Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi Premium yang Nyaman

Kereta Ekonomi Premium (sumber - Okezone)
Kereta Ekonomi Premium (sumber - Okezone)
Untuk mengantisipasi pengalaman tidak nyaman menggunakan kereta, Anda bisa mencoba tips memilih kursi kereta ekonomi premium berikut ini.
Daftar isi

Kereta ekonomi premium tidak jauh berbeda dengan kereta api kelas ekonomi, hanya saja memiliki kapasitas kursi yang lebih banyak dan kursinya bisa direbahkan. Pada gerbong kereta terbaru, kereta ekonomi premium ini memiliki kursi yang nyaman layaknya kelas eksekutif dengan bangku individu. Namun, jarak kursi satu dengan kursi lain lebih sempit dibandingkan dengan kelas eksekutif.

Selain itu, di kereta ekonomi premium juga terdapat beberapa tempat duduk yang terletak dengan menghadap ke arah berkebalikan. Duduk dengan posisi jalan mundur seperti ini tentu bisa membuat penumpang tidak nyaman selama perjalanan, bahkan dapat menimbulkan rasa pusing hingga mual yang tak tertahankan. Nah, untuk mengantisipasinya Anda perlu cermat dalam memilih tempat duduk kereta.

Kali ini Tiket Resmi akan menyajikan beberapa tips cara memilih kursi kereta ekonomi premium agar tidak mundur dengan arah berjalannya kereta. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai kereta ekonomi premium dan tips cara memilih kursi di kereta ekonomi premium.

Sekilas Mengenai Kereta Ekonomi Premium

Sejak tahun 2016, PT KAI bersama PT INKA luncurkan kereta-kereta dengan interior baru. Tentunya kereta baru tersebut jauh lebih nyaman dan dingin, mulai dari kereta kelas ekonomi hingga kelas eksekutif. Untuk Anda yang gemar naik kereta kelas ekonomi, sekarang sudah bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman. Pasalnya PT KAI mengganti kereta ekonomi lama dengan yang baru. 

Kereta-kereta tersebut adalah Jayakarta Premium (Pasar Senen-Surabaya Gubeng PP), Kertajaya Premium (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi PP), Wijayakusuma Premium (Cilacap-Banyuwangi PP), dan Tawang Jaya Premium (Semarang Poncol-Pasar Senen PP). Kuota tempat duduk pada setiap kereta tersebut adalah 40 kursi, dimana 20 kursi awal posisinya mengikuti arah maju kereta api, sedangkan 20 sisanya mundur.

Artikel Terkait

Adanya kursi dengan dua posisi berlawanan tersebut memiliki tujuan agar penumpang dapat turun dari kereta lebih cepat dan mudah serta menghindari antrian. Selain itu, jarak antar kursi pun bisa dibilang agak sempit sehingga kita tidak leluasa bergerak, tidak seperti kereta kelas eksekutif. Namun, tentu saja dengan harga yang relatif murah, kereta ekonomi premium dengan kursinya yang cukup nyaman sudah terbilang cukup.

Selain itu, keunggulan kereta ekonomi premium juga terdapat pada kursinya yang terdapat fitur reclining, artinya posisi sandaran kursi bisa diatur sesuai selera. Jika Anda hendak tidur, cukup mundurkan saja sandaran kursinya. Hal ini tentu akan semakin membuat Anda nyaman ketika tidur. Terlebih dengan fasilitas air conditioner atau AC yang dipasang sentral sehingga semua tempat akan terpapar dinginnya.

Dikutip dari website resmi PT INKA, kereta ekonomi premium ini memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam dengan panjang kereta 20.920 mm dan mampu menahan beban seberat 14 ton. Sistem pengereman yang digunakan kereta ekonomi premium ini adalah tipe air brake dengan coupler device tipe automatic coupler, AAR 10A. Berikut ini adalah gambar denah kursi kereta ekonomi premium yang perlu Anda ketahui.

Tips Cara Memilih Kursi Kereta Ekonomi Premium Agar Tidak Mundur

Interior Kereta Ekonomi Premium (sumber - Kompas)
Interior Kereta Ekonomi Premium (sumber – Kompas)

Dikutip dari Desain Sarana Duduk Penumpang Kereta Api Ekonomi Premium, Katarii Evalita Litioputri, (2018:1), sarana duduk penumpang kereta api ekonomi yang tersedia di Indonesia memiliki banyak keterbatasan dari segi kenyamanan yang dapat memberi dampak negatif terhadap penumpang. 

Setelah menggunakan sarana duduk tersebut, salah satu permasalahan yang terdapat pada sarana duduk penumpang kereta api kelas ekonomi adalah belum memenuhi standar sarana duduk yang aman dan nyaman. Padahal sarana duduk penumpang merupakan salah satu fasilitas utama penunjang yang terdapat di dalam kereta api yang memiliki fungsi yaitu untuk menopang tubuh penumpang ketika dalam perjalanan.

Dengan adanya sarana duduk penumpang kereta api ekonomi yang belum memenuhi standar tersebut dapat memberi dampak negatif terhadap penumpang, yakni ketidak seimbangan kondisi tubuh sesudah menggunakan kursi penumpang selama perjalanan. Oleh karena itu, Anda perlu cermat untuk memilih tempat duduk di kereta khususnya kereta ekonomi premium guna mengantisipasi ketidaknyamanan selama perjalanan.

Berikut beberapa tips cara memilih kursi kereta ekonomi premium agar tidak mundur dengan arah berjalannya kereta hingga alasan lain yang membuat Anda dapat kurang merasa nyaman selama berkendara menggunakan kereta. Simak dengan baik, ya.

1. Jika Anda Naik Kereta Ekonomi Premium dari Arah Barat, Pilih Kursi Nomor 12 Sampai Terakhir

Jika perjalanan kereta Anda dimulai dari arah barat ke timur, maka pilihlah kursi dari nomor 12 hingga nomor paling besar agar tidak membelakangi kepala kereta, begitu pula sebaliknya. Pasalnya, tempat duduk dengan nomor kecil merupakan kursi yang arahnya maju dari titik keberangkatan. Misalnya, Anda naik kereta Jayakarta dari Jakarta menuju Surabaya, maka Anda perlu memilih kursi kereta dengan nomor kursi yang besar.

2. Sebaliknya, Jika Anda Naik Kereta Ekonomi Premium dari Arah Timur, Pilih Kursi Nomor 1 Sampai 11

Nah, jika Anda berasal dari arah timur menuju arah barat, rumus memilih kursi kereta sebelumnya pun tetap berlaku sebaliknya, yaitu Anda perlu memilih kursi dengan nomor terkecil. Biasanya, kursi dengan nomor kecil adalah yang arahnya maju dari titik keberangkatan. Misalnya, Anda naik kereta Kertajaya Premium dari Semarang menuju Bandung, maka Anda perlu memilih nomor kursi yang kecil, yaitu nomor 1 hingga 11.

3. Jarak Kursi dengan Bordes

Bordes adalah ruangan yang berada di ujung gerbong yang digunakan untuk naik turun penumpang. Bisa dibilang, ruangan ini yang menjadi akses untuk keluar masuknya antar gerbong kereta. Bordes menjadi salah satu ruangan yang sebaiknya dihindari karena merupakan salah satu jalur keluar masuk gerbong yang dapat menimbulkan suara yang mungkin akan mengganggu kenyamanan Anda.

4. Pilih Gerbong Tengah untuk Mengurangi Getaran

Getaran pada gerbong akan semakin berkurang pada posisi yang semakin ke tengah gerbong. Getaran yang paling terasa adalah pada kursi yang berada di ujung gerbong atau kursi yang berada di dekat bordes, sehingga posisi tersebut perlu Anda hindari. Jadi, pilihlah gerbong dan kursi yang berada di tengah.

5. Posisi Gerbong dengan Gerbong Makan atau Lokomotif

Selain menghindari getaran, Anda sebaiknya memilih gerbong bagian tengah karena jika mengambil gerbong ujung berarti gerbong tersebut dengan lokomotif sehingga akan menimbulkan suara yang dapat mengganggu kenyamanan. Selain itu, posisi gerbong di tengah juga akan memudahkan Anda untuk dapat mampir ke gerbong makan atau restorasi.

Baca juga: Kereta Mataram Ekonomi: Rute, Jadwal, & Harga Tiketnya

Demikianlah beberapa informasi mengenai kereta ekonomi premium dan cara memilih kursi kereta ekonomi premium agar tidak mundur dari arah jalannya kereta. Apabila Anda kurang beruntung alias zonk karena tidak mendapatkan kursi yang nyaman dengan posisi searah laju kereta, maka cobalah mencari kesibukan selama perjalanan seperti mendengarkan musik hingga mencoba tidur. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *