Pesawat Super Air Jet: Rute Terbaru, Terminal, dan Check In Online

Pesawat Super Air Jet
Pesawat Super Air Jet (Sumber: Dok. Super Air Jet)
Daftar isi

Maskapai penerbangan merupakan perusahaan yang menyediakan layanan transportasi jalur udara khusus untuk penumpang dan barang secara komersial. Di Indonesia sendiri, perusahaan penyedia layanan transportasi jalur udara ini ada banyak dan bermacam-macam. Salah satunya yaitu pesawat Super Air Jet.

Super Air Jet merupakan pendatang baru pada industri penerbangan komersial di Indonesia. Maka dari itu, Tiket Resmi pada kesempatan kali ini akan mengulas informasi seputar pesawat Super Air Jet secara lengkap dan jelas. Adapun informasi yang akan dimuat diantaranya yaitu profil, rute penerbangan, terminal, hingga cara check in online Super Air Jet. Simak informasi Super Air Jet selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Profil Pesawat Super Air Jet

Rute pesawat air jet
(Sumber: Dok. Super Air Jet)

Super Air Jet merupakan pendatang baru pada maskapai penerbangan swasta di Indonesia. Maskapai Super Air Jet ini merupakan anak perusahaan dari Lion Air Group. Pesawat Super Air Jet dibangun pada tanggal 1 Maret 2021 dan berbasis di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta.

Sertifikat operator penerbangan dari Super Air Jet didapatkan pada tanggal 30 Juni 2021 dari Kementerian perhubungan sehingga maskapai ini dapat mulai beroperasi pada tanggal 6 Agustus 2021. Peluncuran pertama dari pesawat Super Air Jet yaitu menggunakan Airbus A320-200 dengan penerbangan dari Jakarta ke Medan dan Batam.

Maskapai Penerbangan Super Air Jet dikenal sebagai maskapai yang menawarkan harga tiket dengan tarif rendah. Maka dari itu, Super Air Jet memiliki target pasar untuk masyarakat milenial.

Artikel Terkait

Rute Penerbangan untuk Pesawat Super Air Jet

Maskapai Super Air Jet hingga saat ini hanya melayani beberapa rute penerbangan domestik. Adapun rute Super Air Jet yang tersedia adalah sebagai berikut.

Rute PenerbanganNomor PenerbanganJam Keberangkatan
Jakarta – LampungIU-80009.00 WIB
Lampung – JakartaIU-80110.30 WIB
Jakarta – JambiIU-84210.10 WIB
Jambi – JakartaIU-84312.10 WIB
Jakarta – BalikpapanIU-60014.30 WIB
Balikpapan – JakartaIU-60107.00 WITA
Pekanbaru – BatamIU-83614.50 WIB
Batam – PekanbaruIU-83716.25 WIB

Dengan rute penerbangan tersebut, bandara pelayanan dari Super Air Jet tersebar pada beberapa kota besar di Indonesia. Berikut bandara pelayanan dari pesawat Super Air Jet.

1. Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim

2. Bandar Udara Internasional Hang Nadim

3. Bandar Udara Sultan Thaha

4. Bandar Udara Radin Inten II Lampung

5. Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta

6. Bandar Udara S Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan

Terminal Super Air Jet

Terminal bandar udara merupakan bangunan pada bandar udara yang menjadi tempat penumpang untuk berpindah dari fasilitas transportasi darat untuk menaiki dan meninggalkan pesawat. Selain itu, calon penumpang juga akan diperiksa oleh pihak keamanan dan menitipkan bagasinya pada terminal ini.

Maskapai Penerbangan Super Air Jet diketahui beroperasi pada Terminal 1A Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. Terminal Super Air Jet ini baru dipindah ke Terminal 1A Bandar Udara Soekarno Hatta pada tanggal 6 April 2022. Terminal Super Air Jet tersebut berlaku untuk rute keberangkatan serta kedatangan.

Bagaimana Cara Check In Online Super Air Jet?

Ada beberapa proses yang harus dilalui oleh penumpang apabila hendak menggunakan pesawat terbang, salah satunya yaitu check in. check in merupakan proses administratif dimana Anda harus menunjukkan tiket Anda di bandara. Di zaman serba canggih ini, maskapai penerbangan telah menerapkan layanan check in online agar memudahkan penumpangnya. 

Check in Super Air Jet juga turut menyediakan layanan check in online bagi penumpangnya. Lantas, bagaimana cara check in online pada pesawat Super Air Jet? Berikut Tiket Resmi jelaskan langkah-langkah check in online Super Air Jet.

1. Unduh aplikasi Super Air Jet pada ponsel pintar Anda melalui Play Store atau App Store

2. Jalankan aplikasi Super Air Jet tersebut

3. Pilih menu check in yang tersedia pada aplikasi

4. Masukkan kode booking sebanyak 6 huruf pada kolom yang tersedia

5. Apabila detail penerbangan Anda telah muncul pada layar, tekan tombol continue

6. Tekan tombol hijau apabila Anda tidak membawa barang berbahaya pada bagasi

7. Perhatikan dan baca ketentuan yang tersedia lalu klik tombol continue

8. Check in online Super Air Jet telah berhasil Anda lakukan

Layanan check in online pada pesawat Super Air Jet ini tidak dapat digunakan oleh seluruh penumpang. Penumpang dengan persyaratan khusus yang tidak dapat menggunakan layanan check in online yaitu sebagai berikut.

1. Penumpang yang memiliki barang keamanan atau security item.

2. Penumpang dengan gangguan sensoris serta memiliki kondisi medis tertentu yang perlu diketahui oleh pihak maskapai penerbangan.

3. Penumpang lanjut usia dan penumpang yang memerlukan kursi roda.

4. Reservasi dengan bayi & anak-anak yang tidak memiliki pendamping.

Perlu Anda ketahui bahwa check in online pada pesawat Super Air Jet baru bisa dilakukan dari 6 sampai dengan 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Selain itu, penumpang juga harus telah berada di ruang tunggu maksimal 40 menit sebelum waktu keberangkatan.

Demikian ulasan mengenai pesawat Super Air Jet yang dapat Tiket Resmi berikan. Walaupun pendatang baru, Super Air Jet merupakan maskapai penerbangan yang tetap menawarkan fasilitas serta layanannya secara maksimal. Apakah Anda tertarik menggunakan maskapai penerbangan satu ini? Semoga artikel Super Air Jet ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *