Doa Naik Kendaraan – Bacaan, Arti dan Keutamaan

2 min read

kereta-api-sri-tanjung

Saat berkendara Anda tidak dapat mengetahui atau memprediksi berbagai hal yang akan terjadi nantinya. Lantas, tak ada salahnya apabila Anda senantiasa mengucapkan doa naik kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Doa sejatinya merupakan suatu kekuatan bagi seorang umat Muslim, guna menghadapi berbagai persoalan dalam hidupnya.

Bahkan Rasulullah SAW, telah mengajarkan kepada umatnya untuk membiasakan membaca doa sebelum berkendara. Tentu saja doa ini, akan memberi berbagai manfaat selama Anda melakukan perjalanan. Diyakini mampu memberikan perlindungan dan menjauhkan dari marabahaya. Lantas bagaimana bacaan doa naik kendaraan? Simak penjelasannya berikut. 

Doa Naik Kendaraan sesuai Sunnah

Berdoa merupakan sebuah kegiatan yang mana menunjukkan bahwa seorang hamba, merasa bahwa dirinya tak berdaya tanpa pertolongan Allah SWT. Manusia yang mau berdoa, menandakan keimanan yang ada pada dirinya. Sebab, orang yang berdoa meyakini dan mengimani bahwa Allah SWT merupakan Mahaperkasa dengan segala mukjizatnya.

Inilah lafadz bacaan doa naik kendaraan : 

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhaanalladzii sakhkhorolanaa hadzaa wamaakunna lahuu muqriniin wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun

Artinya :
Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali.

Adab Membaca Doa Naik Kendaraan

Saat akan membacakan doa, tentunya memiliki beberapa adab yang perlu untuk dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar bacaan doa yang dipanjatkan dapat terkabul. Apabila lafadz doa Anda bacakan dengan ucapan yang khusyuk, maka Allah SWT senantiasa akan mengabulkan doa-doa. Berikut adab ketika membacakan doa naik kendaraan :

1. Merendahkan diri dan tunduk di hadapan Allah SWT dan memohon dengan sungguh-sungguh atas kehadirat Allah SWT,

2. Usahakan dalam keadaan suci dan menghadap kiblat,

3. Berdoa dengan penuh harapan dan rasa takut kepada Allah SWT, serta tak lupa untuk mengangkat kedua tangan,

4. Saat akan berdoa maka Anda harus merasa sedang hadir dan bertemu dengan Sang Kuasa dan berkonsentrasi penuh, 

5. Sebelum menyampaikan doa atau keinginan, alangkah baiknya untuk memohon ampun atas perbuatan buruk yang pernah dilakukan. 

Keutamaan Membaca Doa Naik Kendaraan 

Seperti yang diketahui bahwa keutamaan yang ada pada doa ini sangatlah banyak dan pastinya memberikan pengaruh yang positif. Berikut keutamaan membaca doa naik kendaraan, diantaranya :

1. Perjalanan Diiringi Ridho Allah SWT

Ketika Anda sudah membacakan doa, maka perjalanan dengan menggunakan kendaraan akan selalu diiringi oleh ridho Allah SWT. Dengan ridho yang telah diberikan, maka perjalanan yang Anda lakukan akan berjalan mulus dan tanpa adanya suatu hambatan.

Hal itu disebabkan oleh doa yang dipanjatkan, yakni meminta sebuah perlindungan agar selama perjalanan aman, nyaman, dan cepat.

2. Mendapatkan Pahala

Tentunya Anda sudah mengetahui, apabila orang yang memanjatkan doa akan selalu mendapatkan sebuah pahala. Setiap saat ketika sedang berkendara, selalu mengucapkan doa maka perjalanan yang Anda lakukan selalu disertai pahala dan perlindungan dari Allah SWT. Tak hanya itu, doa juga dianggap mengandung sebuah harapan. 

3. Perjalanan Lebih Aman 

Dengan mengawali perjalanan membaca doa, maka secara otomatis hati akan merasa nyaman dan aman. Sebab seperti yang Anda tahu, bahwa sebaik-baiknya kita menjaga namun hanya kekuasaan Allah SWT yang dapat melindungi umatnya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membaca doa setiap akan melakukan perjalanan, agar tiba dengan selamat.

4. Mendapatkan Pertolongan di Jalan

Umumnya, selalu ada saja kejadian yang dapat Anda alami selama berkendara atau melakukan perjalanan. Sebagai contoh ban bocor atau kehabisan bensin, maka secara tak sengaja Anda mendapatkan pertolongan yang telah direncanakan oleh Allah SWT. Dengan kekuatan doa sebelum berkendara, maka ada saja cara atau pertolongan yang Anda dapatkan secara tiba-tiba.

5. Perjalanan Terasa Lebih Cepat

Dengan doa yang Anda panjatkan, pastinya menciptakan kesan nyaman. Hal tersebut dapat membuat perjalanan terasa jauh lebih cepat. Selain itu, dengan kekuatan doa Allah SWT akan selalu mempermudah setiap urusan. Yang mana ketika Anda melakukan perjalanan maka tidak akan terjadi gangguan-gangguan pada kendaraan. 

Itulah bacaan doa naik kendaraan baik untuk kendaraan darat, laut, dan udara. Penjelasan diatas telah memaparkan doa latin dan terjemahnya sekaligus keutamaan membaca doa sebelum berkendara.

Saat Anda berkendara alangkah baiknya untuk senantiasa membaca doa terlebih dahulu, agar mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT. Tak hanya itu, selama perjalanan yang Anda lakukan, akan selalu disertai oleh ridho dan pahala. 

Last Updated on Maret 1, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top