LRT Jakarta: Rute, Tarif Tiket, dan Jadwal Terkini 2022

LRT Jakarta
LRT Jakarta (Sumber: Tokopedia)
Daftar isi

Jika Anda termasuk warga Jakarta atau orang yang melakukan aktivitas di kota Jakarta, pastinya sudah tidak asing lagi mendengar moda transportasi umum LRT Jakarta. LRT yang memiliki kepanjangan Lintas Raya Terpadu ini telah digunakan oleh warga Jakarta selama kurang lebih 2 tahun sebagai transportasi umum bebas hambatan. 

Apabila ingin menggunakan transportasi ini, Anda perlu mengetahui informasi terkini mengenai LRT di Jakarta terlebih dahulu. Oleh karena itu, Tiket Resmi di kesempatan kali ini akan mengulas informasi terbaru seputar transportasi umum LRT yang beroperasi di Jakarta. Anda dapat menyimak ulasan LRT Jakarta selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Tentang LRT Jakarta

Lintas Raya Terpadu Jakarta merupakan sistem lintas rel terpadu yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jalur LRT Jakarta terdiri dari 1 jalur lintasan sepanjang 5,8 km dengan total enam stasiun pemberhentian. 

Operator dari moda transportasi ini adalah PT Jakarta Propertindo (Perseroda). kantor pusatnya yaitu di Gedung MCC, Depo Pegangsaan Dua, Jalan Kelapa Nias Nomor 80, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pembangunan moda transportasi ini dimulai pada bulan Juni 2016 dan diharapkan menjadi pelengkap moda transportasi umum di Jakarta dalam rangka persiapan Asian Games 2018. Akan tetapi, pembangunan LRT tidak selesai sesuai dengan target sehingga LRT hanya dapat beroperasi secara terbatas pada saat Asian Games 2018 berlangsung. 

Artikel Terkait

Kemudian, LRT di Jakarta telah rampung dan mulai diberlakukan uji coba operasi pada tanggal 11 Juni 2019 tanpa tarif. Kini, Fase I kereta LRT Jakarta telah beroperasi secara penuh yang dimulai sejak tanggal 1 Desember 2019. 

Rute dan Antarmoda Penghubung LRT di Jakarta

Rute LRT Jakarta saat ini adalah rute Fase I yang terdiri dari 6 stasiun perhentian. Adapun rute LRT Jakarta adalah sebagai berikut.

Stasiun 01 Pegangsaan Dua – Stasiun 02 Boulevard Utara – Stasiun 03 Boulevard Selatan – Stasiun 04 Pulomas – Stasiun 05 Equestrian – Stasiun 06 Velodrome (Rute LRT pulang pergi)

Nantinya, rute fase I yang berada di Jakarta ini akan terhubung dengan rute LRT Jabodetabek. Rute LRT Jabodetabek direncanakan akan mulai beroperasi pada bulan Desember 2022 mendatang.

Selain itu, pada setiap stasiun perhentian LRT Jakarta tersedia antarmoda penghubung yang memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanannya. Untuk mengetahui antarmoda penghubung pada setiap stasiun LRT, Anda dapat menyimak pembahasannya pada tabel di bawah ini.

StasiunAntarmoda yang TersediaNomor dan Relasi Antarmoda
Stasiun 01 Pegangsaan DuaMikroTransJAK60 (relasi Kelapa Gading – Rusun Kemayoran)
Stasiun 02 Boulevard UtaraMikroTransJAK24 (relasi Senen – Pulogadung)
Stasiun 02 Boulevard UtaraMikroTransJAK59 (relasi Rawamangun – Rawa Sengon)
Stasiun 02 Boulevard UtaraMikroTransJAK60 (relasi Kelapa Gading – Rusun Kemayoran)
Stasiun 02 Boulevard UtaraMikroTransJAK61 (relasi Cempaka Putih – Pulogadung)
Stasiun 03 Boulevard SelatanMikroTransJAK59 (relasi Rawamangun – Rawa Sengon)
Stasiun 04 PulomasBRT2 (relasi Pulogadung 1 – Harmoni)2A (relasi Pulogadung 1 – Kalideres)2B (relasi ASMI – Harapan Indah)Rusun 2E (relasi Rusun Rawa Bebek – Pakin)M2 (relasi Pulogadung 1 – Harmoni)
Stasiun 04 PulomasMikroTransJAK24 (relasi Senen – Pulogadung)JAK33 (relasi Pulogadung – Kota)JAK59 (relasi Rawamangun – Rawa Sengon)
Stasiun 05 EquestrianMikroTransJAK33 (relasi Pulogadung – Kota)
Stasiun 06 VelodromeNon-BRT4A (relasi TU Gas – Jelambar)4C (relasi TU Gas – Bundaran Senayan)4D (relasi TU Gas – Patra Kuningan)11M (relasi Rawamangun – Pulogebang)M11 (relasi Pulogebang – Pulogadung)
Stasiun 06 VelodromeBRT4 (relasi Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2)4H (relasi Pulogadung 2 – Ragunan)4K (relasi Pulogadung 2 – Blok M)4M (relasi Pulogadung 2 – Kota)7M (relasi Kampung Rambutan – Pulogadung 2)M4 (relasi Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2)
Stasiun 06 VelodromeMikroTransJAK17 (relasi Pulogadung – Senen)JAK26 (relasi Duren Sawit – Rawamangun)JAK34 (relasi Klender – Rawamangun)JAK59 (relasi Rawamangun – Rawa Sengon)

Jadwal Kereta LRT

Berdasarkan situs resmi LRT Jakarta, Kereta cepat ini beroperasi setiap hari dari pukul 05.30 sampai dengan 22.30 WIB pada titik awal stasiun di Pegangsaan Dua. Jadwal pemberangkatan keretanya adalah setiap 10 menit sekali dengan jarak waktu perhentian setiap stasiunnya yaitu selang 2 menit.

Harga Tiket dan Metode Pembayaran Kereta LRT

Moda transportasi LRT dengan stasiun perhentian di daerah Jakarta saat ini dikenakan tarif sebesar Rp5.000 untuk satu kali perjalanan. Tarif tersebut berlaku baik untuk jarak jauh maupun jarak dekat pada semua stasiun perhentian.

Metode pembayaran kereta LRT dapat menggunakan kartu Single Journey Trip (SJT) yang bisa Anda dapatkan pada Ticket Vending Machine (TVM) ataupun melalui loket pembelian tiket.  Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kartu uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank tertentu, seperti Flazz (BCA), E-money (Mandiri), TapCash (BNI), dan lain sebagainya.

Seperti itulah tadi ulasan mengenai rute, antarmoda penghubung, jadwal kereta, serta metode pembayaran yang diberlakukan pada kereta LRT Jakarta. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui informasi mengenai LRT sebelum hendak menggunakannya. Jangan lupa ikuti terus laman web Tiket Resmi untuk mendapatkan informasi menarik mengenai transportasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *