Bus PO San: Jadwal, Rute, Harga Tiket, Hingga Fasilitasnya

Siliwangi Antar Nusa (Sumber: @hendrapananurk on Instagram)
Siliwangi Antar Nusa (Sumber: @hendrapananurk on Instagram)
PO San merupakan salah satu PO bus besar yang ada di Indonesia. Berikut ini Tiket Resmi telah merangkum berbagai informasi menarik tentang Bus PO San.
Daftar isi

Perjalanan jalur darat selalu menjadi pilihan untuk bepergian khususnya bagi masyarakat Indonesia. Bepergian antar kota maupun antar provinsi tidak selalu membutuhkan jalur udara. Saat ini sudah banyak moda transportasi darat yang melayani perjalanan AKAP dengan harga terjangkau. 

Moda transportasi tersebut adalah bus. Bus menjadi pilihan banyak masyarakat karena jumlah armadanya yang cukup banyak dan harganya terjangkau. Salah satu armada bus asal Sumatera yang cukup terkenal yaitu bus po san. Tiket Resmi akan membahas jadwal, rute, harga tiket hingga fasilitasnya di artikel ini, simak selengkapnya ya! 

Sejarah Berdirinya PO San

Bus PO San (Sumber: @ale_sidabutar on Instagram)
Bus PO San (Sumber: @ale_sidabutar on Instagram)

Sejarah awal berdirinya PO San dimulai dari usaha ekspedisi yang pada saat itu hanya memiliki 2 unit light truck yang lalu kemudian berkembang menjadi 14 unit. Perusahaan ini didirikan oleh pria yang memiliki latar belakang PNS, beliau merupakan kepala bagian kendaraan di Biro Umum Provinsi Bengkulu sampai dengan tahun 1984. 

Sejalan dengan jabatan beliau serta program pembebasan Bengkulu dari isolasi di era berkembangnya pembangunan Provinsi Bengkulu tahun 1982-1983. H. Hasanuddin Adnan pemilik po san mulai merintis usaha angkutan umum.

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1978 namun mulai fokus mengembangkan divisi transportasinya di tahun 1992. Trayek awal perjalanan bus ini adalah Bengkulu – Jakarta (pulang pergi), Bengkulu – Padang (pulang pergi), dan Bengkulu – Palembang (pulang pergi). Armada yang digunakan antara lain, 4 unit Mazda T4000, 2 unit Colt Diesel 120PS, 2 unit Isuzu Bison TLD dan 1 unit Mercy 508D dengan pelayanan antar-jemput “door to door”. 

Artikel Terkait

Di tahun 1993, bisnis ini kian berkembang dengan disetujuinya trayek jurusan Bengkulu – Jakarta (Pulo Gadung) menggunakan armada Mitsubishi RM 117 tipe terbaru dengan pelayanan eksekutif. Mei 1994, perusahaan ini menambah armada berupa 2 unit Mitsubishi RM 117, 3 unit Nissan RB87, dan 3 unit Mitsubishi Colt diesel untuk trayek Bengkulu – Jakarta (pulang pergi) via Liwa. 

Tahun 1995, bus PO San memperbesar pelayanannya dengan penambahan trayek Bengkulu-Solo-Ponorogo (pulang pergi) dan Bengkulu-Bukit Tinggi. Tahun 2002 perusahaan ini membuka jalur Bengkulu-Pekanbaru (pulang pergi). Pengembangan untuk wilayah ini terus mengalami peningkatan hingga manajemen memutuskan untuk memindahkan sebagian besar basis armadanya ke Pekanbaru di tahun 2004. 

Armada yang dipindahkan termasuk semua unit Volvo B7R melayani kelas eksekutif Dumai-Pekanbaru-Yogyakarta-Solo (pulang pergi). Trayek lain yaitu Pekanbaru-Bandung-Solo-Blitar menggunakan armada Hino RG. 

Pengembangan usaha lainnya yakni melayani kontrak angkutan karyawan dari perusahaan besar di Provinsi Riau dan DKI Jakarta. Diantaranya melayani subkontraktor karyawan RAPP dari Maret 2003 hingga September 2005. 

Pada tahun 2003 badan hukum PO San dengan resmi berubah menjadi PT. SAN PUTRA SEJAHTERA. Dengan peningkatan bahan hukum ini diharapkan menjadi kekuatan secara legal dan bisa memberikan lebih bagi perusahan ini untuk berkembang yang kemungkinan merambah ke bidang bisnis yang lain. 

Adanya peningkatan ini membuat PO San menambah jadwal dan tiketnya sebagai bentuk pelayanan terbaik mereka. Perusahaan ini memiliki motto “Transport With Care” dengan harapan memberikan pelayanan terbaik di setiap rute yang ditawarkan. 

Armada Bus PO San

Berpergian Menggunakan Bus PO San (Sumber: @ahmdikblwbw on Instagram)
Berpergian Menggunakan Bus PO San (Sumber: @ahmdikblwbw on Instagram)

PO San membuktikan perkembangan salah satunya melalui aset armadanya. Inovasi bus dengan desain terbaru serta tangguh mampu melayani trayek sumatera yang dengan penuh tantangan. Sarana pool yang memadai dan bengkel perbaikan yang sesuai spesifikasi jenis bus yang dimiliki menjadikan namanya cukup dikenal untuk bus lintas Sumatra dan Jawa. 

Armada yang dioperasikan terdiri dari berbagai merk dan jenis dengan kualitas terbaik. Beberapa armada tersebut antara lain: 

  • Mercedes Benz OH 1521
  • Mercedes Benz OH 1526 EURO 3 
  • Volvo B7R
  • Hino RG 
  • Hino RK
  • Hino AK 
  • Mitsubishi Foton 
  • Mitsubishi Sanchai
  • Mitsubishi Dongfeng 

Pada awal tahun 2020, Bus PO San menghadirkan armada baru berupa 4 Unit Jet Bus 3+ Voyager hasil polesan dari karoseri adiputro. Selama 30 tahun perusahaan tersebut beroperasi, ini merupakan kali pertama Siliwangi Antar Nusa menggunakan bus karoseri adiputro. Bus ini dioperasikan untuk melayani trayek Blitar-Pekanbaru (pulang pergi). 

Logo armada PO San juga memiliki filosofi untuk setiap gambarnya. Untuk gambar laut memiliki makna, laut itu tidak mudah untuk mengarunginya namun disitu terdapat banyak rezeki dan potensi kehidupan. Kemudian gambar matahari yang melambangkan kehidupan, lalu pohon cemara memiliki arti semakin tinggi akan semakin sering tertimpa angin namun tetap bertahan. 

Terdapat juga livery pohon kelapa yang mempunya arti akar hingga buah semuanya berguna. Hal tersebut menggambarkan asal kampung yaitu Minangkabau di Pariaman yang merupakan penghasil kelapa. 

Sementara untuk nama Siliwangi di SAN, pemilik po san memiliki kedekatan dengan Pangdam Siliwangi di Jawa Barat. Saat truk yang ia punya masuk pelabuhan merak banyak yang meminta “uang jalan” ia meminta bantuan kepada pangdam siliwangi untuk tidak diganggu di pelabuhan merak dengan mengatakan kode “Siliwangi”. Karena hal tersebut tidak ada yang berani meminta dan mencuri lagi. 

Dikarenakan kode tersebut membawa berkah untuk usahanya, akhirnya dibuatlah CV. Siliwangi Antar Nusa. Sejak saat ini tidak ada lagi yang berani mengusik dan armadanya memiliki julukan macan Sumatra. 

Fasilitas Bus PO San

Kelas Bus PO San (Sumber: @k_palsugallery on Instagram)
Kelas Bus PO San (Sumber: @k_palsugallery on Instagram)

Fasilitas yang terdapat pada Bus PO San berbeda-beda disesuaikan dengan kelas yang dipilih oleh para penumpang. Berikut fasilitas yang terdapat pada masing-masing kelas tersebut: 

Kelas Eksekutif

  • Memiliki jumlah kursi sebanyak 32 buah 
  • Konfigurasi kursi 2 – 2
  • Reclining Seat 
  • Full AC 
  • Bantal dan Selimut 
  • TV/DVD
  • Smoking Area 
  • Toilet 

Kelas Bisnis: 2 – 2 

  • Mempunyai jumlah kursi sebanyak 36 – 42 buah 
  • Konfigurasi kursi 2 – 2
  • Reclining Seat 
  • Full AC 
  • Selimut 
  • TV/DVD
  • Smoking Area 
  • Toilet 

Kelas Bisnis: 2 – 3

  • Mempunyai jumlah kursi sebanyak 45 – 50 buah
  • Konfigurasi kursi 2 – 3 
  • Reclining Seat 
  • Full AC 
  • Selimut 
  • TV/DVD
  • Toilet 

Kelas Ekonomi

  • Memiliki jumlah kursi sebanyak 55 buah 
  • Reclining Seat 
  • TV/DVD
  • Toilet 

Rute & Jadwal Bus PO San

Rute Bus PO San (Sumber: @rafimaulidan_24 on Instagram)
Rute Bus PO San (Sumber: @rafimaulidan_24 on Instagram)

PO San memiliki rute dan jadwal perjalanan antar kota dan provinsi. Dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa maupun dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatra. Berikut Tiket Resmi informasikan terkait rute dan jadwal dari bus tersebut: 

Rute Jadwal 
Bengkulu – Bukit Tinggi Pukul 13.00
Bengkulu – Pariaman Pukul 12.30
Bengkulu – Pekanbaru Pukul 12.00
Bengkulu – Jakarta Pukul 11.00
Bengkulu – Bandung Pukul 12.00
Bengkulu – Solo Pukul 13.00
Bengkulu – Yogyakarta Pukul 13.00
Lahat – Bandung Pukul 12.00
Pekanbaru – Jakarta Pukul 10.00
Pekanbaru – SoloPukul 16.00
Pekanbaru – Yogyakarta Pukul 16.00

Diatas merupakan informasi rute beserta jadwal dari Bus PO SAN. Untuk informasi harga tiket akan Tiket Resmi bahas setelah ini!

Harga Tiket Bus PO San

Harga Tiket PO San (Sumber: @wak_koling on Instagram)
Harga Tiket PO San (Sumber: @wak_koling on Instagram)

Tiket PO San memiliki harga yang beragam tergantung dengan tujuan dan kelas yang dipilih oleh calon penumpang. Berikut harga tiket dari armada bus yang dijuluki macan sumatra: 

Rute Jadwal Harga Tiket 
Bengkulu – Bukit Tinggi Pukul 13.00Ekonomi: Rp125.000 AC Bisnis: Rp 160.000
Bengkulu – Pariaman Pukul 12.30Eksekutif: Rp200.000
Bengkulu – Pekanbaru Pukul 12.00Eksekutif: Rp210.000
Bengkulu – Jakarta Pukul 11.00Eksekutif: Rp340.000
Bengkulu – Bandung Pukul 12.00Eksekutif: Rp400.000
Bengkulu – Solo Pukul 13.00AC Bisnis: Rp425.000 Eksekutif: Rp485.000
Bengkulu – Yogyakarta Pukul 13.00AC Bisnis: Rp425.000 Eksekutif: Rp485.000
Lahat – Bandung Pukul 12.00Eksekutif: Rp350.000
Pekanbaru – Jakarta Pukul 10.00Eksekutif: Rp450.000
Pekanbaru – SoloPukul 16.00Eksekutif: Rp550.000
Pekanbaru – Yogyakarta Pukul 16.00Eksekutif: Rp550.000

Berikut merupakan informasi terkait tiket PO San beserta kelasnya sebagai referensi apabila ingin melakukan perjalanan antar kota dan antar provinsi menggunakan bus tersebut. Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi kontak agen terdekat. 

Baca juga: Bus Putra Remaja: Rute, Harga Tiket dan Agen 

Demikian informasi mengenai sejarah, jadwal, rute, harga tiket hingga fasilitas yang terdapat pada bus po san. Baca informasi menarik lainnya di Tiket Resmi! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *