Informasi Terbaru Kawasan Peta Ganjil Genap Jakarta 2022

peta ganjil genap jakarta
(Sumber: ANTARA FOTO)
Daftar isi

Pemberlakuan ganjil genap di wilayah DKI Jakarta dilakukan secara rutin di 25 titik ruas jalan oleh Polda Metro Jaya bersama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Jam operasional ganjil genap sendiri dilakukan pada hari kerja yaitu Senin hingga Jumat pada waktu pagi dan sore hari yang memang rawan macet. Ketahui selengkapnya mengenai peta ganjil genap Jakarta 2022 dan cara menghindarinya pada artikel berikut ini.

Aturan Pembatasan Kendaraan Ganjil Genap Jakarta

peta ganjil genap jakarta
Sumber: Detik

Pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 diketahui bahwa pemberlakuan aturan peta ganjil genap Jakarta dilakukan setiap hari kecuali hari libur nasional atau tanggal merah kalender pemerintahan serta Sabtu dan Minggu. Jam berlaku peta ganjil genap Jakarta ini dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan kembali pada pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Aturan  peta ganjil genap Jakarta tersebut ditujukan bagi pengendara kendaraan beroda 4 atau lebih yang mengenakan nomor polisi yang disesuaikan dengan tanggal di hari tersebut. Apabila angka terakhir pada nomor polisi adalah ganjil, maka artinya kendaraan tersebut hanya bisa melintas di tanggal ganjil. Jika angka terakhir pada nomor polisi adalah genap, berarti kendaraan tersebut hanya bisa melintas di tanggal genap.

Misalnya pada tanggal 24 Agustus 2022, hanya kendaraan berplat genap yang boleh melintas di 25 titik ruas jalan. Sedangkan, kendaraan yang angka belakang nomor polisinya bernomor ganjil, tidak dapat diperkenankan lewat pada 25 titik ruas jalan yang menjadi kawasan peta ganjil genap Jakarta di waktu yang telah ditentukan. 

Begitupun sebaliknya, misalnya pada tanggal 25 Agustus 2022, hanya kendaraan berplat ganjil yang dibolehkan melintas di 25 titik ruas jalan. Kendaraan dengan angka belakang nomor polisinya bernomor genap, tidak diperkenankan lewat pada 25 titik ruas jalan yang menjadi kawasan peta ganjil genap Jakarta di waktu tersebut. 

Artikel Terkait

Bagi pengendara yang melanggar ketentuan aturan ganjil genap Jakarta, maka akan dikenai sanksi berupa tilang oleh petugas dengan denda maksimal Rp500.000 atau dibui selama dua bulan. Hal tersebut sesuai dengan yang tertulis di Pasal 287 ayat 1 di UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Selain itu, pengendara akan dipantau melalui kamera e-TLE dan bukti tilang akan dikirimkan ke alamat pengendara.

Dikutip dari akun Instagram @dishubdkijakarta, diberlakukannya peta ganjil genap Jakarta di 25 titik ruas jalan ini adalah untuk mengurangi volume kendaraan di saat jam sibuk. Selain itu, aturan ini juga dilakukan sebagai upaya Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mengajak masyarakat menggunakan angkutan atau transportasi umum. 

25 Titik Ruas Jalan Peta Ganjil Genap Jakarta Terbaru

Berikut adalah 25 titik ruas jalan di peta ganjil genap Jakarta. Perlu diperhatikan kesesuaian nomor polisi kendaraan Anda dengan tanggal pada hari tersebut apakah ganjil atau genap. 

Sumber: Detik
Sumber: Tribunnews

1. Jalan Pintu Besar Selatan

2. Jalan Gajah Mada

3. Jalan Hayam Wuruk

4. Jalan Majapahit

5. Jalan Medan Merdeka Barat

6. Jalan M.H. Thamrin

7. Jalan Jenderal Sudirman

8. Jalan Sisingamangaraja

9. Jalan Panglima Polim

10. Jalan Fatmawati (diberlakukan mulai dari simpang Jalan Ketimun 1 hingga simpang Jalan TB Simatupang)

11. Jalan Suryopranoto

12. Jalan Balikpapan

13. Jalan Kyai Caringin

14. Jalan Tomang Raya

15. Jalan Jenderal S. Parman (diberlakukan mulai Jalan Tomang Raya hingga Jalan Gatot Subroto)

16. Jalan Gatot Subroto

17. Jalan MT Haryono

18. Jalan H.R. Rasuna Said

19. Jalan D.I. Panjaitan

20. Jalan Jenderal Ahmad Yani (diberlakukan mulai dari simpang Jalan Bekasi Timur Raya hingga simpang Jalan Perintis Kemerdekaan)

21. Jalan Pramuka

22. Jalan Salemba Raya sisi Barat dan Jalan Salemba Raya sisi Timur (diberlakukan mulai dari simpang Jalan Paseban Raya hingga simpang Jalan Diponegoro)

23. Jalan Kramat Raya

24. Jalan St. Senen

25. Jalan Gunung Sahari

Tips Hindari Peta Ganjil Genap Jakarta Menggunakan Google Maps

Agar tak ditilang, Anda bisa mencari rute alternatif yang bukan kawasan peta ganjil genap Jakarta. Rute tersebut bisa diketahui dari navigasi Google Maps. Caranya gampang, pertama bukalah aplikasi Google Maps di ponsel Anda. Setelah itu klik foto profil atau inisial Anda, biasanya berada di pojok kanan atas. Kemudian masuk ke setelan, pilih setelan navigasi, lalu klik hindari jalan yang menerapkan aturan peta ganjil genap Jakarta.

Pilih opsi berdasarkan plat nomor mobil lalu pilih jenis plat yang menunjukkan plat nomor kendaraan milik Anda, apakah ganjil atau genap. Jika sudah, klik selesai. 

peta ganjil genap jakarta 2022
Sumber: Google Maps

Saat ingin berkendara menggunakan petunjuk Google Maps, Anda bisa secara otomatis mendapatkan rute sesuai plat nomor mobil beserta tanggal hari saat itu. Caranya, telusuri tujuan atau ketuk tempat tujuan Anda di peta. Di bagian bawah, ketuk tombol Rute. Selama periode diberlakukannya pembatasan plat nomor, Anda hanya mendapatkan rute yang dapat dilewati berdasarkan plat nomor kendaraan Anda.

Demikianlah informasi lengkap mengenai peta ganjil genap Jakarta terbaru yang perlu Anda ketahui. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas untuk menciptakan keamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Semoga bermanfaat!

Comments 1

  1. indra says:

    Berguna sekali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *