1. Blog

Hyundai Ioniq 5: Fitur, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2024

Mobil Hyundai Ioniq 5 sudah dijual secara resmi di Indonesia. Ingin tahu perihal spesifikasi, fitur, serta harganya? Simak lebih lengkapnya pada artikel Tiket Resmi berikut ini.

Hyundai Ioniq 5, Era Baru Mobil Listrik di Indonesia

PT Hyundai Motors Indonesia berdedikasi untuk memenuhi permintaan warga Indonesia akan kebutuhan mobil listrik yang ramah lingkungan demi menyongsong masa depan. Dedikasi tersebut dibuktikan dengan hadirnya Hyundai Ioniq 5 yang telah resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan April 2022. Mobil listrik dengan desain futuristik dan unik ini merupakan mobil yang dalam proses pembuatannya dibuat sepenuhnya di Indonesia secara massal.

Performa dan Sistem Charging Hyundai Ioniq 5

Walaupun menggunakan tenaga listrik yang disimpan pada baterai, unit mobil Hyundai Ioniq 5 secara performa tidak boleh diremehkan. Untuk varian Standard Range dengan kapasitas baterai 58 kW, daya maksimum yang dapat dihasilkan adalah 170 PS dengan torsi maksimum 350 Nm. Lalu untuk varian Long Range berkapasitas baterai 72,6 kW, daya maksimum yang dapat dihasilkan adalah 217 PS dengan torsi maksimum 350 Nm.

Dikarenakan mobil ini menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya, hal ini dapat menjadi kekhawatiran mengingat belum banyaknya hadir stasiun pengisian listrik di kawasan Indonesia. Maka dari itu masalah sistem charging ini perlu diperhatikan untuk calon pembeli mobil listrik, terutama Hyundai Ioniq 5 ini. 

Artikel Terkait

Untuk menjawab kekhawatiran tersebut, Hyundai menyediakan portable charger yang bisa terhubung dengan stop kontak atau colokan dinding rumahan. Selain itu juga, Hyundai Ioniq 5 dapat mendukung pengisian daya sampai 80% baterai terisi hanya dalam waktu kurang lebih 18 menit menggunakan pengisian arus DC bersupply daya 350 kW. Berikut merupakan skema pengisian daya untuk masing-masing varian mobil ini.

Varian MobilStandard Range (Prime & Signature)Long Range (Prime)Long Range (Signature)
Jarak Tempuh384 km (WLTP Cycle)481 km (WLTP Cycle)451 km (WLTP Cycle)
Waktu Charge Arus DC 50 kW46 min (perkiraan)57 min (perkiraan)57 min (perkiraan)
Waktu Charge Arus AC5 jam (perkiraan)6 jam (perkiraan)6 jam (perkiraan)

Desain Eksterior Hyundai Ioniq 5 yang Futuristik

Eksterior Futuristik dari Ioniq 5 (Sumber: Hyundai)
Eksterior Futuristik dari Ioniq 5 (Sumber: Hyundai)

Hyundai Ioniq 5 hadir dengan desain eksterior mobil yang unik dan futuristik. Jenis mobil ini juga adalah yang pertama kali dibangun pada electric-global modular platform (E-GMP) yang dapat memudahkan proses produksi serta pengembangan. Dengan dibangun di atas E-GMP, mobil listrik Hyundai akan jadi lebih stabil, aman, dan dapat diandalkan dengan harga yang cenderung lebih rendah,

Desain mobil yang futuristik ini ditandai dengan terlihatnya sisi depan mobil yang dilengkapi oleh parametric pixel LED headlamps serta front center garnish hidden LED yang nampak unik. Selain itu juga, kap mesin dengan tipe clamshell dapat membuat mobil ini bisa mengoptimalkan faktor aerodinamika dalam berkendara. 

Pada bagian belakang dapat terlihat bodi mobil yang terkesan modern yang dilengkapi  parametric pixel LED rear lamps dan bentuk dari spoiler yang aerodinamis. Gagang pintu pada mobil ini terlihat rata dengan bodi mobil karena menggunakan gagang bertipe flush door handles. Pada varian tipe signature, flush door handles ini akan berfungsi otomatis membuka pintu mobil.

Apabila dilihat dari samping, mobil ini menerapkan parametric dynamics berupa garis memanjang yang membuat sisi pintu baris depan dan sisi pintu baris belakang dari pintu mobil nampak bersatu. Fitur tersebut menambah kesan unik dan modern dari mobil ini.

Interior Ramah Lingkungan dari Hyundai Ioniq 5

Interior mobil yang terbuat dari bahan ramah lingkungan (Sumber: Hyundai)
Interior mobil yang terbuat dari bahan ramah lingkungan (Sumber: Hyundai)

Mobil berikut ini juga menerapkan konsep futuristik namun tetap ramah lingkungan. Hal ini diimplementasikan pada Hyundai Ioniq 5 Interior yang menggunakan bahan-bahan alami. Seperti misalnya penutup klakson, switch, setir mobil, door trim, dan lain-lain menggunakan bahan campuran dari jagung dan biji bunga. Kemudian material dari jok terbuat dari kulit yang menggunakan minyak alami biji rami dalam proses pembuatannya.

Lalu juga terdapat penggunaan serat dan benang ramah lingkungan dari tanaman tebu yang digunakan pada material magnetik, karpet mobil, dan headlining. Lalu juga digunakan benang plastik hasil daur ulang botol plastik yang juga dijadikan material jok serta trim pintu. Interior mobil ini juga dilengkapi dengan vision roof dan juga universal island untuk mengatur konsol tengah sesuai dengan kebutuhan.

Kelengkapan Fitur dari Hyundai Ioniq 5

1. Hyundai SmartSense untuk Fitur Keamanan Mobil

Fitur FCA yang merupakan bagian dari SmartSense untuk keamanan ekstra (Sumber: Hyundai)
Fitur FCA yang merupakan bagian dari SmartSense untuk keamanan ekstra (Sumber: Hyundai)

Hyundai Ioniq 5 telah dilengkapi dengan Hyundai SmartSense sebagai fitur yang dapat dipercaya untuk memberikan keamanan ekstra saat berkendara. SmartSense sendiri merupakan kumpulan dari beberapa fitur yang fungsinya memberikan pertolongan demi keamanan menyetir mobil. Kumpulan fitur Hyundai SmartSense ini hanya ada pada varian Signature.

Smart Cruise Control (SCC)

Fitur ini secara singkatnya berfungsi untuk mengatur kecepatan mobil secara otomatis untuk menyesuaikan jarak kendaraan lain di depannya. Apabila terdapat kendaraan yang berhenti di depan mobil, fitur SCC akan mengurangi kecepatan perlahan secara otomatis. Saat kendaraan di depannya kembali melaju, mobil akan otomatis ikut jalan kembali mengikuti kendaraan di depannya.

Forward Collision Avoidance Assist (FCA)

Secara singkat, fitur FCA ini dapat dijelaskan sebagai fitur yang berfungsi untuk berjaga-jaga apabila ada kemungkinan terjadinya bentura dari arah depan. Fitur ini akan membantu untuk melambat atau berhenti apabila terdeteksi adanya benturan yang disebabkan mobil atau pejalan kaki di depannya.

Lane Following Assist (LFA)

Fitur LFA berikut akan memudahkan pengendara untuk tetap berada di tengah jalur dengan bantuan kamera depan untuk melacak garis penanda jalur.

Safe Exit Assist (SEA)

Fitur SEA ini akan aktif untuk mengunci pintu belakang mobil apabila mendeteksi adanya objek dari belakang yang mendekat saat pintu akan hendak dibuka.

Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)

Fitur ini menggunakan radar pada bumper belakang yang akan memperingatkan pengendara apabila terdapat kendaraan lain yang mendekat pada area blind spot atau titik buta dari jarak pandang pengemudi/

Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)

Fitur SCCA ini akan membantu untuk memberi peringatan dan melakukan pengereman darurat apabila dideteksi adanya kendaraan mendekat di jalur belakang apabila mobil melaju mundur.

Surround View Monitor (SVM)

Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk dapat melihat keadaan sekitar mobil secara 360 derajat dari badan mobil.

2. Berbagai Fitur untuk Menunjang Kenyamanan

Fitur Berteknologi Mutakhir pada Hyundai Ioniq 5 (Sumber: Hyundai)
Fitur Berteknologi Mutakhir pada Hyundai Ioniq 5 (Sumber: Hyundai)

Hyundai Ioniq 5 ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur digital yang dapat menunjang kenyamanan saat bepergian. Mobil ini dilengkapi dengan premium relaxation seats agar duduk lebih nyaman dan relaks, TFT LCD Cluster selebar 12,3 inch yang sudah terintegrasi dengan sistem A/V, charger handphone nirkabel, dan juga dual zone auto climate control.

3. Indoor and Outdoor Vehicle to Load (V2L)

Dikarenakan mobil ini ditenagai oleh listrik, unit mobil berikut juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menjadi sumber daya listrik sebesar 3,6 kW. Fitur ini dinamakan Vehicle to Load (V2L). Fitur berikut tersedia pada bagian dalam dan luar mobil yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan penumpang. Perlu diingat bahwasanya fitur ini hanya tersedia pada tipe Signature.

Harga Hyundai Ioniq 5

Terhitung dari bulan Agustus 2022, harga Hyundai Ioniq 5 telah naik dari harga awal rilisnya pada bulan Maret 2022. Harga Hyundai Ioniq 5 mengalami penambahan biaya sebesar Rp30 juta untuk seluruh varian yang tersedia. Menurut COO PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), naiknya harga tersebut sudah merupakan bagian dari rencana yang sudah disusun sebelumnya. Berikut adalah harga Hyundai Ioniq 5 yang terbaru:

Harga Hyundai Ioniq 5 per bulan Agustus 2022

TipeHarga
Prime – Standard RangeRp748.000.000
Prime – Long RangeRp789.000.000
Signature – Standard RangeRp809.000.000
Signature – Long RangeRp859.000.000

Untuk varian prime dan signature dibedakan dari beberapa fitur yang hanya ada di varian signature. Sedangkan untuk standard dan long range dibedakan dari kapasitas baterainya yang memungkinkan untuk menempuh jarak yang juga berbeda. Harga Hyundai Ioniq 5 berikut dilansir dari website resmi dari Hyundai.

Baca juga: Hyundai Staria: Harga, Spesifikasi, Interior, & Eksterior

Berikut tadi merupakan artikel mengenai mobil listrik Hyundai Ioniq 5. Bagaimana? Tertarik untuk membawa satu unit Ioniq 5 ke rumah pribadi?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Hyundai Ioniq 5: Fitur, Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2024

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bepergian antar pulau sekarang tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui daftar bus lintas Sumatera Jawa, kalian bisa bebas pulang-pergi Sumatera Jawa untuk berbagai keperluan. Dewasa ini, semakin bertambahnya zaman teknologi semakin maju inovasi khususnya dalam sektor transportasi.   Meskipun tidak secepat pesawat terbang, namun melakukan perjalanan darat menggunakan bus bukanlah hal buruk. Justru kalian akan menikmati setiap […]
    Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang lebih memilih bepergian lintas provinsi menggunakan kereta api atau jalur udara yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kalian, jika transportasi umum darat yakni bus telah mengeluarkan inovasi yang berorientasi pada kenyamanan penumpang. Beberapa tahun terakhir ini muncullah sleeper bus Jakarta-Yogyakarta yang siap menemani perjalanan wisata kalian.  Wah, ternyata kemajuan teknologi berdampak […]

    Trending