Jadwal & Rute Damri Bandung Beserta Harga Tiket Terbaru 2022

Damri Bandung
Damri Bandung (Sumber: jabarekspres.com)
Daftar isi

Damri adalah perusahaan otobus yang dikelola oleh negara. Pada artikel kali ini Tiket Resmi akan membahas jadwal dan rute dari Bus Damri Bandung. Simak penjelasannya lebih lengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Sekilas Tentang Bus Damri

Bus Damri sudah berdiri sejak zaman penjajahan Jepang, tepatnya pada tahun 1943. Nama awal Damri adalah Jawa Unyu Jidousha dan Jidousha Sokyoku. Kedua perusahaan ini kemudian bergabung pada tahun 1946 dan menjadi Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Damri).

Damri memiliki tugas utama untuk menyediakan jasa angkutan darat berupa truk, bus serta kendaraan bermotor lainnya. Saat ini Damri dikelola oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia.

Oleh karena bus ini adalah perusahaan milik negara, Bus Damri tersebar di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya adalah Kota Bandung. Pada awalnya, terdapat cukup banyak rute yang dilayani oleh Damri Bandung. Saat ini hanya tersisa tiga rute yang dilayani.

Jadwal dan Rute Damri Bandung

Perum Damri saat ini sudah menutup sejumlah rute di Bandung. Sekarang hanya tersisa tiga rute yang dilayani. Sebelumnya, Damri Bandung melayani perjalanan untuk 12 rute mencakup rute Cicaheum – Cibeureum, Ledeng – Leuwipanjang, Dipatiukur – Leuwipanjang, Elang – Jatinangor via Cibiru, Dipatiukur – Jatinangor, Kebon Kalapa – TJ Sari, Cicaheum – Leuwipanjang, Alun-alun Bandung – Ciburuy, Jatinangor – Elang, Cibiru – Kebon Kelapa dan Alun-alun-Kota Baru – Parahyangan. Berikut adalah daftar jadwal dan tiga rutenya yang masih beroperasi:

Artikel Terkait

Rute Damri Bandung Alun-alun – Kota Baru Parahyangan

Rute Alun – alun menuju Parahyangan memulai keberangkatan pada pukul 05.00 dan terakhir beroperasi pada pukul 19.00. Berikut adalah rutenya:

Subang Larang Shelter – Jingganagara Shelter – Jalan Parahyangan – Jalan Parahyangan 42 – Jalan Raya Simpang, 456 – Jalan Doktor Djunjunan 194 – Jalan Doktor Djunjunan 5 – Jalan Doktor Djunjunan 54 Jalan Terusan Pasteur, Bandung – Riau XL Jalan R.E. Martadinata, Bandung – Jalan Merdeka 22 22 Jl. Merdeka, Bandung – Jalan Lembong 36 – Jalan Tamblong 21 15 Jl. Tamblong, Bandung – Alun-Alun Bandung Shelter 53 Jalan Asia Afrika, Bandung

Rute Damri Bandung Jatinangor-Elang

Rute Damri 6A adalah rute dari Jatinangor sampai Elang dan sebaliknya. Rute Damri 6A terdiri dari 16 pemberhentian  yang memulai perjalanan dari Jalan Raya Cirebon menuju Bandung 170 dan berakhir di Terminal Damri Elang. Bus di rute ini berangkat pada pukul 5.00 WIB dan terakhir beroperasi pada pukul 19.00 WIB. Berikut adalah rute tempuhnya:

Jalan Raya Cirebon-Bandung 170 – Jalan Raya Jatinangor 142 – Jalan Bandung-Palimanan 52 Jalan Tol Padaleunyi, Bandung – Jalan Bandung-Palimanan Jalan Tol Padaleunyi, Bandung – Jalan Moch. Toha 290 – Jalan Soekarno Hatta 425 Jalan Soekarno-Hatta, Bandung – Jalan Soekarno-Hatta, 301 – Jalan Soekarno Hatta 111 Jalan Soekarno Hatta, Bandung – Jalan Soekarno Hatta, 303 – Pasar Caringin – Jalan Soekarno Hatta 198 – Jalan Soekarno Hatta 121 – Jalan Soekarno Hatta 106-118 – Ypp Teknik – Jalan Soekarno Hatta 8 – Terminal Damri Elang

Rute Damri Bandung Kebon Kelapa-Cibiru

Rute 11 Kebon Kelapa – Cibiru mempunyai 25 titik pemberhentian. Rute ini dimulai dari Jalan Pungkur 32-36 dan berakhir di Jalan A.H. Nasution 124. Bus Damri di rute ini beroperasi pada pukul 5.00 sampai berakhir pada pukul 21.00 setiap harinya. Berikut adalah daftar rute yang ditempuh:

Jalan Pungkur 32-36 – Jalan Dewi Sartika 53 Jalan Dewi Sartika, Bandung – Jalan Alun-alun Timur – Jalan Banceuy 1-2 – Jalan Naripan 14 25 Jalan Naripan, Bandung – Jalan Naripan 60 Jalan Embong, Bandung – Jalan Ahmad Yani 141-143 – Lapangan Persib – Jalan Jenderal Ahmad Yani 283 D – Jalan Jenderal Ahmad Yani 469 – Jalan Jenderal Ahmad Yani 578 – Jalan Jenderal Ahmad Yani 720 – Jalan Jenderal Ahmad Yani 909-915 Jalan PHH Mustofa, Bandung – Jalan A.H. Nasution 918 – Jalan A.H. Nasution 27 33 Jl. A. H. Nasution, Bandung – Jalan A.H. Nasution 8 – Jalan A.H. Nasution 301 – Jalan A.H. Nasution 84 – Jalan A.H. Nasution 38 – Jalan Raya Ujung Berung 55 – Terminal Ujung Berung – Jalan A.H. Nasution 174 – Jalan A.H. Nasution 236 – Jalan Raya Cipadung 314 – Jalan A.H. Nasution 124 Cibiru, Bandung

Pembelian Tiket Bus Damri Bandung

Harga tiket untuk setiap rute memiliki kisaran harga yang berbeda. Untuk rute Kebon Kelapa – Cibiru, penumpang akan dikenai tarif sebesar Rp6.000/orang. Sedangkan rute Alun-alun menuju Parahyangan dan rute Jatinangor Elang, penumpang akan dikenai tarif sebesar Rp8.000/orang.

 Pembelian tiket dapat Anda lakukan melalui laman resmi Damri atau langsung melalui aplikasi resmi Damri Apps. Berikut adalah cara memesan tiket melalui Damri Apps:

1.Unduh/ download aplikasi Damri di App store.

2. Buka aplikasi DAMRI Apps.

3. Pesan tiket dengan mengisi kolom tanggal keberangkatan, asal kota, kota tujuan, dan jumlah tiket.

4. Pilih “Cari Tiket”.

5. Pilih tiket yang sesuai dengan jadwal keberangkatan yang Anda inginkan.

6. Konfirmasi pemesanan dan lakukan pembayaran tiket. 

Demikian pembahasan Tiket Resmi mengenai jadwal dan rute Damri Bandung yang terbaru. Perlu diperhatikan bahwa semua harga tiket, rute dan jadwal di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Perum Damri. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *