Rute & Perkiraan Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kereta Cepat Jakarta - Bandung (sumber: @keisuke_9310 on Instagram)
Kereta Cepat Jakarta - Bandung (sumber: @keisuke_9310 on Instagram)
Daftar isi

Pemerintah Indonesia melakukan berbagai macam pembangunan infrastruktur demi kemajuan negara. Salah satu proyek infrastruktur yang sedang dalam masa pembangunan adalah kereta cepat Jakarta-Bandung. Transportasi berupa kereta cepat dinilai akan semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan perjalanan jarak jauh, seperti dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya.

Tiket Resmi pada artikel kali ini akan mengulas informasi seputar kereta cepat Jakarta-Bandung. Seperti yang telah diberitakan oleh banyak media, kereta cepat dengan relasi Jakarta Bandung ini direncanakan akan mulai beroperasi dalam waktu dekat. Yuk, simak informasi kereta cepat Bandung Jakarta selengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Sekilas Tentang Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kereta Cepat Jakarta Bandung (sumber: @daengmii on Instagram)
Kereta Cepat Jakarta Bandung (sumber: @daengmii on Instagram)

Kereta cepat dengan rute perjalanan Jakarta- Bandung merupakan proyek kereta api dengan kecepatan tinggi pertama di Indonesia. Proyek ini telah resmi dimulai pada tanggal 21 Januari 2016 dimana presiden Joko Widodo melakukan peresmiannya dengan cara meletakkan batu pertama dari proyek tersebut.

Proyek kereta berkecepatan tinggi Jakarta Bandung ini merupakan kerja sama antara Pilar Sinergi BUMN Indonesia, yaitu Kereta Api Indonesia, Wijaya Karya, PTPN VIII, serta Jasa Marga dengan China Railway Group Limited. Kerja sama tersebut menghasilkan perusahaan  PT Kereta Cepat Indonesia–China (KCIC) sebagai operator dan kontraktor proyek ini.

Armada yang Digunakan untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung

Armada yang digunakan untuk kereta cepat dengan rute Jakarta Bandung ini menggunakan kereta generasi terbaru, yaitu CR400AF. CR400AF merupakan armada kereta cepat keluaran perusahaan China, CRRC Qingdao Sifang, sebagai hasil dari pengembangan tipe armada CRH380A.

Artikel Terkait

Armada kereta cepat Bandung Jakarta memiliki kecepatan operasional 350 km per jam dengan kecepatan maksimumnya yaitu 420 km per jam. Dengan kecepatan tersebut, perjalanan dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya hanya ditempuh kurang lebih sekitar 36 menit saja.

CR400AF didesain agar dapat beroperasi pada empat iklim. Hal ini dimaksudkan agar armada dapat beroperasi di cuaca ekstrim dengan aman dan nyaman. Selain itu, CR400AF juga dilengkapi oleh dua rem darurat, yaitu emergency brake EB dan emergency brake UB. Fasilitas tersebut akan meningkatkan keamanan armada kereta cepat selama beroperasi.

Rute Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Stasiun yang Dilewatinya

Rute Kereta Cepat Jakarta Bandung (sumber: @train_rail_or_line on Instagram)
Rute Kereta Cepat Jakarta Bandung (sumber: @train_rail_or_line on Instagram)

Rute kereta cepat ini terbentang sepanjang 150 km dan akan melewati 4 stasiun dari Jakarta hingga Bandung. Setiap stasiun dari kereta cepat Bandung Jakarta nantinya akan terintegrasi dengan transportasi massal pada setiap wilayahnya. Adapun stasiun kereta cepat Jakarta Bandung adalah sebagai berikut.

Stasiun Halim

Stasiun halim merupakan stasiun dari kereta cepat relasi Jakarta – Bandung yang terletak di Jalan Wangku, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur dan masih 1 komplek dengan stasiun LRT Halim. Stasiun ini termasuk ke dalam Daerah Operasi (Daop) I Jakarta. Peron yang tersedia pada stasiun ini yaitu sebanyak 3 peron pulau tinggi.

Stasiun Karawang

Stasiun Karawang adalah stasiun KCIC yang berlokasi di Jalan Neglasari, Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang. Sama seperti stasiun Halim, stasiun Karawang berada dalam Daerah Operasi (Daop) I Jakarta dengan peron yang tersedia sebanyak 2 peron sisi.

Stasiun Padalarang

Tempat pemberhentian kereta cepat Bandung Jakarta selanjutnya yaitu Stasiun HSR Padalarang. Tempat pemberhentian satu ini terletak pada Jalan Kebon Kelapa, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat dan termasuk dalam Daerah Operasi (Daop) II Bandung. Nantinya, stasiun ini akan terintegrasi dengan kereta api lokal Bandung dan Cibatu.

Stasiun Tegalluar

Stasiun terakhir dari KCIC adalah stasiun Tegalluar. Stasiun Tegalluar berlokasi di Jalan Desa Tegalluar, Cileunyi, Kabupaten Bandung dan termasuk ke dalam Daerah Operasi (Daop) II Bandung.

Kapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Beroperasi?

Pemerintah menargetkan transportasi umum kereta cepat dengan rute Jakarta – Bandung ini akan mulai beroperasi pada bulan Juni 2023 dan dilakukan uji coba tes dinamis di akhir tahun 2022 apabila tidak mengalami kendala dan proyek berjalan dengan sukses.

PT Kereta Cepat Indonesia–China (KCIC) selaku pemilik proyek kereta cepat Bandung Jakarta mengatakan progres pembangunan fisik dari transportasi modern ini telah mencapai 84 persen pada bulan Mei 2022 silam.

Perkiraan Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung

Perkiraan Harga Tiket (sumber: @itsyourjapan on Instagram)
Perkiraan Harga Tiket (sumber: @itsyourjapan on Instagram)

Dwiyana Slamet Riyadi selaku direktur utama dari PT Kereta Cepat Indonesia–China (KCIC) menyebutkan bahwa harga tiket kereta berkecepatan tinggi dengan rute Jakarta – Bandung ini diperkirakan berkisar antara Rp150.000 sampai dengan Rp350.000 per orangnya. Harga tersebut akan menyesuaikan kelas yang dipilih oleh penumpang.  

Dengan tarif tersebut, KCIC diperkirakan akan mencapai BEP atau balik modal setelah 40 tahun masa operasional. Walau demikian, KCIC akan terus mencari potensi pendapatan lainnya untuk menekan BEP agar bisa di bawah dari 40 tahun.

Demikian ulasan mengenai kereta cepat Jakarta-Bandung yang dapat Tiket Resmi berikan. Dengan semakin beragam pilihan armadanya, masyarakat diharapkan dapat lebih menyenangi penggunaan transportasi umum untuk bepergian baik jarak dekat maupun jarak jauh. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *