Stasiun Matraman: Jadwal Operasi, Layanan, dan Fasilitasnya

Stasiun Matraman (sumber: @fachri._railfans298 on Instagram)
Stasiun Matraman (sumber: @fachri._railfans298 on Instagram)
Daftar isi

Setelah diberlakukannya kebijakan baru dari PT KAI Commuter berupa switch over, KRL Jabodetabek mengalami berbagai macam perubahan dan pembaruan. Salah satu hal yang berpengaruh terhadap kebijakan terbaru ini yaitu stasiun pemberhentian kereta. PT KAI Commuter membuka stasiun baru, bernama Stasiun Matraman, yang mulai beroperasi di tahun 2022.

Maka dari itu, Tiket Resmi di kesempatan kali ini akan mengulas informasi yang berkaitan dengan Stasiun Matraman secara lengkap dan jelas. Adapun informasi yang akan dimuat pada artikel ini diantaranya yaitu jadwal operasi, layanan, fasilitas, hingga antarmoda pendukung yang tersedia di Matraman. Simak informasi Stasiun Matraman selengkapnya melalui pembahasan di bawah ini.

Tentang Stasiun Matraman

Tentang Stasiun Matraman (sumber: @pdewantoro on Instagram)
Tentang Stasiun Matraman (sumber: @pdewantoro on Instagram)

Stasiun Matraman atau yang biasa disingkat dengan MTR merupakan tempat pemberhentian kereta api tipe KRL Commuter Line yang melayani rute khusus di Jabodetabek. Tempat pemberhentian kereta satu ini terletak di perbatasan antara Kelurahan Kebon Manggis, Matraman dengan Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Awalnya, pembangunan stasiun kereta Matraman telah diwacanakan sejak tahun 2011. Kemudian, pembangunan stasiun ini mulai diungkap kembali pada tahun 2014 sebelum proyek jalur lintas KRL Manggarai – Cikarang dalam tahap pembebasan lahan.

Tujuan dari dibangunnya stasiun pada daerah Matraman ini yaitu untuk meminimalisir kepadatan penumpang pada Stasiun Manggarai serta Stasiun Jatinegara yang melakukan pengaturan perjalanan.

Artikel Terkait

Untuk bangunan serta tata letaknya, stasiun kereta Matraman dibuat dengan konsep perhentian atau shelter karena hanya akan melayani penumpang untuk naik turun saja, tidak sebagai stasiun transit yang melakukan pengaturan perjalanan kereta seperti Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara.

Kapan Stasiun Matraman Beroperasi?

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian telah melakukan uji coba layanan penumpang di stasiun kereta Matraman pada tanggal 17 Juni 2022. PT KAI Commuter dan PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan beberapa pengujian sebagai persiapan dalam pengoperasian tempat pemberhentian kereta api ini, diantaranya yaitu uji coba perjalanan KRL, uji coba sarana dan prasarana, serta uji coba sistem persinyalan. Uji coba tersebut telah berlangsung selama satu pekan.

Walaupun sebelumnya stasiun kereta api Matraman direncanakan agar dapat beroperasi pada bulan November 2022, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan akhirnya meresmikan stasiun ini setelah dua hari diberlakukannya masa uji coba, yaitu pada tanggal 19 Juni 2022.

Layanan Kereta Api yang tersedia di Matraman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stasiun kereta api Matraman merupakan stasiun untuk kereta tipe KRL Commuter Line, sehingga layanan kereta api yang tersedia di stasiun ini yaitu kereta Komuter. Penjelasan lengkap mengenai layanan kereta api pada stasiun Matraman adalah sebagai berikut.

Relasi PerjalananPola Operasi PerjalananTujuanRute Perjalanan
Lin Lingkar CikarangHalf RacketCikarang dan Angke atau Kampung BandanMelalui Tanah Abang dan Duri
Lin Lingkar CikarangFull RacketCikarangRute melingkar Manggarai – Kampung Bandan – Jatinegara – Cikarang
Layanan Kereta Api yang tersedia di Matraman

Fasilitas Stasiun Matraman 2022

Stasiun kereta api Matraman terdiri dari dua lantai. Lantai 1 merupakan tempat sarana dan prasarana yang mengakomodasi seluruh fasilitas, seperti toko, toilet, mushola, dan lain sebagainya. Sedangkan, lantai 2 merupakan peron stasiun, tempat dimana penumpang akan naik serta turun dari kereta.

Selain itu, stasiun kereta api Matraman menyediakan fasilitas pendukung lainnya yang dapat digunakan oleh penumpang kereta. Adapun fasilitas pendukung pada stasiun Matraman adalah sebagai berikut.

  • Ruang pelayanan untuk barang yang tertinggal
  • Loket stasiun
  • Ruang laktasi untuk ibu menyusui
  • Fasilitas khusus untuk penumpang disabilitas
  • Lift dan eskalator
  • Pos kesehatan
  • Lahan parkir

Antarmoda Pendukung pada Matraman

Akses untuk menuju ke stasiun kereta api Matraman terhubung secara langsung dengan Jalan Raya Matraman yang terintegrasi dengan beberapa antarmoda pendukung. Adapun antarmoda pendukung pada stasiun kereta api Matraman adalah sebagai berikut.

Jenis Moda Transportasi UmumNomor TrayekRute Perjalanan
Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta5Ancol – Kampung Melayu (akses di halte Kebon Pala)
Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta5CHarmoni Central – PGC 1 (akses di halte Kebon Pala)
Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta5DAncol – PGC 1  (akses di halte Kebon Pala)
Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta5KKampung Melayu – Kota  (akses di halte Kebon Pala)
Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta11VPulo Gebang – Pasar Baru  (akses di halte Kebon Pala)
Bus Rapid Transit (BRT) TransjakartaPRJ2JIExpo Kemayoran – Kampung Melayu (pada musim tertentu)  (akses di halte Kebon Pala)
Bus Kota Transjakarta (Mini Trans)5BStasiun Tebet – Kebon Pala – Bidara Cina – Stasiun Tebet
Bus Kota Transjakarta (Metro Trans)5MTerminal Kampung Melayu – Stasiun Tanah Abang (melalui Cikini Raya – Medan Merdeka Selatan)
Lintas Perbatasan TransjakartaB22Terminal Bekasi – Juanda  (akses di halte Kebon Pala)
MikroletM01Terminal Kampung Melayu – Terminal Senen
MikroletM01ATerminal Kampung Melayu – Terminal Senen
Transjabodetabek Reguler (Mayasari Bakti)AC122Terminal Senen – Terminal Cikarang
Transjabodetabek Reguler (Mayasari Bakti)P9ATerminal Senen – Terminal Bekasi (melalui Bekasi Timur)
Antarmoda Pendukung pada Matraman

Demikian ulasan mengenai jadwal operasional, layanan kereta api, fasilitas, serta antarmoda pendukung dari Stasiun Matraman yang dapat Tiket Resmi bagikan untuk Anda. Kehadiran stasiun baru ini diharapkan dapat semakin mempermudah aktivitas masyarakat yang menggunakan layanan KRL. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *