Ini 10 Bocoran Strategi Cara Dapat Tiket Pesawat Murah

Cara Dapat Tiket Pesawat Murah (sumber: Pixabay)
Tiket pesawat yang mahal memang bisa jadi hambatan ketika ingin pergi. Berikut ini adalah tips bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah.
Daftar isi

Ketika hendak bepergian beberapa orang mungkin ragu untuk menggunakan pesawat karena khawatir harganya mahal sehingga mulai mencari tahu cara dapat tiket pesawat murah. Ternyata, Anda bisa mencoba cara dapat tiket pesawat murah. Dengan begitu, akan menghemat biaya perjalanan sehingga budget yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya, seperti penginapan dan wisata kuliner.

Terdapat beberapa trik dan tips yang bisa Anda cermati untuk mencari cara dapat tiket pesawat murah. Berikut Tiket Resmi rangkum dari beberapa sumber mengenai bagaimana cara dapat tiket pesawat murah ke Korea dan negara hingga kota lain. Simak dengan baik, ya.

1. Beli Tiket Jauh-jauh Hari Sebelumnya

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah, Anda juga dapat membelinya dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Hal ini pun telah menjadi rahasia umum sehingga sudah menjadi strategi andalan cara dapat tiket pesawat murah yang sering dilakukan banyak orang. Oleh karena itu, cobalah pesan tiket penerbangan minimal 2-3 bulan sebelum keberangkatan agar harganya lebih terjangkau.

Adapun hari pembelian tiket pesawat yang ideal adalah hari Minggu dengan waktu keberangkatan hari Kamis atau Jumat. Maka dari itu, perhatikan dan tentukan waktu membeli tiket pesawat Anda dan jangan sampai kelewatan atau terlalu mendadak dalam membeli tiket pesawat.

2. Berburu Tiket saat Tengah Malam

Cara dapat tiket pesawat murah selanjutnya adalah dengan berburu tiket penerbangan ketika malam hari. Khususnya, tengah malam mulai pukul 23.00 ke atas. Hal ini dikarenakan mayoritas orang hanya memesan tiket dan belum menyelesaikan pembayaran. Setelah pesanan yang tidak aktif tersebut dibatalkan, Anda pun bisa langsung melakukan pembelian tiket pesawat.

Artikel Terkait

3. Lakukan Perjalanan saat Low Season

Low season adalah musim ketika orang-orang paling sedikit mengunjungi suatu tempat sehingga harga tiketnya pun bisa menjadi harga yang paling rendah. Di Indonesia sendiri, low season biasanya berlangsung pada bulan September hingga awal Desember atau pertengahan bulan Januari hingga April. 

Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur bersama keluarga dengan harga tiket yang lebih terjangkau. Karena ketika high season seperti saat periode liburan panjang atau akhir tahun, harga tiket pesawat biasanya akan lebih mahal.

4. Gunakan Promo dan Diskon Tertentu

Dalam menjalankan bisnisnya, maskapai suatu penerbangan pasti akan menawarkan berbagai promo atau diskon tertentu untuk menarik pelanggan. Oleh sebab itu, Anda jangan ragu untuk mencari cara mendapatkan tiket promo dan diskon yang telah disediakan. Misalnya, promo bank yang menawarkan potongan harga jika pembayarannya menggunakan kartu kredit. 

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan promo harbolnas setiap bulannya. Harbolnas atau hari belanja online nasional biasanya jatuh pada tanggal 12 Desember atau juga pada tanggal kembar seperti 8.8 atau 9.9. Oleh karena itu, rajin-rajinlah memperhatikan waktu dan peluang yang tepat pada website dan situs travel untuk mendapatkan potongan harga. 

5. Bandingkan Harga dari Berbagai Aplikasi

Cara dapat tiket pesawat murah lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan membandingkan harga dari berbagai aplikasi. Kini, ada banyak aplikasi perjalanan yang bisa Anda akses untuk mengetahui tarif setiap tiket pesawat dengan berbagai destinasi. Biasanya, aplikasi khusus perjalanan banyak yang menawarkan berbagai diskon hingga voucher hotel hingga restoran yang menarik.

6. Cari Tiket Melalui Situs Aggregator

Cara dapat tiket pesawat murah selanjutnya adalah dengan membelinya melalui situs aggregator. Situs aggregator adalah website yang terdiri dari berbagai situs. Salah satu situs aggregator yang bisa Anda akses untuk mendapatkan tiket pesawat murah, yaitu Skyscanner dan Google Flights

Melalui situs aggregator ini, Anda juga dapat melihat kalender penerbangan yang berisi harga tiket pesawat berdasarkan tanggalnya. Jadi, jika Anda bisa membandingkan berbagai jenis tiket pesawat tersebut, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang paling terjangkau.

7. Pilih Maskapai yang Tepat

Sudah menemukan maskapai yang tepat dan ingin tahu cara mendapatkan tiket Garuda murah? Pemilihan maskapai ini menjadi hal yang sangat penting agar Anda bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah. Apabila Anda memilih maskapai yang memang menyediakan fasilitas yang sangat lengkap dan terkenal mahal, maka harga yang ditawarkan pun juga bisa lebih mahal.

Namun, apabila Anda memanfaatkan berbagai maskapai yang memang terkenal menyediakan harga tiket pesawat yang bersahabat, maka harga tiket dari maskapai tersebut akan lebih terjangkau. Oleh karena itu, pelajari setiap maskapai yang tersedia dan pahami apakah fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

8. Coba Penerbangan Transit

Jika Anda ingin berlibur menggunakan pesawat terbang dengan harga yang lebih terjangkau, cobalah melakukan penerbangan transit. Penerbangan transit atau yang biasa disebut dengan connecting flight ini merupakan cara dapat tiket pesawat murah yang dapat Anda coba. Bukan tanpa alasan, connecting flight ini lebih murah harganya karena banyak maskapai yang mencari penumpang untuk mengisi pesawat.

Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba penerbangan transit untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau. Selain itu Anda pun berkesempatan untuk menikmati waktu transit yang singkat dengan mengunjungi daerah tertentu.

9. Beli Tiket Terpisah Jika Pergi Berombongan

Hal lain yang memengaruhi harga tiket pesawat adalah lokasi bangku yang Anda duduki nantinya. Misalnya, bangku yang lebih dekat dengan ruang mesin cenderung dihargai lebih rendah dibanding bangku lain karena penumpang yang duduk disana diperkirakan akan merasa kurang nyaman dengan suara bising mesin. Lalu, apa hubungannya hal ini dengan pembelian tiket terpisah untuk rombongan?

Misalnya, harga tiket penerbangan dari kota X ke kota Y adalh Rp1.200.000 per orang untuk bangku dekat ruang mesin, dan Rp1.400.000 per orang untuk bangku lain. Misalnya, Anda akan berangkat dengan lima orang. Harga tiket yang Rp1.200.000 hanya tersisa dua bangku. Maka, hasil pencarian Anda untuk tiket pesawat lima orang sekaligus tidak akan menampilkan harga Rp1.200.000 karena jumlahnya tidak cukup.

Inilah mengapa Anda disarankan untuk memesan tiket secara individu dibanding rombongan. Jika memesan tiket secara individu, Anda masih berkesempatan mendapatkan dua tiket seharga Rp1.200.000 per orang, dan tiga sisanya dikenakan masing-masing Rp1.400.000. Lebih murah bukan?

10. Ikuti Perkembangan Berita agar Tak Ketinggalan Info

Agar Anda tak ketinggalan notifikasi promo atau penawaran menarik lainnya, cobalah selalu rajin mengikuti perkembangan berita dari berbagai maskapai. Cara dapat tiket pesawat murah lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan berlangganan newsletter yang merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif bagi penjual dengan pembeli. Dengan begitu, Anda akan selalu mendapatkan informasi diskon terbaru melalui email.

Baca juga: Info Harga & Cara Beli Tiket Pesawat Jakarta Palembang 2022

Itu dia cara dapat tiket pesawat murah yang bisa Anda coba. Semoga berhasil dan selamat menjalani liburan yang hemat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *