1. Blog

Inilah Cara Membuat NPWP Online 2022 (Pribadi & Perusahaan)

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah identitas wajib pajak yang diatur dan dikeluarkan oleh Dirjen Pajak dan terdiri dari 15 digit angka unik sehingga data anda tidak akan tertukar dengan orang lain. Kali ini Tiket Resmi akan menjelaskan bagaimana cara membuat NPWP online terbaru 2021.

Jenis NPWP

Sebelum mengenali cara membuat NPWP online, ada baiknya untuk mengetahui jenis – jenis dari Nomor Pokok Wajib Pajak berikut:

  1. NPWP Pribadi, dimiliki oleh seseorang yang sudah memiliki penghasilan.
  2. NPWP Badan Usaha, ditujukan untuk badan atau perusahaan yang memiliki penghasilan.

Cara Membuat NPWP Online dan Offline

Langkah daftar online dan offline NPWP adalah sebagai berikut:

Cara Membuat NPWP Online

  1. Buka situs ereg.pajak.go.id/daftar untuk mengakses halaman pendaftaran NPWP online.
  2. Silakan membuat akun dengan cara mendaftar lalu isi data yang diperlukan.
  3. Lakukan aktivasi akun dengan membuka email dari Dirjen Pajak lalu mengikuti cara yang tertera di email tersebut.
  4. Isi form pendaftaran dengan cara membuka link/tautan di email kedua yang dikirim Dirjen pajak, pastikan anda mengisi form dengan benar dan lengkap.
  5. Kirim form pendaftaran setelah semua data yang anda isi pada form pendaftaran terisi lengkap.
  6. Silakan cetak dokumen yang muncul pada layar komputer berupa Form Registrasi Wajib Pajak berikut Surat Keterangan Terdaftar Sementara.
  7. Silakan tandatangani dokumen yang telah tercetak dan satukan dengan dokumen yang diperlukan.
  8. Setelah semua dokumen yang diperlukan lengkap, kirimkan dokumen tersebut ke KPP dimana anda terdaftar sebagai wajib pajak (maks 14 hari).
  9. Selain dengan mengirimkan langsung ke KPP, anda juga dapat mengupload hasil scan dari dokumen yang diperlukan ke aplikasi e-registration.
  10. Jika data anda sudah lengkap dan disetujui, NPWP akan dikirim ke alamat rumah anda.

Cara Daftar NPWP Offline

Anda dapat langsung mendatangi KPP dengan membawa persyaratan dokumen yang diperlukan. Kemudian anda akan diarahkan oleh petugas untuk mengisi form pendaftaran lalu menyerahkannya pada petugas untuk kemudian diproses. Kartu NPWP memerlukan waktu pembuatan 1 hari dan tanpa dipungut biaya. Setelah selesai, kartu akan dikirim ke alamat rumah anda.

Artikel Terkait

Syarat Membuat NPWP

Setelah mengetahui cara membuat NPWP, kini Anda perlu menyiapkan beberapa syarat membuat NPWP yang perlu dipenuhi. Syarat tersebut dibedakan antara NPWP untuk Pribadi dan untuk badan usaha.

Untuk Pribadi

  1. Fotokopi KTP untuk WNI.
  2. Fotokopi paspor, KITAS, atau KITAP untuk WNA.
  3. Surat keterangan bekerja.
  4. Mengisi formulir pendaftaran.

Untuk Badan Usaha

  1. Fotokopi dokumen pendirian usaha.
  2. Fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak salah seorang pengurus.
  3. Fotokopi dokumen/surat izin usaha.

Mengapa Anda Harus Memiliki NPWP?

  1. Data pajak anda tidak akan tertukar dengan orang lain.
  2. Jika pajak yang anda bayarkan terlalu besar, anda bisa meminta pengembalian pajak yang syarat utamanya harus menunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak.
  3. Pajak yang anda bayarkan 20% lebih kecil dari wajib pajak yang tidak memiliki NPWP.
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan salah satu persyaratan untuk pembuatan kredit di bank dan penerbitan surat izin usaha.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat NPWP online baik untuk personal maupun untuk badan usaha. Kini Anda telah siap untuk mengurus NPWP. Dapatkan informasi dan berita menarik lainnya hanya di Tiket Resmi.

Baca Juga : Cara Bayar Pajak Motor Online Lengkap

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inilah Cara Membuat NPWP Online 2022 (Pribadi & Perusahaan)

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian jauh menggunakan transportasi umum adalah bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih naik kendaraan umum karena harganya terjangkau dan salah satu upaya mengurangi polusi udara. Salah satu bus yang memberikan kenyamanan yang luar biasa adalah bus Harapan Indah.  Profil PO Bus Harapan Indah Perusahaan otobus yang terkemuka di […]

    Trending

    Perusahaan Otobus (PO) tersebar di seluruh Indonesia. Seperti halnya, di ujung timur Indonesia terdapat armada bus lintas aceh yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh untuk bepergian. Ternyata, masyarakat di sana telah menggunakan armada ini sudah cukup lama. Hal ini membuat banyak PO semakin ingin berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para penumpang setia. Yuk, simak […]
    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]