Syarat ke Luar Negeri Terbaru 2022 Menuju Berbagai Negara di Dunia

syarat ke luar negeri
(Sumber: Pixabay)
Daftar isi

Pandemi Covid-19 membuat banyak negara menutup akses perjalanan ke luar dan ke dalam negeri. Saat ini kondisi pandemi sudah mereda dan banyak negara sudah membuka kembali akses perjalanan internasional. Kali ini Tiket Resmi akan memberi informasi tentang syarat-syarat ke luar negeri. 

Syarat perjalanan luar negeri tergantung dengan negara mana Anda ingin kunjungi. Tiket Resmi sudah merangkum beberapa persyaratan untuk masuk ke beberapa negara di bawah ini:

1. Malaysia

Aplikasi MySejahtera
Aplikasi MySejahtera (Sumber: Apple Store)

Syarat ke luar negeri dengan tujuan Malaysia salah satunya adalah mewajibkan Anda untuk menginstal aplikasi ‘MySejahtera’ dan mengisi formulir pra-keberangkatan. Anda juga perlu melampirkan tes RT-PCR dengan hasil negatif yang diambil paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan. 

Persyaratan hasil tes Covid-19 negatif ini tidak berlaku bagi penumpang di bawah usia 6 tahun dan penumpang yang memiliki sertifikat pemulihan Covid-19. Anda akan dikenai biaya tes Covid-19 menggunakan biaya sendiri ketika tiba di Malaysia. Setelah tiba, Anda juga perlu melakukan karantina selama 5 hari setelah kedatangan menggunakan biaya sendiri

Bagi yang sudah mempunyai sertifikat vaksinasi Covid-19 lengkap dan sudah terverifikasi, Anda tidak perlu melakukan karantina. Vaksin yang diterima antara lain Moderna (Spike Vax), AstraZeneca, Pfizer-BioNTech (Comirnaty), Sinovac, Sinopharm, atau Sputnik V.

Artikel Terkait

Anda juga diwajibkan memiliki asuransi kesehatan untuk menanggung biaya Covid-19 dengan nilai minimal USD 20,000.

2. Singapura

Syarat ke luar negeri dengan tujuan Singapura dapat tergolong tidak begitu rumit. Syarat vaksinasi yang diterapkan bagi pengunjung internasional, meliputi:

  • Sertifikat vaksinasi Covid-19 yang menunjukkan Anda sudah mendapatkan vaksin lengkap 14 hari sebelum kedatangan ke Singapura; atau
  • Surat penerimaan yang dikeluarkan Safe Travel Office (STO), yang sudah diverifikasi; atau
  • Email pengakuan Singapore Arrival Card (SGAC) yang sudah mengonfirmasi bahwa status vaksinasi Anda telah diverifikasi.

Jika Anda tidak memiliki satu dari dokumen yang tertera di atas, Anda wajib untuk mempunyai hasil tes negatif Covid-19 yang diambil paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan. Tes yang diterima meliputi: NA-PCR, PCR, antigen cepat, PCR cepat, LAMP, NAAT, dan RT-PCR. Sertifikat hasil tes harus berbahasa Inggris, mencantumkan tanggal tes, serta menyertakan minimal 2 tanda pengenal yang tercantum dalam paspor.

3. Jepang

Apilikasi My SOS
Apilikasi My SOS (Sumber: Google Play)

Kementerian Luar Negeri Jepang membagi country classification ke dalam 3 grup, yaitu Blue, Yellow dan Red. Indonesia masuk ke dalam grup Blue Categorized Country. Hal ini membuat syarat ke luar negeri dengan tujuan Jepang tidak memiliki banyak larangan/ low restriction. Persyaratan yang diberikan adalah:

  • Tidak perlu melakukan rapid test, PCR, ataupun antigen ketika tiba di Jepang
  • Tidak perlu melakukan karantina
  • Tidak wajib untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi
  • Membawa Visa dan Paspor
  • Hasil tes negatif RT-PCR yang diambil 3 hari sebelum keberangkatan 
  • Menginstal aplikasi ‘My SOS’ saat tiba di Jepang
  • Individual travel belum diizinkan. Kelompok turis harus disertai kondektur tur dan agen perjalanan lokal Jepang sebagai penjamin.

4. Korea Selatan

Selain Anda perlu melampirkan dokumen seperti Paspor dan Visa, Syarat ke luar negeri dengan tujuan Korea Selatan mulai Mulai 1 April 2022, berlaku ketentuan free quarantine bagi:

  • Anda pemilik sertifikat vaksinasi COVID-19 yang menunjukkan bahwa Anda sudah mendapat vaksin lengkap setidaknya 14 hari dan paling lama 180 hari sebelum kedatangan. 
  • Anda perlu mendaftar di https://cov19ent.kdca.go.kr/ sebelum keberangkatan dan kemudian mendapat kode QR yang harus ditunjukkan pada saat tiba di Korea Selatan;
  • Vaksin tersebut termasuk dengan vaksin booster.

5. Thailand

Syarat ke luar negeri dengan tujuan Thailand yang pertama adalah memiliki kode QR Thailand Pass. Kode QR ini dapat kamu peroleh melalui https://tp.consular.go.th dengan dengan proses approval yang membutuhkan waktu 1-2 jam. Anda perlu untuk mengunggah semua dokumen ke Thailand Pass tersebut.

Bagi Anda yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, Anda hanya perlu menyertakan fotocopy paspor, sertifikat vaksinasi Covid-19, dan bukti asuransi minimal pertanggungan USD 10,000. Sedangkan untuk Anda yang belum mendapatkan dosis penuh, Anda perlu menambahkan hasil tes negatif Covid-19 maximal 3×24 jam.

6. Hongkong

Syarat ke luar negeri dengan tujuan Hongkong mencakup beberapa syarat ini:

  • Sudah vaksin lengkap, minimal 2 dosis
  • Hasil tes RT-PCR negatif
  • Konfirmasi dari Designated Quarantine Hotel selama 7 hari
  • Pengesahan hasil tes dari otoritas kesehatan setempat

7. Arab Saudi

Syarat ke luar negeri dengan tujuan Arab Saudi saat ini juga sudah diperlonggar. Anda tidak perlu menyertakan hasil negatif dari tes PCR atau Rapid test antigen. Anda perlu memiliki sertifikat vaksinasi Covid-19, selain dokumen-dokumen utama, yang menunjukkan bahwa Anda sudah divaksin. Bagi Anda pengunjung dan turis, Anda perlu mendaftar di Muqeem sebelum datang ke Arab Saudi. Selain itu, Anda juga perlu memiliki asuransi kesehatan yang berguna untuk mengcover biaya perawatan Covid-19.

8. Inggris

Jika Anda ingin mengunjungi Inggris, Anda tidak perlu melakukan karantina saat tiba di Inggris. Ini juga berlaku untuk Anda yang hanya transit di Inggris dan melanjutkan perjalanan ke destinasi internasional lainnya. Selain menunjukkan paspor dan visa, Anda juga perlu mempersiapkan sertifikat vaksin baik secara digital maupun bentuk fisiknya.

Bagi yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap minimum 14 hari sebelum keberangkatan, Anda tidak perlu lagi melakukan tes Covid-19, baik sebelum atau setelah sampai di Inggris. Bagi yang belum memiliki vaksin lengkap, Anda wajib untuk memiliki hasil tes PCR negatif maksimum 2×24 jam sebelum waktu keberangkatan ke Inggris.

Anda juga perlu mengisi Passenger Locator Form yang harus diisi 3 hari sebelum kedatangan, baik masuk atau hanya transit. Dalam formulir tersebut, Anda harus memasukkan nomor referensi pemesanan hotel dan harus ditunjukkan ketika sudah datang ke Inggris.

Demikian pembahasan Tiket Resmi tentang syarat ke luar negeri pada masa setelah pandemi ini. Secara garis besar, Anda perlu mempersiapkan dokumen seperti paspor, visa, dan sertifikat vaksin. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *