Cara Check In Citilink Online dengan Mudah Terupdate 2022

Check in citilink
Check in citilink (Sumber: Citilink)
Daftar isi

Pengguna transportasi umum pesawat terbang pastinya sudah mengenal tata cara untuk menggunakan pesawat terbang, salah satunya yaitu penumpang harus melakukan check in terlebih dahulu sebelum menaiki armada. citilink sebagai maskapai penerbangan menyediakan layanan check in citilink secara online yang akan semakin memudahkan calon penumpangnya.

Lantas, bagaimana cara melakukan online check in Citilink? Tidak perlu khawatir, Tiket Resmi pada kesempatan kali ini akan menjelaskan kepada Anda langkah-langkah untuk melakukan check in pada maskapai penerbangan Citilink secara mudah dan cepat. Anda dapat menyimak cara check in Citilink online melalui penjelasan di bawah ini.

Main

Tentang Maskapai Penerbangan Citilink

Sebelum menjelaskan cara melakukan check in pada maskapai Citilink lebih lanjut, Tiket Resmi akan memberikan informasi singkat mengenai maskapai Citilink terlebih dahulu. Citilink merupakan maskapai penerbangan di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2011. 

PT Citilink Indonesia merupakan anak perusahaan dari maskapai tersohor di Indonesia, yaitu PT Garuda Indonesia. Saat pertama kali didirikan, penerbangan maskapai Citilink dikelola oleh SBU Citilink yang beroperasi dengan AOC Garuda. Selain itu, nomor penerbangan yang digunakan juga masih milik Garuda.

Artikel Terkait

Mulai tahun 2012, Citilink mendapatkan izin usaha penerbangan serta sertifikat penerbangan AOC. Dengan demikian, maskapai Citilink mulai beroperasi secara independen sejak tanggal 30 Juli 2012.

Citilink telah mendapatkan beberapa penghargaan yang menandakan bahwa pelayanannya cukup memuaskan para penumpang. Adapun penghargaan yang didapatkan oleh maskapai Citilink diantaranya yaitu akreditasi bintang 4 dari lembaga pemeringkatan industri aviasi dunia, Skytrax COVID-19 Airline Safety Rating tahun 2021, dan masih banyak lagi. 

Hal yang Harus diperhatikan saat melakukan Check In Citilink

Sebelum melakukan check in pada maskapai Citilink, ada beberapa ketentuan yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Ketentuan tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Check in Citilink secara online dibuka sejak 1 tahun atau 365 hari sampai dengan 2 jam 30 menit sebelum jam keberangkatan

2. Check in online ini hanya bisa dilakukan untuk penumpang yang memiliki tiket penerbangan dengan status terbayar penuh atau confirmed tanpa adanya tunggakan pembayaran lagi

3. Walau bisa dilakukan secara online, penumpang tetap harus berada pada ruang tunggu maksimal 40 menit sebelum jam keberangkatan

4. Check in Citilink online hanya berlaku untuk penerbangan domestik saja, tidak untuk penerbangan internasional

Bagaimana Cara Melakukan Check In Citilink secara Online?

Setelah memahami ketentuannya, Anda kemudian dapat langsung melakukan check in Citilink secara online. Online check in Citilink dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu web check in melalui situs web resmi Citilink dan mobile check in melalui aplikasi resmi Citilink. Anda dapat melihat penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Check In melalui Situs Web Resmi Citilink

Website resmi ciilink untuk check in
Website resmi ciilink untuk check in

1. Siapkan tiket pesawat maskapai Citilink. Cek nama penumpang dan kode pemesanannya

2. Kunjungi laman resmi check in Citilink, yaitu https://book.citilink.co.id/searchwebcheckin

3. Kemudian, Anda perlu memasukkan enam digit kode pemesanan pada kolom “nomor konfirmasi” dan nama belakang penumpang pada kolom “nama belakang”. Jika sudah, Anda dapat langsung menekan tombol “Find Booking”

4. Selanjutnya, centang kolom “check in” lalu lanjutkan dengan mengklik tombol “continue

5. Pahami dokumen informasi keamanan yang tersedia. Apabila sudah, centang kolom konfirmasi yang menerangkan bahwa Anda telah membaca dan memahami informasi keamanan tersebut. Kemudian, klik tombol “continue

6. Jika muncul tombol “check in now”, Anda dapat klik tombol tersebut

7. Laman tersebut nantinya akan memuat boarding pass yang berisi informasi nomor tempat duduk Anda. Boarding pass wajib Anda cetak di hari keberangkatan

Check In melalui Aplikasi Resmi Citilink pada Ponsel Pintar

1. Download atau unduh aplikasi BetterFly Citilink pada Google Play Store atau App Store

2. Masukkan enam digit kode pemesanan pada kolom “nomor konfirmasi” dan nama belakang serta alamat surel pada kolom yang tersedia

3. Pilih menu “Find My Booking

4. Pahami seluruh ketentuan yang tertera lalu tekan tombol “Next

5. Konfirmasi nama penumpang yang tertera dan klik tombol “Selesai

6. Akses e-boarding pass Anda pada menu yang tersedia. Nantinya, Anda dapat melakukan pemindaian atau scanning e-boarding pass saat melakukan boarding atau bisa langsung dicetak sesuai dengan kebutuhan Anda 

Customer Care Maskapai Penerbangan Citilink

Apabila kesulitan dalam melakukan check in online atau mengalami kendala lain yang berhubungan dengan maskapai, Anda dapat langsung menghubungi customer care Citilink melalui call center. Berikut informasi mengenai call center Citilink yang dapat dihubungi 24 jam.

  • Call Center Citilink 24 jam: 0804 1 080808
  • Call Center Citilink 24 jam untuk Internasional: +6231 9920 8709

Seperti itulah tadi informasi mengenai check in Citilink yang dapat Tiket Resmi jelaskan kepada Anda. Mudah, bukan? Dengan melakukan check in secara online, Anda tidak perlu bersusah payah mengantre pada konter maskapai di bandara nantinya. Maka dari itu, Citilink menghadirkan fasilitas check in secara online agar memudahkan calon penumpang untuk menggunakan maskapai satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *