutoarjo (KTA)22.32 WIB22.35 WIB
Wonosari (WNS)22.59 WIB23.05 WIB
Kebumen (KM)23.11 WIB23.13 WIB
Gombong (GB)23.33 WIB23.55 WIB
Kroya (KYA)00.01 WIB00.20 WIB
Purwokerto (PWT)00.49 WIB00.56 WIB
Cirebon Prujakan (CNP)02.54 WIB03.17 WIB
Bekasi (BKS)05.56 WIB05.58 WIB
Jatinegara (JNG)06.17 WIB09.19 WIB
Pasar Senen (PSE)06.29 WIB

Jadwal KA Nomor 306 (Rute Pasar Senen/PSE – Purwosari/PWS)

StasiunJam KedatanganJam Keberangkatan
Pasar Senen (PSE)06.30 WIB
Cirebon Prujakan (BKS)09.30 WIB09.37 WIB
Purwokerto (PWT)11.34 WIB11.50 WIB
Ijo (IJ)12.37 WIB12.43 WIB
Gombong (GB)12.50 WIB12.56 WIB
Sruweng (SRW)13.10 WIB13.17 WIB
Kutoarjo (KTA)13.50 WIB13.53 WIB
Wates (WT)14.22 WIB14.34 WIB
Lempuyangan (LPN)14.55 WIB15.02 WIB
Klaten (KT)15.26 WIB15.28 WIB
Purwosari (PWS)15.52 WIB

Harga Tiket Bengawan

Tiket Bengawan memiliki harga yang relatif terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp75.000,00 untuk satu penumpang dengan rute perjalanan dari Pasar Senen menuju Purwosari. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu terutama saat hari libur nasional atau hari raya besar.

Harga tiket Bengawan yang terjangkau ini dikarenakan tarif kereta Bengawan telah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Maka dari itu, harga tiket Bengawan jauh lebih murah dibandingkan dengan kereta api lokal lain dengan stasiun tujuan akhir yang sama, yaitu KA Argo Lawu atau KA Argo Dwipangga.

Seperti itulah tadi informasi mengenai rute, fasilitas, kelas, harga tiket, serta jadwal kereta Bengawan terbaru tahun 2022 yang dapat Tiket Resmi ulas untuk Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih transportasi terbaik untuk menemani perjalanan Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan transportasi dan fasilitas umum yang disediakan, ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kereta Bengawan: Rute, Jadwal, dan Harga Tiket 2024

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian jauh menggunakan transportasi umum adalah bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih naik kendaraan umum karena harganya terjangkau dan salah satu upaya mengurangi polusi udara. Salah satu bus yang memberikan kenyamanan yang luar biasa adalah bus Harapan Indah.  Profil PO Bus Harapan Indah Perusahaan otobus yang terkemuka di […]

    Trending

    Perusahaan Otobus (PO) tersebar di seluruh Indonesia. Seperti halnya, di ujung timur Indonesia terdapat armada bus lintas aceh yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh untuk bepergian. Ternyata, masyarakat di sana telah menggunakan armada ini sudah cukup lama. Hal ini membuat banyak PO semakin ingin berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para penumpang setia. Yuk, simak […]
    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]