Informasi & Jadwal Penerbangan Bandara Internasional Lombok

Megahnya Bandara Internasional Lombok (sumber: Instagram)
Megahnya Bandara Internasional Lombok (sumber: Instagram)
Daftar isi

Pernahkah Anda menginjakkan kaki di Bandara Internasional Lombok atau hanya sekedar lewat? Bandara yang juga dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid ini adalah sebuah bandara domestik dan internasional yang berlokasi di Praya, Lombok Tengah, NTB. Bagi Anda yang penasaran dengan bandara satu ini, maka sebaiknya simak artikel yang akan membahas Bandara Internasional Lombok berikut ini.

Mengenal Bandara Internasional Lombok

Bandara Internasional Lombok atau Lombok International Airport adalah sebuah bandara domestik dan internasional yang dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura I.  Bandara internasional ini dibangun di atas lahan seluas 550 hektare yang menelan biaya hingga 625 miliar rupiah. Arsitektur dari bandara ini memiliki ciri khas adat setempat, yakni khas rumah adat Sasak.

Lokasi Bandara Internasional Lombok berada di jantung pulau “eksotik” Lombok tepatnya di Jalan Tanak Awu, Kabupaten Lombok Tengah, Pulau Lombok, Indonesia. Letaknya berada di sebelah tenggara Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat dan sekitar 8 kilometer ke selatan dari kota kecil Praya, ibu kota Kabupaten Lombok Tengah.

Bandara Internasional Lombok dibuka pertama kali pada tanggal 1 Oktober 2011 dan diresmikan oleh presiden Republik Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Salah satu tujuan dibangunnya bandara ini adalah untuk menggantikan fungsi dari Bandara Selaparang, Kota Mataram yang saat itu tidak bisa didarati pesawat berbadan lebar pada pelayanan internasional maupun domestik. 

Sejarah Bandara Internasional Lombok

Tampak Bandara Internasional Lombok dari Dalam Ruangan (sumber: Instagram)
Tampak Bandara Internasional Lombok dari Dalam Ruangan (sumber: Instagram)

Bandar Udara Internasional Lombok awalnya mempunyai beberapa nama yang diusulkan. Pada bulan Januari 2009 silam, hasil jajak pendapat publik yang dilakukan di Lombok menunjukkan bahwa nama “Bandara Internasional Lombok (BIL)” dipilih oleh 40,4% responden, “Bandara Internasional Sasak (BIS)” 20%, Bandara Internasional Rinjani (BIR)” 16,7%, “Bandara Internasional Mandalika (BIM)” 10,9%, “Bandara Internasional Selaparang (SIA)” 8%, dan “Bandara Internasional Pejanggik (PIA)” 2,9%.

Artikel Terkait

Namun saat ini, Bandara Internasional Selaparang sudah tidak lagi beroperasi sebagai bandar udara, oleh karena itu jajak pendapat tidak lagi didapatkan dari nama Bandara Internasional Selaparang (SIA). Pada tanggal 5 September 2018, Bandara Internasional Lombok (BIL) memiliki nama atau sebutan baru, yaitu Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) yang bertujuan untuk menghormati salah satu pahlawan dari NTB.

Walaupun begitu, nama yang lama atau Bandara Internasional Lombok, masih digunakan untuk operasional komersial, sementara nama yang baru digunakan untuk operasi bandara non-komersial. 

Ketika Bandar Udara Internasional Lombok ini beroperasi, semua jadwal penerbangan yang ada di Bandara Selaparang dipindahkan ke bandara baru. Bandara Selaparang adalah bandara yang berlokasi di Kota Mataram, Lombok dan bandara ini secara resmi ditutup pada tanggal 30 September 2011. Bandara yang dibuka pada tahun 1995 ini tidak lagi difungsikan sebagai pusat transportasi udara.

Namun, pada tanggal 7 April 2014 Bandara Selaparang dibuka kembali setelah sebelumnya ditutup selama 3 tahun. Bandara ini digunakan untuk kepentingan sekolah penerbangan Bali International Flight Academy (BIFA) dan Lombok Institute Flight Technology (LIFT).

Tahap Pembangunan Lombok International Airport

Ruang Bagian Dalam Bandara Internasional Lombok (sumber: Instagram)
Ruang Bagian Dalam Bandara Internasional Lombok (sumber: Instagram)

Pada bandara yang melayani tujuan domestik dan internasional ini, tentunya perlu dilakukan konstruksi atau pembangunan yang sedemikian rupa agar fungsi dan kebutuhannya dapat terpenuhi. Pada prosesnya terdapat landasan pacu, taxiway dan apron yang termasuk dalam tahap akhir instalasi konstruksi dan fasilitas yang dilakukan pada kuartal 3 tahun 2010.

Terminal dan fasilitas pendukung lainnya juga dilakukan pada tahap akhir penyelesaian yang dilaksanakan pada akhir September 2011. Tanggal pembukaan bandara sudah dijadwalkan dan kemudian sempat ditunda berkali-bali. Hingga akhirnya pada tanggal 1 Oktober 2011 ditetapkan sebagai hari peresmian karena sebagian menanggapi kebutuhan mendesak untuk beroperasi sebelum dimulainya penerbangan Haji pada akhir tahun 2011.

Berikut detail tahap pembangunan pada Bandara Internasional Lombok:

Pertama (2006-2009)

  • Runway: 45m x 2500m
  • Apron: 52.074 m²
  • Taxiway: 2 exit taxiway
  • Terminal: 12.000 m² (Penumpang, VIP, Kargo)
  • Parkir: 17.500 m²

Kedua (2013-2015)

  • Runway: 45m x 2750m
  • Apron: 63.294 m²
  • Taxiway: 2 exit taxiway
  • Terminal: 16.500 m² (2,4 juta penumpang per tahun)
  • Parkir: 29.100 m²

Ketiga (2018)

  • Runway: 45m x 3600m
  • Apron: 74.514 m²
  • Taxiway: taxiway keluar dari 12, 2 taxiway keluar yang cepat, 1 paralel taxiway
  • Terminal: 28.750 m² (3,25 juta penumpang per tahun)
  • Parkir: 29.100 m²

Maskapai Penerbangan di Lombok International Airport Beserta Tujuannya

Bandara yang terletak persis di jantung pulau Lombok, tepatnya di Tanak Awu, Bandara Internasional Lombok melayani penerbangan domestik maupun internasional. Maskapai yang tersedia dan melayani rute domestik antara lain yaitu Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, Lion Air, Wings Air, Citilink, Sky Aviation, Trans Nusa Aviation, Indonesia Air Transport (Non Reguler), dan Travira Air (Non Reguler). Sedangkan pada rute internasional dilayani oleh Silk Air dan AirAsia.

MaskapaiTujuan
Batik AirJakarta – Soekarno Hatta
CitilinkDenpasar, Jakarta – Soekarno Hatta, Surabaya
Garuda IndonesiaJakarta – Soekarno Hatta, Surabaya
Indonesia AirAsiaJakarta – Soekarno Hatta, Kuala Lumpur – Internasional
Lion AirJakarta – Soekarno Hatta, Surabaya
Nam AirBima
Super Air JetJakarta – Soekarno Hatta
Wings AirBima, Denpasar, Labuan Bajo, Makassar, Sumbawa Besar

Jadwal Penerbangan Bandara Internasional Lombok

Ruang Tunggu di Bandara Internasional Lombok (sumber: Instagram)
Ruang Tunggu di Bandara Internasional Lombok (sumber: Instagram)

Waktu ditutup untuk check-in di Bandara Internasional Lombok untuk penerbangan keberangkatan biasanya bervariasi, tergantung maskapai penerbangan yang Anda pilih. Jadi, selalu pastikan untuk selalu memeriksa langsung di situs web mereka. Umumnya, Anda disarankan untuk sudah tiba di Bandara Internasional Lombok setidaknya dua jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan jarak pendek dan tiga jam untuk jarak jauh.

Jika Anda sudah check-in secara online, sebaiknya Anda tetap menyediakan cukup waktu untuk digunakan check-in bagasi, mengambil boarding pass hingga untuk pergi ke gate penerbangan Anda. 

Anda dapat memeriksa status penerbangan domestik dan internasional Anda di Bandara Internasional Lombok di tampilan live informasi pada situs atau platform yang terpercaya dan sudah dipastikan jelas. Cari jadwal kedatangan atau keberangkatan pesawat dari Lombok dan temukan penerbangan yang Anda inginkan menggunakan fitur pencarian cepat dengan memasukkan nama maskapai, nomor pesawat, atau bandara asal/tujuan.

Dalam mencari status dan jadwal penerbangan, Anda juga perlu memperhatikan terminal keberangkatan atau kedatangan pesawat Anda di Bandara Internasional Lombok, serta memperhatikan informasi penundaan penerbangan yang akan mempengaruhi rute perjalanan Anda.

Baca juga: Bandara Silangit: Fasilitas, Rute, dan Jadwal Penerbangan

Demikianlah informasi mengenai kabar terbaru Bandara Internasional Lombok yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *