Akan Segera Rampung, Cek Tarif Tol Becakayu 2022 di Sini!

Tampak Tol Becakayu dari Atas (sumber: Instagram)
Tampak Tol Becakayu dari Atas (sumber: Instagram)
Daftar isi

Jalur cepat atau biasa dikenal dengan jalan tol merupakan fasilitas umum berbayar yang digunakan oleh kendaraan beroda empat atau lebih yang dibangun untuk mengurai kemacetan di jalan raya. Jalan tol menjadi infrastruktur negara yang menghubungkan suatu daerah dengan daerah lain secara efektif dan efisien. Salah satu tol yang ada di Indonesia yaitu tol Becakayu.

Jalan bebas hambatan Becakayu diprediksi akan rampung secara keseluruhan dalam waktu dekat. Maka dari itu, Tiket Resmi di kesempatan kali ini akan membahas mengenai jalur cepat Becakayu mulai dari pembagian seksi, sebaran gerbang tol, hingga tarif yang berlaku pada tahun 2022. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini!

Sekilas Tentang Tol Becakayu

Jalan tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu atau biasa disingkat dengan Becakayu merupakan jalur cepat bebas hambatan yang dibangun untuk mengurangi kemacetan pada daerah sekitar Jalan Raya Kalimalang. 

Jalur ini berkonstruksi jalan layang (elevated)  karena dibangun di atas sungai Kalimalang.  Selain itu, jalur cepat Becakayu terbentang di beberapa daerah, yaitu dari Jakarta Timur, Kota Bekasi, hingga Kabupaten Bekasi.

Infrastruktur satu ini sebenarnya telah dibangun sejak tahun 1996 sampai 1998 dengan PT Kresna Kusuma Dyandra Marga sebagai pihak pengelolanya. Akan tetapi, pembangunan jalur cepat Becakayu ini harus terhenti karena krisis moneter yang terjadi di Indonesia kala itu. Kemudian, pembangunan dilanjutkan kembali pada tahun 2014 hingga saat ini.

Artikel Terkait

  • 3 Resep Nugget Tempe Lezat untuk Si Kecil yang Susah Makan
    by Dies (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on September 15, 2022 at 6:44 am

    Nugget merupakan makanan populer yang biasanya identik dengan olahan daging ayam. Tapi, nugget ternyata bisa juga dibuat dengan campuran tempe lho, Sobat Kuliner. Selain hemat di kantong, mengkreasikan tempe menjadi nugget bisa jadi pilihan tepat untuk keluarga. Apalagi hidangan ini cocok dimakan bersama cocolan saus sambal, lezatnya tiada tara dan bikin nambah nasi! Nah, kalau Artikel 3 Resep Nugget Tempe Lezat untuk Si Kecil yang Susah Makan pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • Daftar Menu Rocket Chicken Terbaru beserta Harganya 2022
    by Siti Haliza (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on September 15, 2022 at 3:38 am

    Brand lokal Rocket Chicken pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar menu fried chicken di Indonesia, khususnya bagi warga Semarang dan Jogja. Simak informasi selengkapnya mengenai Rocket Chicken, daftar menu beserta harganya, juga informasi mengenai kemitraan pada artikel Kuliner Kota berikut ini. Rocket Chicken, Nikmati Renyahnya Fried Chicken dengan Harga Murah Meriah Menu Artikel Daftar Menu Rocket Chicken Terbaru beserta Harganya 2022 pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • Menikmati kelezatan Bakpia Kurnia Sari Jogja yang Premium
    by Siti Haliza (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on September 15, 2022 at 3:14 am

    Berwisata ke Yogyakarta, jangan lupa membeli bakpia. Banyaknya merk bakpia yang hadir terkadang membuat bingung harus memilih yang mana yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Apabila Sobat Kuliner tertarik dengan bakpia premium dengan cita rasa yang lezat, Bakpia Kurnia Sari ini bisa dijadikan pilihan. Ikuti terus informasi selengkapnya mengenai Bakpia Kurnia Sari pada artikel Kuliner Kota Artikel Menikmati kelezatan Bakpia Kurnia Sari Jogja yang Premium pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

  • Bubur Angke THI: Bubur Pek Cam Kee Paling Enak se-Jakarta
    by Arnetta Firstianti (Kuliner Kota – Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia) on September 15, 2022 at 2:06 am

    Weekend kali ini cuma ada di Jakarta? Kenapa nggak mencoba kulineran aja? Buat yang suka banget sama bubur ayam, Sobat Kuliner bisa cobain bubur ayam rekomendasi Kuliner Kota kali ini, yaitu Bubur Angke THI (Taman Harapan Indah). Karena punya rasa yang sangat lezat, dijamin sekali cicip pengen balik lagi, deh!  Rekomendasi tempat makan bubur satu Artikel Bubur Angke THI: Bubur Pek Cam Kee Paling Enak se-Jakarta pertama kali tampil pada Kuliner Kota - Referensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia.

Tol Becakayu yang memiliki total panjang lintasan sebesar 23,67 km ini dibangun dengan tujuan untuk mengurai kapasitas dari tol Jakarta – Cikampek yang diprediksi akan mengalami kelebihan kapasitas di tahun 2025 mendatang. 

Kapan Jalur Cepat Becakayu akan Beroperasi?

Kapan Jalur Cepat Tol Becakayu Beroperasi? (sumber: Instagram)
Kapan Jalur Cepat Tol Becakayu Beroperasi? (sumber: Instagram)

Pengoperasian jalur cepat Becakayu sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2018 namun baru pada beberapa seksi saja, yaitu seksi I mulai dari Kasablanka – Cipinang Melayu serta Cipinang – Jakasampurna. Sedangkan, seksi II hingga saat ini masih dalam masa pembangunan.

Baca Juga:   Arti Rambu Lalu Lintas Beserta Macam dan Gambar Terbaru

Pengerjaan proyek tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu ini terus dikebut oleh kontraktornya. Menurut Sekretaris Waskita Toll Road, Alex Siwu, jalur cepat Becakayu untuk seksi IIA dengan lintasan Jakasampurna – Duren Jaya sudah mencapai 99 persen hingga bulan Juli 2022. Seksi IIA ini diprediksi dapat digunakan oleh masyarakat pada akhir Agustus 2022. 

Di sisi lain, pembangunan jalur cepat Becakayu masih akan terus dilanjutkan hingga Tambun dalam seksi IIB dengan lintasan Duren Jaya – Tambun. Seksi terakhir dari Tol Becakayu ini masih dalam tahap perencanaan dengan target penyelesaian pada bulan Oktober 2024.

Pembagian Seksi Tol Becakayu

Jalur tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu ini dibangun melalui beberapa seksi yang terkoneksi dengan Jalan tol Ir Wiyoto Wiyono melalui Gerbang Tol Pisangan pada ujung baratnya. Di sisi lain, ujung timur dari tol Becakayu terhubung dengan Jalan Tol Jakarta Cikampek.

Seperti yang telah Tiket Resmi singgung sebelumnya, jalur cepat Bekasi – Cawang – Kampung Melayu ini terbagi menjadi 4 seksi. Adapun informasi mengenai keempat bagian seksi dari jalan tol Becakayu yaitu sebagai berikut.

SeksiLintasanPanjang LintasanKeterangan
Seksi IAKasablanka – Cipinang Melayu3,19 kmTelah beroperasi (2017)
Seksi IB & ICCipinang Melayu – Pangkalan Jati – Jakasampurna8.26 kmTelah beroperasi (2017)
Seksi IIAJakasampurna – Duren Jaya10,04 kmDalam pembangunan (99 persen pada Juli 2022)
Seksi IIBDuren Jaya – Tambun6,9 kmTahap perencanaan (target rampung Oktober 2024)

Sebaran Gerbang Tol Becakayu

Lintasan jalur cepat Bekasi – Cawang – Kampung Melayu ini terhubung dengan jalan raya di sekitarnya melalui beberapa gerbang tol. Sebaran gerbang tol pada jalur cepat Becakayu yaitu sebagai berikut.

Baca Juga:   Mobil Raize: Cek Spesifikasi dan Harga Terbaru 2022

Dari Arah Timur

Lintasan KMArahGerbang TolBatas
KM 0MasukGT Kampung MelayuTol Ir Wiyoto Wiyono
KM 1MasukGT Kampung MelayuJl. KH. Abdullah SyafeiJl. Jend. Basuki Rachmat
KM 3MasukGT CipinangJalan Kalimalang
KM 7MasukGT JatiwaringinJalan Raya Jatiwaringin
KM 8MasukGT Pondok KelapaJalan Pondok Kelapa Raya
KM 8KeluarGT Pondok KelapaJalan Pondok Kelapa Raya
KM 10KeluarGT JakasampurnaJl. KH. Noer AliJl. Caman Raya

Dari Arah Barat

Lintasan KMArahGerbang TolBatas
KM 11MasukGT JakasampurnaJl. KH. Noer Ali
KM 9KeluarGT Pondok KelapaJalan Pondok Kelapa Raya
KM 9MasukGT Pondok KelapaJalan Pondok Kelapa Raya
KM 7KeluarGT JatiwaringinJalan Raya Jatiwaringin
KM 4KeluarGT CipinangJalan Kalimalang
KM 1KeluarGT Kampung MelayuJl. DI Panjaitan
KM 0KeluarGT Kampung MelayuJl. KH. Abdullah Syafei

Tarif Tol Becakayu 2022

Tarif Tol Becakayu (sumber: Instagram)
Tarif Tol Becakayu (sumber: Instagram)

Saat ini, jalur cepat Becakayu telah beroperasi sebagian pada seksi IA, IB, dan IC. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meresmikan tarif tol Becakayu yang telah beroperasi untuk golongan I adalah Rp14.000. Tarif tersebut berlaku sama untuk seluruh ruas tol ini. Adapun tarif untuk golongan kendaraan lain yaitu sebagai berikut.

Golongan KendaraanTarif
Golongan IRp14.000
Golongan IIRp21.000
Golongan IIIRp28.000
Golongan IVRp35.000
Golongan VRp42.000

Baca juga: Cek Informasi Tarif Tol Jakarta Cikampek Terbaru 2022

Itulah tadi ulasan mengenai tol Becakayu yang dapat Tiket Resmi bagikan untuk Anda. Semoga artikel ini membantu Anda untuk mengetahui informasi mengenai jalur cepat Becakayu yang akan beroperasi secara keseluruhan dalam waktu dekat. Ikuti terus situs web Tiket Resmi untuk mendapatkan informasi aktual seputar transportasi dan perjalanan, ya!

Baca Juga:   Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online Terbaru 2022

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.