Siap Bepergian Naik LRT Palembang? Ini Informasi Lengkapnya!

LRT Palembang (kompas)
LRT Palembang (kompas)
Anda sudah siap merasakan serunya bepergian naik LRT Palembang? Sebelum itu, mari cek info tarif, rute, stasiun, dan jam operasionalnya berikut ini.
Daftar isi

Light-rail transit (LRT) adalah kereta cepat yang mengoperasikan gerbong tunggal bertenaga listrik atau kereta api pendek pada rel tetap. LRT berasal dari sistem kereta api tenaga listrik yang kemudian dirancang ulang untuk menempuh jarak lebih cepat dan membawa lebih banyak penumpang untuk jarak jauh di wilayah metropolitan atau kota-kota besar.

Umumnya, LRT dapat Anda temukan di sepanjang jalur khusus agar tidak berdekatan dengan lalu lintas kota. Sistem LRT juga menggunakan jalan kereta api yang tidak digunakan, terowongan bawah tanah, atau bahkan saluran drainase untuk menghindari lalu lintas jalan raya dan menyesuaikannya dengan lingkungan daerah sekitar.

Seperti kereta api pada umumnya, LRT melayani pemberhentian dengan jarak jauh dan memastikan kecepatan yang lebih tinggi. LRT menyediakan layanan cepat dan hemat biaya untuk transportasi antar kota di wilayah metropolitan. Tak terkecuali di daerah Palembang, Sumatera Selatan.

LRT Palembang dirancang untuk mengatasi kesenjangan besar antara bus lokal dan kereta api. LRT Palembang memiliki kapasitas tempat dalam jumlah besar dengan kecepatan yang relatif lebih tinggi daripada kereta api lokal dan biayanya lebih murah.

Apabila Anda tertarik untuk menumpangi LRT Palembang, bacalah artikel ini sampai akhir. Pada artikel ini Anda akan mendapat informasi mengenai armada, jam operasional, tarif, daftar stasiun sampai rute LRT Palembang.

Artikel Terkait

Serunya Bepergian Naik LRT Palembang

LRT Palembang (bisnis tempo)
LRT Palembang (bisnis tempo)

Bagi Anda yang berasal dari Palembang, pasti sudah tak asing dengan LRT yang dikembangkan pada tahun 2018. LRT atau Light Rail Transit merupakan kereta cepat yang beroperasi di daerah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sampai Gelora Jakabaring di Palembang.

Dengan menaiki transportasi publik ini, Anda dapat melihat Kota Palembang dari jangkauan yang lebih luas. Selain itu, tarifnya yang murah daripada moda transportasi lainnya menjadi kelebihan LRT, sehingga banyak orang terutama pelajar menyukai LRT.

Armada LRT Palembang

Pada Agustus 2018, PT Industri Kereta Api memproduksi delapan rangkaian kereta ringan di Palembang yang memiliki tiga gerbong. Light Rail Transit (LRT) mampu mengangkut kapasitas sebanyak 722 orang dengan 231 penumpang di gerbong pertama dan ketiga, serta 260 orang di gerbong kedua.

Sementara itu, jumlah tempat duduk yang disediakan sebanyak 78 orang. Light Rail Transit (LRT) dapat membawa penumpang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sampai Gelora Jakabaring di Palembang dengan jarak tempuh sekitar 30-45 menit.

Light Rail Transit (LRT) memiliki daya listrik sebesar 750 V DC dengan aliran listrik dari rel ketiga. Armada kereta ini memiliki rangkaian yang dibuat oleh PT Industri Kereta Api di Madiun dengan bahan aluminium. Memiliki dimensi tinggi rangkaian sebesar 3.700 mm, tinggi lantai kereta 1.025 mm, dan panjang setiap kereta dengan tiga gerbong sekitar 51.800 mm. Bahan material dari rangkaian kereta Sebagian besar berasal dari dalam negeri.

Jam Operasional dan Tarif LRT Palembang

Rute LRT Palembang (@seasia.co on Instagram)
Rute LRT Palembang (@seasia.co on Instagram)

Jam operasional LRT Palembang dimulai dari pukul 06.00 pagi dari stasiun DJKA dan keberangkatan terakhirnya yakni pukul 19.32 dari stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Apabila Anda tertarik untuk menumpangi LRT ini, berikut kami rangkum jadwal LRT Palembang 2022.

HariJam OperasionalFrekuensi Keberangkatan
Minggu08:00 – 16:47Setiap 17 menit
Senin08:00 – 16:47Setiap 17 menit
Selasa08:00 – 16:47Setiap 17 menit
Rabu08:00 – 16:47Setiap 17 menit
Kamis08:00 – 16:47Setiap 17 menit
Jumat08:00 – 16:47Setiap 17 menit
Sabtu08:00 – 16:47Setiap 17 menit

Sementara itu, tarif LRT untuk sekali perjalanan dari stasiun bandara dan turun ke bandara yang sama, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 saja. Namun, jika Anda naik atau turun ke stasiun, tarifnya hanya Rp5.000.

Layanan LRT ini dapat Anda nikmati dengan membeli kartu elektronik atau e-money, sehingga memudahkan pembayaran dalam pembelian tiket. Namun, tak perlu khawatir, Anda juga bisa menggunakan uang tunai dengan cara membeli tiketnya langsung di loket.

Pengisian saldo kartu juga dapat dilakukan agar Anda bisa tap-in di stasiun keberangkatan dan pintu LRT akan terbuka setelah Anda menempel tiket ke mesin sensor. Setelah itu, penumpang perlu menunggu di kursi hingga jadwal keberangkatan tiba.

Umumnya, petugas akan memberikan pemberitahuan mengenai keberangkatan kereta dengan pengeras suara. Saat menunggu, perhatikan juga untuk tidak berdiri di dekat jalur kereta. Sesaat LRT tiba, masuklah ke dalam kereta dengan tertib dan pilih kursi sesuai keinginan. Terakhir, nikmati perjalanan Anda dan usahakan jangan lakukan larangan yang tertulis di dalam LRT.

Daftar Stasiun LRT Palembang

Tiket Resmi telah merangkum daftar stasiun LRT Palembang terbaru untuk warga Palembang dan sekitarnya sebagai berikut.

  • Stasiun DJKA
  • Stasiun Jakabaring
  • Stasiun Polresta
  • Stasiun Ampera
  • Stasiun Cinde
  • Stasiun Dishub Sumsel
  • Stasiun Bumi Sriwijaya
  • Stasiun Demang Lebar Daun
  • Stasiun Garuda Dempo
  • Stasiun RSUD
  • Stasiun Punti Kayu
  • Stasiun Asrama Haji
  • Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Baca juga:  Jadwal + Harga Tiket Bus Jakarta-Palembang Juli 2022

Itulah informasi yang berhasil Tiket Resmi rangkum mengenai LRT Palembang untuk menambah referensi Anda sebelum menumpangi kereta cepat tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhati-hatilah saat di perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *